PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP NIAT BELI ULANG DIMEDIASI OLEH CITRA TOKO PADA COFFEESHOP DI KOTA MATARAM

Authors

  • Indira Tri Prajarani Universitas Mataram
  • Lalu Adi Permadi Universitas Mataram
  • Sri Maryanti Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jmm.v14i2.2323

Keywords:

Service Quality,, Price,, Store Image,, Repurchase Intention, Coffeeshop,, PLS-SEM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menjelaskan pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Niat Beli Ulang yang dimediasi oleh Citra Toko pada coffeeshop yang beroperasi di Kota Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui survei menggunakan kuesioner online yang disebarkan melalui Google Form. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 154 responden yang merupakan konsumen yang pernah berkunjung dan melakukan pembelian di coffeeshop di Kota Mataram. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) melalui software SmartPLS.Hasil analisis menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Niat Beli Ulang, Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Citra Toko, Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Citra Toko, Harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Beli Ulang, Citra Toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Beli Ulang, Citra Toko berpengaruh positif dan signifikan dalam memediasi pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Niat Beli Ulang, dan Citra Toko juga berpengaruh positif dan signifikan dalam memediasi pengaruh Harga terhadap Niat Beli Ulang pada coffeeshop di Kota Mataram.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajzen, I. (1991) The Theory of Planned Behavior. 50th edn. Organizational Behavior and Human Decision Processes.

Al, B. et (2006) Predicting and explaining the propensity to bid in online auctions.

(April). a comparison of two action-theoretical models.

Chandra, F. T. dan G. (2016) Service, Quality & Satisfaction. Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Dharmmesta, B. S. dan I. (2015) Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Fishbein, M, & Ajzen, I. (1975) Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Edited by Addison-Wesley.

HAFIZUDDIN, R. and KUSUMAWARDHANI, A. (2016) ‘ANALISIS PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT BELI MELALUI CITRA TOKO (Studi Pada Konsumen Toko …’..

Jusfarani, R. B. W. (2020) ‘Pengaruh Citra Toko dan Persepsi Harga Terhadap Niat Beli Ulang dengan Citra Produk Private Label Sebagai Variabel Mediasi (Studi Empiris pada Hypermart dan Indomaret di Kota Pontianak)’, Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 8(2), pp. 127–136.

Kasmir (2017) Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, K. (2009) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Keller. (2012). Marketing Management Edisi 14. Global Edition. Pearson Pretience Hall.

Kotler, P. A. G. A. (2018) Principle Of Marketing. 17e Global. New York: Pearson Education Limited.

Kotler, P. and K. L. K. (2016) Marketing Management. 15th Editi. Pearson Pretice Hall, Inc.

Kurniawati, M., & Toly, A. A. (2014) ‘Analisis Keadilan Pajak, Biaya Kepatuhan, Dan Tarif Pajak Terhadap Persepsi Wajib Pajak Mengenai Penggelapan Pajak Di Surabaya Barat’, ACCOUNTING REVIEW, 4(2), p. 12.

Lovelock, C, dan J. W. (2011) Pemasaran Jasa Perspektif. Edisi 7. Jakarta: Erlangga.

Mukarom, Zaenal & Laksana, M. . (2018) Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Putra, I. K. D. D. and Ardani, I. G. A. K. S. (2018) ‘Peran Citra Toko Dalam Memediasi Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Niat Beli Ulang’, E- Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(5), p. 2733.

Saladin, D. (2006) Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Schiffman, Leon G. dan Joseph L. Wisenblit, (2020), Consumer Behavior, 10th Edition,

New Jersey: Pearson Education, inc.

Sumarwan, U. (2019) Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan. Bogor: Penerbit IPB Press.

Solomon, L. (2017) Apley & Solomon’s System of Orthopaedics and Trauma 10th Edition.

Tjiptono (2019) . Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. edisi 1. Edited by Andy. Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2020) Strategi Pemasaran Edisi Ke-4. Yogyakarta: CV. Andi.

Downloads

Published

2025-06-30