Sosialisasi Bestee untuk Usaha Ultra Mikro: Meningkatkan Kapasitas dan Kesuksesan Usaha melalui Program Bank BTPN Syariah

Penulis

  • Muharoman Hijriadi Universitas Mataram
  • Halimatus Sakdiyah Universitas Mataram
  • Keisya Ardizatul Nasri Universitas Mataram
  • Taufiq Chaidir Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/independen.v6i2.2342

Kata Kunci:

Usaha Ultra Mikro, Btpn Syariah, Fasilitator Pendamping, Pemberdayaan Perempuan, literasi keuangan syariah , perencanaan keuangan, pengabdian masyarakat

Abstrak

Artikel ini menguraikan hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha ultra mikro (UMi), khususnya perempuan prasejahtera, dalam mengelola usaha secara mandiri dan berkelanjutan. Latar belakang kegiatan ini adalah rendahnya literasi keuangan syariah dan terbatasnya kemampuan promosi digital yang menjadi hambatan utama bagi perkembangan usaha ultra mikro di tingkat komunitas. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga wilayah kerja Mobile Marketing Sharia (MMS) Bank BTPN Syariah Kabupaten Lombok Barat, yakni Kecamatan Narmada, Lembar, dan Gunungsari, oleh mahasiswa Universitas Mataram. Metode yang digunakan adalah pendekatan edukatif-partisipatif berbasis komunitas, yang terdiri dari tahap pembekalan, asesmen menggunakan platform KitaBestee, penyampaian materi secara visual dan digital, praktik lapangan, serta evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta dalam membangun identitas usaha, menggunakan media digital untuk promosi, serta meningkatnya kepercayaan terhadap lembaga keuangan syariah. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil mencapai tujuannya dengan mendorong kemandirian usaha mikro dan memperkuat inklusi keuangan syariah secara kontekstual dan aplikatif di tingkat komunitas.

Referensi

Hamzah, M. M., & Anwar, E. T. (2020). Bank Infaq: Tinjauan Kritis Perspektif Fiqh Muamalah. Al-Urban. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/al-urban/article/view/5207

Presilawati, F., & Ala, H. M. (2024). Pemberdayaan Ekonomi Ibu Rumah Tangga Kelurahan Liliba dalam Pembuatan Keripik Tempe Tapioka. https://www.researchgate.net/publication/381259355_Aktualisasi_Support_System_Kemasyarakatan_dalam_Dinamika_Keilmuan

Ristiyana, R., & Faried, A. (2023). Perkembangan UMKM BT - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). https://www.researchgate.net/publication/368691755_USAHA_MIKRO_KECIL_DAN_MENENGAH_UMKM

Uzliawati, L. (2024). Jembatan Financial: Menyokong Bisnis UMKM Perempuan. https://www.researchgate.net/publication/392923808_JEMBATAN_FINANCIAL_MENYOKONG_BISNIS_UMKM_PEREMPUAN

Diterbitkan

2015-11-28

Cara Mengutip

Hijriadi, M., Sakdiyah, H., Ardizatul Nasri, K., & Chaidir, T. (2015). Sosialisasi Bestee untuk Usaha Ultra Mikro: Meningkatkan Kapasitas dan Kesuksesan Usaha melalui Program Bank BTPN Syariah. https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/abdimas/about/Privacy, 6(2), 99–105. https://doi.org/10.29303/independen.v6i2.2342