PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DAN PENDAPATAN WANITA BEKERJA PADA SEKTOR INFORMAL DI DAERAH PARIWISATA DESA JEROWARU LOMBOK TIMUR

Authors

  • Vici Handalusia Husni Universitas Mataram
  • Muhamad Bai'ul Hak Universitas Mataram
  • Ahmad Zaenal Wafik Universitas Mataram
  • Jaka Anggara Universitas Mataram
  • Nadia Nuril Ferdaus Universitas Mataram
  • Fiki Adrian Universitas Mataram
  • Honey Alya Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/oportunitas.v4i1.2118

Keywords:

Media Digital, Penghasilan Perempuan, UMKM, Sektor Informal, Literasi Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis persepsi wanita terhadap penggunaan media digital dan dampaknya pada pendapatan wanita bekerja pada sektor informal di Desa Jerowaru, Lombok Timur. Perempuan memegang peran penting dalam pengembangan UMKM di Indonesia (64,5% dikelola oleh perempuan tahun 2021), dan pemanfaatan media digital potensial meningkatkan efisiensi dan jangkauan pasar. Namun, data menunjukkan pemanfaatan internet untuk aktivitas ekonomi masih rendah di NTB (hanya 15% dari 2,7 juta pengguna), mencerminkan pemahaman yang belum merata. Desa Jerowaru, sebagai daerah pariwisata dengan banyak UMKM, juga menghadapi tantangan akses internet dan adopsi teknologi. Menggunakan penelitian kualitatif pendekatan studi kasus, data primer dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan wanita pemilik UMKM di Desa Jerowaru. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman. Hasil wawancara menunjukkan sebagian besar informan memiliki kesadaran mengenai transaksi digital, namun masih terdapat ketakutan dan ketidakpercayaan, terutama terkait literasi digital dan persepsi keamanan. Terdapat perbedaan persepsi berdasarkan usia, dengan yang lebih muda lebih terbuka terhadap adopsi. Penggunaan media digital dipersepsikan mampu meningkatkan pendapatan melalui kemudahan transaksi, namun dibutuhkan pelatihan dan edukasi komprehensif, termasuk edukasi keamanan digital, untuk meningkatkan kepercayaan dan mendorong adopsi guna memaksimalkan potensi peningkatan pendapatan dan pemberdayaan ekonomi wanita.

References

Akramul Kabir, S. M. (2024). Thematic Analysis: A Practical Guide. Pasaa Paritat Journal, 39, 142–145. https://doi.org/10.58837/CHULA.PPJ.39.8

Alfin, A. (2021). Analisis Strategi UMKM dalam Menghadapi Krisis di Era Pandemi Covid-19. 1(8).

Azra, F. E. A. (2023). How To Drive Women Entrepreneurship And Empowerment Through Digital Technology? Quadruple Helix Approach. Management Studies and Enterpreneurship Journal , 4(6).

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319. https://doi.org/10.2307/249008

Donner, J. (2008). Research Approaches to Mobile Use in the Developing World: A Review of the Literature. The Information Society, 24(3), 140–159.

Hanafizadeh, P., Behboudi, M., Abedini Koshksaray, A., & Jalilvand Shirkhani Tabar, M. (2014). Mobile-banking adoption by Iranian bank clients. Telematics and Informatics, 31(1), 62–78. https://doi.org/10.1016/j.tele.2012.11.001

Hasanah, L. H., Hasan, M., Pangesti, W. E., Wati, F. F., & Gata, W. (2019). Pengaruh modal, tingkat pendidikan dan teknologi terhadap pendapatan umkm di kabupaten purbalingga. 16(1).

Heeks, R., & Renken, J. (2018). Data justice for development. Information Development, 34(1), 90–102. https://doi.org/10.1177/0266666916678282

Kabeer, N. (1999). Resources, Agency, Achievements: Reflections on the Measurement of Women’s Empowerment. Development and Change, 30(3), 435–464. https://doi.org/10.1111/1467-7660.00125

Nuseir, M. T. (2018). Digital media impact on smes performance in the UAE. Academy of Enterpreneurship Journal, 24(2).

Ramasamy, I., Saravanan, S. A., Rangasamy, G., & Subramanian, D. (2024). Exploring the impact of digitalisation on rural women’s socio-economic status: A bibliometric and scoping study. Multidisciplinary Reviews, 8(2), 2025063. https://doi.org/10.31893/multirev.2025063

Rehman, A., Esichaikul, V., & Kamal, M. (2019). Factors influencing the adoption of e-payment: A study of rural residents in Pakistan. International Journal of Electronic Business, 15(2), 155–170.

Rosca, E., Agarwal, N., & Brem, A. (2020). Women entrepreneurs as agents of change: A comparative analysis of social entrepreneurship processes in emerging markets. Technological Forecasting and Social Change, 157, 120067. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.120067

UNCTAD. (2019). Fostering Women Entrepreneurship in the Digital Economy.

Venkatesh, Morris, Davis, & Davis. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Quarterly, 27(3), 425. https://doi.org/10.2307/30036540

Venkatesh, V., Thong, J., & Xu, X. (2016). Unified Theory of Acceptance and Use of Technology: A Synthesis and the Road Ahead. Journal of the Association for Information Systems, 17(5), 328–376. https://doi.org/10.17705/1jais.00428

Wajcman, J. (2004). TechnoFeminism. Polity Press.

Published

2025-03-31