Strategi Pengembangan Desa Panda Sebagai Desa Wisata di Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima
Kata Kunci:
Strategi, Pengembangan, Desa, Wisata, Panda.Abstrak
Penelitian bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan desa panda sebagai desa wisata di Kabupaten Bima. Metode penelitian ini yaitu deskripsi kualitatif, pengumpulan data antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu Potensi Desa Panda sebagi Desa wisata antara lain yaitu: wisata bahari, wisata buatan, wisata seni dan budaya, seperti budaya hadrah, tari lenggo, arena pacuan kuda, peta kapanca, juga wisata kuliner. sedangkan Untuk Strategi Pengembangan Desa Panda sebagai Desa Wisata antara lain yaitu: mengadakan berbagai event-event pariwisata, memanfaatkan kemajuan teknologi untuk melakukan promosi wisata, melakukan penyuluhan kepada pelaku UMKM, mengadakan kegiatan bakti social membersihkan objek wisata yang melibatkan masyarakat juga pemerintah Desa, dan yang terakhir menambah sarana dan prasarana pendung di objek tersebut.
Referensi
Atmoko, T. P. H. (2014) Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata Brajan Kabupaten Sleman. Jurnal Media Wisata 12 (2), 146-154.
Camilleri, M. A. (2018) The Planning and Development of the Tourism Product. Tourism Planning and Destination Marketing, 1-23.
Chiung Wu, T., et. all. (2020) A Spectrum of Indigenous Tourism Experiences as Revealed Through Means-end Chain Analysis. Tourism Management, 76
Fajri, K. & Riyanto ES., N. (2016. Startegi Pengembangan Destinasi Partiwisata Kota Bandung Dalam Meningkatkan Tingkat Kunjugan Wisatawan Asal Malaysia, Tourism Scientific Juornal, 1(2), 167-183. Diambil dari situs http://www.jurnal.stiepar.ac.id/index.php/tsj/article/view/9/8
Hidayat, M., Depria, M., Wijaya, R., Rozak, A., & Erliyandi, R. (2022). Rancangan 3D Pengembangan Desa Wisata-Budaya Pandanwangi Cianjur Berorientasi Nilai Ecovillage. Sosio Religi: Jurnal …, 20(2), 1–20. https://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/view/57701%0Ahttps://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/viewFile/57701/22780
Nuryanti, W. (1993). Concept, Perspective and Challenges, makalah bagian dari Laporan Konferensi Internasional mengenai Pariwisata Budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Park, E., B. K. Choi, & T. J. Lee (2019) The Role and Dimensions of Authenticity in Heritage Tourism. Tourism Management, 74, 99-109
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Penelitian Mahasiswa Pariwisata
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.