MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DENGAN KOMPENSASI, KOMPETENSI, DAN BUDAYA ORGANISASI
DOI:
https://doi.org/10.29303/jmm.v12i1.1542Keywords:
kinerja pegawai, kompensasi,, kompetensi,, budaya organisasi Manajemen Bisnis;, Manajemen Kompetisi Eropa;, Pasar;, HargaAbstract
Kinerja karyawan memberikan kontribusi yang begitu penting dalam keberlangsungan perihal organisasi menjalani persaingan yang semakin ketat pada masa dewasa ini. Untuk itu patut upaya dalam membangun kinerja karyawan di dalam diri organisasi itu sendiri. Kompensasi, kompetensi, dan budaya organisasi ditemukan menjadi faktor kunci yang bisa menjadikan kinerja karyawan dapat meningkat. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini sendiri untuk dilakukan pengujian variabel kompensasi, kompetensi, dan budaya organisasi berkaitan pengaruhnya kepada kinerja karyawan. Sedangkan metode penelitian dipergunakan, yaitu kuantitatif bantuan mempergunakan alat bantuan kuesioner dan teknik dalam penarikan sampel dengan jenis simple random sampling. Banyaknya sampel yang dilakukan pengolahan berjumlah 34 yang selanjutnya dipergunakan menguji hubungan tiga (3) hipotesis yang mana ditentukan sebelumnya. Model Penelitian adalah Structural Equation Modeling (SEM) dirancang dalam menguji tingkat signifikansi dari statistik dengan jenis koefisien jalur. Alat analisis yang dipergunakan adalah SmartPLS 3.2.9. Hasil akhir temuan dari penelitian menggambarkan bahwasannya kompensasi berdampak signifikan serta positif bagi kinerja karyawan. Kompetensi berdampak signifikan serta positif bagi kinerja karyawan. Budaya organisasi berdampak signifikan serta positif bagi kinerja karyawan. Kesimpulannya adalah implikasi temuan membuktikan bahwa semakin baik kompensasi, semakin tinggi kompetensi, dan semakin baik budaya organisasi dapat menaikan kinerja karyawan.
Downloads
References
Achmad, S. H. (2017). The effect of competency, motivation, and Organizational culture on the employee performance at the jayakarta hotel, bandung, Indonesia. Journal of Business on Hospitality and Tourism, 2(1), 120–130.
Ahmad, T., Farrukh, F., & Nazir, S. (2015). Capacity building boost employees performance. Industrial and Commercial Training.
Anwar Prabu, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Armansyah, A., Azis, I., & Rossanty, N. P. E. (2018). Pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai kantor BPJS kesehatan cabang Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 4(3), 235–244.
Boyatzis, R. E. (1991). The competent manager: A model for effective performance. John Wiley & Sons.
Chapman, J., & Wahlers, R. (1999). A revision and empirical test of the extended price-perceived quality model. Journal of Marketing Theory and Practice, 7(3), 53–64.
Chiou, H., Lee, Y., & Purnomo, S. H. (2010). The Influences Transfer of Training on Relationship between Knowledge Characteristic of Work Design Model and Outcomes. International Journal of Innovation, Management and Technology, 1(2), 116–123.
Dubois, D. (1996). TheExecutiveGuideto Competency-Based Performance Improvement. UnitedStated: HRD PressHarvest.
Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi dan perubahan dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai dan organisasi.
Faladhin, J., & Martina, D. (2020). Customers’ First Impression of a Brand and Its Relation to Their Shopping Experiences. Atlantis Press SARL, 409(SoRes 2019), 347–352. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200225.073
Faustyna, F. (2014). Pengaruh Kompetensi dan Komitmen Pada Tugas terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Dharma Deli Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 14(01).
Fauzan, S. M., & Sary, F. P. (2020). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Bank Bjb Cabang Utama Bandung). Jurnal Mitra Manajemen, 4(6), 928–937.
Gridwichai, P., Kulwanich, A., Piromkam, B., & Kwanmuangvanich, P. (2020). Role of personality traits on employees job performance in pharmaceutical industry in Thailand. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(3), 185–194.
Harahap, T. K., Sos, S., & Hasibuan, M. S. S. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Tahta Media Group.
Hartati, T. (2020). Analysis of Influence of Motivation, Competence, Compensation toward Performance of Employee. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1031–1038.
Hasibuan, M. S. P. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia.
Hatane, S. E. (2015). Employee satisfaction and performance as intervening variables of learning organization on financial performance. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 211, 619–628.
Kessler, R. (2008). Competency-based performance reviews: How to perform employee evaluations the Fortune 500 way. Red Wheel/Weiser.
