Pemanfaatan Media Sosial dalam Mendukung Promosi Destinasi Wisata Lombok Timur

Penulis

  • Kelvin Universitas Mataram
  • Mahmudah Budiatiningsih Universitas Mataram

Kata Kunci:

BPPD; destinasi wisata; Lombok Timur; media sosial; promosi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lombok Timur dalam mendukung promosi destinasi wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap akun media sosial resmi milik BPPD Lombok Timur, wawancara semi-terstruktur dengan staf BPPD sebagai informan kunci, serta dokumentasi terhadap konten promosi dan aktivitas digital yang dipublikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPPD Lombok Timur memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok untuk memperkenalkan destinasi dan kegiatan pariwisata. Dari ketiga platform tersebut, Instagram menjadi media yang paling efektif karena memiliki tingkat interaksi dan jangkauan yang lebih tinggi. Konten yang ditampilkan meliputi informasi destinasi, dokumentasi event, dan promosi visual yang menarik. Meskipun interaksi di platform lain masih rendah, keberadaan media sosial secara umum memberikan dampak positif terhadap peningkatan citra destinasi Lombok Timur.

Referensi

Anggraini, T. (2017). Analisis perbandingan strategi pemasaran online dan offline pada Toko Alea Pasar Tradisional Modern (PTM) Kota Bengkulu ditinjau dari ekonomi Islam. [Skripsi, Universitas Bengkulu].

Ardiansah, I., & Maharani, A. (2021). Optimalisasi Instagram sebagai media marketing: Potret penggunaan Instagram sebagai media pemasaran online pada industri UKM. CV Cendekia Press.

Ardianto, E., & Soemirat, S. (2015). Dasar-dasar public relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018). Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective (11th ed.). New York: McGraw-Hill Education.

Brogan, C. (2010). Social media 101: Tactics and tips to develop your business online. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons, Inc.

Echtner, C. M., & Ritchie, J. R. B. (1993). The measurement of destination image: An empirical assessment. Journal of Travel Research, 31(4), 3–13. https://doi.org/10.1177/004728759303100402

Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1973). Uses and gratifications research. Public Opinion Quarterly, 37(4), 509–523. https://doi.org/10.1086/268109

Kurnianto, Y. T. (2020). Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi pemasaran minuman di Banjarbaru (Studi pada akun Instagram @tempatbiasa.kopi) [Skripsi, Universitas Islam Kalimantan MAB].

Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2017). Social media marketing (3rd ed.). London: Sage Publications.

Wear, N. H., & Stellarosa, Y. (2022). Peran Badan Promosi Pariwisata Daerah dalam membangun citra destinasi pariwisata Maluku Tenggara. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 5(2), 139–145. https://doi.org/10.25008/wiski.v5i2.232.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-15

Cara Mengutip

Kelvin, & Budiatiningsih, M. . (2025). Pemanfaatan Media Sosial dalam Mendukung Promosi Destinasi Wisata Lombok Timur. Jurnal Penelitian Mahasiswa Pariwisata, 3(1), 249–261. Diambil dari https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/jimpar/article/view/2146