PENYULUHAN PEMASARAN ONLINE PADA INDUSTRI KERAJINAN PERHIASAN MUTIARA SEKARBELA KOTA MATARAM

Penulis

  • Muhamad Ilhamudin Universitas Mataram
  • Weni Retnowati Universitas Mataram
  • Mukmin Suryatni Universitas Mataram
  • Rusminah Universitas Mataram

Kata Kunci:

pemasaran online, perhiasan, mutiara

Abstrak

UMKM banyak berkembang di kota Mataram dengan berbagai jenis produk yang dihasilkan. Salah satu di antaranya adalah industri kerajinan perhiasan mutiara di wilayah Sekarbela kota Mataram. Sentra kerajinan ini telah berkembang lama dan keahliannya diwariskan secara turun temurun, sehingga lahan pencaharian sebagian besar masyarakat ada pada industri ini. Permasalahan yang dihadapi oleh kerajinan perhiasan mutiara ini adalah berkaitan dengan masalah pengelolaan pemasaran dimasa pandemi covid-19. Kemampuan pengelolaan sangat diperlukan manakala lingkungan pemasaran terus bergerak dinamis dan berbeda dengan iklim sebelumnya, sehingga adaptasi harus terus dilakukan oleh perusahaan. Pengabdian ini ditujukan bagi pelaku usaha kerajinan perhiasan mutiara Sekarbela yang tengah mengalami lesunya penjualan karena pandemi covid-19. Kegiatan ini menekankan pada sharing pengetahuan tentang pemasaran online, dengan harapan semakin menguatkan pemahaman mereka sebagai tanggapan terhadap lingkungan dan competitive setting yang chaos. Penyampaian materi dalam kegiatan penyuluhan di sentra kerajinan ini dengan memberikan materi pentingnya perencanaan pemasaran, dan teknik pemasaran online. Selain itu, penyampaian materi juga akan dilengkapi dengan diskusi. Sebagai narasumber adalah Tim Pengusul Pengabdian pada Masyarakat (PPM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Permasalahan mitra antara lain: (1) Berubahnya lingkungan pemasaran dan competitive setting oleh karena pandemi covid-19; dan (2) Para pelaku bisnis belum terbiasa memberikan respon yang cepat terhadap dinamika yang tengah berlangsung. Dengan demikian solusi yang ditawarkan adalah: (1) Memberikan penyuluhan tentang perencanaan pemasaran (2) Memberikan penyuluhan tentang teknik pemasaran online. Kegiatan dilakukan pada bulan September 2021 dengan metode penyuluhan, tanya jawab, dan diskusi. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dalam masa pandemi covid 19, maka untuk tempat kegiatan dilakukan di luar ruangan untuk menghindari risiko buruk dari wabah. Hasil kegiatan ini adalah peserta yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari pedagang mendapatkan pengetahuan dan kemampuan merencanakan dan melakukan pemasaran online yang merupakan aspek penting untuk menumbuhkan kembali industri yang chaos selama pandemi.

Diterbitkan

2022-01-31

Terbitan

Bagian

##section.default.title##