Kilvin, K. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja, Kompensasi dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Mitra Sinetra di Kota Batam. Prodi Manajemen.
Kirana, K. C., & Pradipta, A. S. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. JAK. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4(3), 285–297.
Maamari, B. E., & Saheb, A. (2018). How organizational culture and leadership style affect employees’ performance of genders. International Journal of Organizational Analysis.
Makwana, A. D., & Patange, G. S. (2022). Strategic implementation of 5S and its effect on productivity of plastic machinery manufacturing company. Australian Journal of Mechanical Engineering, 20(1), 111–120.
Manulang, H. (2011). Peranan sektor baja dalam perekonomian Indonesia. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 5(1), 22–46.
Martini, I. A. O., Rahyuda, I. K., Sintaasih, D. K., & Piartrini, P. S. (2018). The influence of competency on employee performance through organizational commitment dimension. Iosr Journal Of Business And Management (Iosr-Jbm), 20(2), 29–37.
Nazarian, A., Atkinson, P., & Foroudi, P. (2017). Influence of national culture and balanced organizational culture on the hotel industry’s performance. International Journal of Hospitality Management, 63, 22–32.
Nugroho, M. N., & Paradifa, R. (2020). Pengaruh pelatihan, motivasi, kompetensi terhadap kinerja sumber daya manusia. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 11(1), 149–168.
Nuryanti, Y., Novitasari, D., Nugroho, Y. A., Fauji, A., Gazali, G., & Asbari, M. (2020). Meningkatkan Komitmen Organisasional Dosen: Analisis Pengaruh Kepemimpinan Perguruan Tinggi dan Kepuasan Intrinsik & Ekstrinsik Dosen. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 561–581.
Otoo, F. N. K., & Mishra, M. (2018). Measuring the impact of human resource development (HRD) practices on employee performance in small and medium scale enterprises. European Journal of Training and Development.
Palan, R. (2007). Competency Management Teknik Mengimplementasikan Manajemen Sumber daya Manusia Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan DayaSaing Organisasi. Edisi Terjemahan. Jakarta: PPM. Anggota IKAPI. Peraturan Pemerintah (PP) No, 37.
Pawirosumarto, S., Sarjana, P. K., & Gunawan, R. (2017). The effect of work environment, leadership style, and organizational culture towards job satisfaction and its implication towards employee performance in Parador Hotels and Resorts, Indonesia. International Journal of Law and Management.
Prasetyo, P. E. (2010). Struktur dan Kinerja Industri Besi dan Baja Indonesia tidak sekuat dan sekokoh namanya. JEJAK: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan, 3(1).
Ratnasari, S. L., & Sutjahjo, G. (2017). Kompensasi, Iklim Organisasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. PEB. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 2(2).
Renyut, B. C., Modding, H. B., & Bima, J. (2017). The effect of organizational commitment, competence on Job satisfaction and employees performance in Maluku Governor’s Office.
Robbins, S. P., & Judge, T. (2009). Organizational behavior. Pearson South Africa.
Roring, F. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Pembagian Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bank Danamon Cabang Manado. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 4(3).
Setiawati, C. I., & Ahdiyawati, S. I. (2021). Kompetensi Kewirausahaan Para Knitting Entrepreneur Terhadap Kinerja Usaha (Kasus pada Sentra Industri Rajut Binong Jati Bandung). Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 25–40.
Sihombing, S., Astuti, E. S., Al Musadieq, M., Hamied, D., & Rahardjo, K. (2018). The effect of servant leadership on rewards, organizational culture and its implication for employee’s performance. International Journal of Law and Management.
Soomro, B. A., & Shah, N. (2019). Determining the impact of entrepreneurial orientation and organizational culture on job satisfaction, organizational commitment, and employee’s performance. South Asian Journal of Business Studies.
Suherman, I., & Saleh, R. (2018). Analisis rantai nilai besi baja di Indonesia. Jurnal Teknologi Mineral Dan Batubara, 14(3), 233–252.
Suwarto, F. X., & Koeshartono, D. (2009). Budaya Organisasi: kajian konsep dan implementasi. Yogyakarta: Universitas Atmajaya.
Suwatno, P. D. H. (2018). MANAJEMEN SDM DALAM ORGANISASI PUBLIK DAN BISNIS ( donny J. Priansa (ed.); 6th ed.). CV Alfabeta.
Titioka, B. M., & Siahainenia, A. J. D. (2019). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DAN KINERJA PEGAWAI (Studi Pada Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Provinsi Maluku). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 6(2).
Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja (5th ed.). Rajawali Pers.
Wibowo, W. (2017). MANAJEMEN KINERJA. IV. Jakarta.
Wirawan, B. (2007). Iklim organisasi Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.