Penggunaan M-Paspor Dalam Pelayanan Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate

Penulis

  • Nurwahidah H. Taher Universitas Khairun
  • Srilian Laxmiwaty Dai Universitas Khairun
  • Mustafa Mansur Universitas Khairun

Kata Kunci:

Efektivitas, M-Paspor, e-government, pelayanan publik, Kantor Imigrasi.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan Aplikasi M-Paspor dalam pelayanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi langsung di lapangan, dengan fokus pada implementasi aplikasi M-Paspor sejak Februari 2022. Penelitian ini menganalisis efektivitas aplikasi menggunakan lima indikator dari teori efektivitas Gibson, yaitu produktivitas, efisiensi, fleksibilitas, keunggulan, dan kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan M-Paspor telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan efisiensi pelayanan, mengurangi antrean, dan mempercepat proses pembuatan paspor. Aplikasi ini memungkinkan pemohon untuk mengajukan permohonan secara online, mengunggah dokumen, dan memilih jadwal kedatangan sesuai kebutuhan. Namun, masih terdapat kendala dalam implementasi, seperti gangguan teknis aplikasi, rendahnya literasi digital masyarakat, keterbatasan akses internet di wilayah tertentu, dan ketidakseimbangan kebutuhan pengguna di daerah tertinggal. Selain itu, kepuasan pengguna masih menjadi tantangan karena adanya permasalahan dalam aksesibilitas dan kendala teknis yang belum sepenuhnya terselesaikan. Meskipun Aplikasi M-Paspor telah meningkatkan produktivitas, efisiensi, fleksibilitas, dan keunggulan pelayanan, kepuasan pengguna belum sepenuhnya tercapai. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kualitas fitur aplikasi, peningkatan literasi digital, serta pemerataan infrastruktur teknologi dan akses internet untuk mengoptimalkan implementasi aplikasi di seluruh wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate.

Referensi

Abdurahmat, 2008. Teori Lengkap tentang Efektivitas Program menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Efektivitas Program.

Badu, A. 2013. E-government: Konsep, Esensi dan Studi Kasus.

Bahri, Vinna. 2017. Program Pelayanan Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate Tahun 2017. Tugas Akhir. Universitas Khairun.

Creswell. 2004. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.

Fitri. 2023. Inovasi Pelayanan Paspor Online Melalui Aplikasi M-Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang. Skripsi. Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Gibson. 2005. JL JM Invancevich, JH Donnelly, Organisasi, terjemahan Agus Dharma.

https://nasional.kompas.com. Imigrasi: Jumlah Permohonan Paspor di Awal 2022 Meningkat Signifikan (kompas.com)

https://www.imigrasi.go.id. UU Keimigrasian – Bab 1 - Direktorat Jenderal Imigrasi.

https://ternate.imigrasi.go.id. SejarahKantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate (ternate imigrasi.id)

Hasanuddin, Ali. 2017. Peran Kantor Imigrasi Kelas I Ternate dalam Pelayanan Dokumen Paspor Perjalanan Haji tahun 2015-2017. Tugas Akhir. Universitas Khairun..

Hamel, 2012. Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi.

Herlambang. 2008. Sistem Informasi: Konsep, Teknologi & Manajemen.

Jugiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi: pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis.

Mbilinyi & Werema. 2018. Determinants of e-Government Adoption in Improving Public Services Delivery in Immigration Department Arusha Region, Tanzania. International Journal of Science and Research (IJSR).

Mulyadi. 2016. Administrasi Publik untuk Pelayanan Publik.

Huberman. 2012. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru.

Noviansyah. 2008. Analisis dan Desain Sistem Informasi: pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis.

Prabadhi, Mila, R. dan Alya, S. 2022. Implementasi ISO 9126 Dalam Uji Kualitas Aplikasi M-Paspor Pada Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang. Journal TEMATICS (Technology Management and Informatics Research)

Presiden RI. 2003. Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government. Instruksi Presiden (INPRES). Pemerintah Pusat. Jakarta.

Profil kantor. https://ternate.imigrasi.go.id

Pasalong. 2010. Administrasi Publik untuk Pelayanan Publik.

P.Siagian. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas kerja. Edisi Ke-1. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Susanto, 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Sondang, Othenk. 2008. Teori Efektivitas: Definisi, Faktor, dan Aspek Pemicunya.

Sutarno. 2012. Serba Serbi Manajemen Bisnis. Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Saryono. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Bidang Kesehatan. Nuha Medika. Yogyakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.

Undang-Undang Keimigrasian pasal 548

Zulhakim. 2012. E-government: Konsep, Esensi dan Studi Kasus

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-19

Cara Mengutip

Nurwahidah H. Taher, Srilian Laxmiwaty Dai, & Mustafa Mansur. (2024). Penggunaan M-Paspor Dalam Pelayanan Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate. Jurnal Penelitian Mahasiswa Pariwisata, 2(2), 175–190. Diambil dari https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/jimpar/article/view/1573