PENGARUH DISIPLIN, MOTIVASI KERJA DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KOTA MATARAM

Penulis

  • Isti Nurinayah Universitas Mataram
  • Sataruddin Sataruddin universitas mataram
  • Tuti Handayani universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/oportunitas.v2i1.476

Kata Kunci:

kearsipan, pelayanan, budaya, motivasi, disiplin

Abstrak

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis Pengaruh disiplin, motivasi kerja, dan budaya kerja terhadap kualitas pelayanan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram secara parsial (mandiri) maupun secara simultan (bersama-sama). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif melalui metode sampel survei dengan tehnik pengumpulan data melalui wawancara responden dengan alat analisis kuesioner. Menggunakan dua populasi yaitu pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram dan juga pengunjung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram dengan tehnik pengambilan sampel non-probability sampling yaitu accidental untuk pengunjung dengan mengambil 39 orang pengunjung sebagai responden. Sedangkan untuk pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram mengambil keseluruhan populasi sebagai responden yaitu 39 orang pegawai. Pengujian hasil penelitian dengan menggunakan uji instrument penelitian uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa disiplin pegawai, motivasi kerja, dan budaya kerja berpengaruh dan signifikan terhadap kualitas pelayanan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram secara parsial (mandiri) maupun secara simultan (bersama-sama).

Referensi

Anonim. (2021) . Daftar Kunjungan Pada Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kota Mataram Tahun 2021. Mataram. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram.

Aliyan, M. I., Farida, N., & Listyorini, S. (2015). Pengaruh Citra Toko dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Konsumen Toko Gunung Agung Cirebon Mall). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), 41–50. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/8177

Andayani, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lahat. MOTIVASI: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 11–21.

Dahlan, Hasim, D., & Hamdan. (2017). The Influence of Human Resource Management and Organizational Culture on Service Quality at the Tamalate District Office, Makassar City. Jurnal Administrare, 4(2), 69–75.

Elbadiriati, B., Gemilang, S. G., & Handalusia, V. (2022). Testing The Religiosity Level As A Moderating Variable Towards The Productivity Level And The Economic Independence Of Women Songket Weavers Testing The Religiosity Level As A Moderating. UlUl AlbAb: Jurnal Studi Islam, 23(2), 347–366.

Fatimah, S., & Frinaldi, A. (2020). Pengaruh Budaya Kerja Dan Kepuasaan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kecamatan Sungai Geringging. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 2(3), 134–144. https://doi.org/10.24036/jmiap.v2i3.169

Hidayat, M., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Alfamart di Jalan Tangkuban Perahu, Kerobokan Badung. Jurnal Manajemen, 1(4), 67–78. http://ejournal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/1229

Rohyani, L., & Badrudin, R. (2022). Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 5 No. 3 September 2022. Jurnal Ekobis Dewantara, 5(3), 246–254.

Sugiyono. (2012).Statistika Untuk Penelitian. Alvabeta.

Diterbitkan

2023-03-26