JPM Vol 4. No.1 Maret 2025 PENGEMBANGAN INOVASI KEMASAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK UMKM MINYAK JELENG (VIRGIN COCONUT OIL) DAN TAIN LALE (COCONUT CRUMB) DI DESA KOTARAJA

Penulis

  • siti aisyah hidayati

Kata Kunci:

Inovasi Kemasan, Minyak Jeleng, Tain Lale, Pemasaran Digital

Abstrak

Program Kuliah Kerja Nyata – Pemberdayaan Masyarakat Desa (KKN - PMD) yang dilaksanakan selama 45 (empat puluh lima) hari terhitung sejak 23 Desember 2024 – 06 Februari 2025 dan berlokasi di Desa Kotaraja bertujuan untuk meningkatkan daya tarik dan daya saing produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya Minyak Jeleng (Virgin Coconut Oil) dan Tain Lale (Coconut Crumb) milik masyarakat setempat melalui inovasi pengemasan. Kegiatan ini mencakup observasi terhadap kondisi UMKM, sosialisasi digital marketing dan desain kemasan, serta pendampingan dalam proses produksi hingga pengemasan. Hasil kegiatan tersebut menunjukkan bahwa inovasi kemasan yang lebih modern dan menarik, seperti penggunaan botol plastik dan pouch, dapat meningkatkan nilai jual produk serta memperluas jangkauan pemasaran. Dengan pendekatan ini, UMKM di Desa Kotaraja diharapkan mampu bersaing di pasar yang lebih luas sehingga dapat membantu mendorong perkembangan perekonomian warga desa.

Referensi

JURNAL PENGABDIAN MAKARYA

Diterbitkan

2025-03-13

Terbitan

Bagian

##section.default.title##