PERILAKU MASYARAKAT DALAM MEMILIH SISTEM PEMBIAYAAN PADA BMT AL-IQTISHADY DI KOTA MATARAM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/oportunitas.v2i1.477Kata Kunci:
Perilaku, Masyarakat, Pembiayaan, Baitul Maal Waa TamwilAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku masyarakat dalam memilih sistem pembiayaan pada Koperasi Serba Usaha Baitul Maal Wa Tamwil Al Iqtishady di Kota Mataram dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakkan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakkan teknik purposive dan snowball. Adapun metode pemeriksaan keabsahan data yang digunakkan dalam penelitian ini menggunakkan metode trianguasi.Hasil yang diperoleh dari kelimaa informan dalam penelitian ini adalah perilaku masyarakat dalam memilih sistem pembiayaan pada KSU BMT Al Iqtishady bermacam-macam. Pada dasarnya perilaku tersebut dipengaruhi oleh faktor pengetahuan. Adapun faktor lain yang mempengaruhi perilaku masyarakat dalam memilih sistem pembiayaan pada KSU BMT Al Iqtishady yaitu faktor promosi dan pelayanan. Dalam memilih sistem pembiayaan, kelima informan telah meneladani perilaku yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW yaitu shiddiq, amanah, tabligh, dan fathanah.
Referensi
Al Quran Terjemahan Kementerian Agama RI
BPS Provinsi Nusa Tenggara Barat. (2021). Provinsi Nusa Tenggara Barat Dalam Angka 2021. BPS Provinsi Nusa Tenggara Barat: NTB
Huda, Nurul & Mohamad Heykal. (2010). Lembaga Keuangan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis. Kencana; Jakarta
Irwan, Muhammad, Muh. Salahuddin. (2020). Human Resources Dalam Kajian Ekonomi Syariah. Sanabil; Mataram
Maesaroh, M. (2016). “Perilaku Masyarakat Dalam Memilih Pembiayaan”. Al-Iqtishad:Journal of Islamic Economics, 2 (2). https://doi.org/10.15408/aiq.v2i2.2483
Maski, Ghozali. (2010). “Analisis Keputusan Nasabah Menabung, Pendekatan Komponen dan Model Logistik Studi pada Bank Syariah di Malang”. Journal of Indonesian Applied Economics vol.4 no1, 43-57
Mirawati. (2011). Persepsi dan Perilaku Masyarakat Terhadap Pembiayaan Murabahah. Lembaga Studi Islam Progresif (LSIP)
Misbach, Irwan. (2017). Perilaku Bisnis Syariah. JurnalAl-Idarah, Jurnal Manajemen Dakwah, vol 5 hal: 33-44.
Moeleong, Lexy J. (1998). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Kerta Karya
Nofri, Okta, Andi Hafifah. (2018). ”Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping di Kota Makassar”. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS) vol 5 no 1.
Nurnasrina, P. Adiyes Putra. (2018). ”Manajemen Pembiayaan Bank Syariah”. Cahaya Firdaus; Pekanbaru.
Otoritas Jasa Keuangan (OJK ). (2021). “Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia 2020”
P3EI. (2015) “Ekonomi Islam”. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta; Yogyakarta.
Satu Data NTB. (data.ntbprov.go.id) diakses pada 9 Oktober 2021
Wigati, Sri. (2011). “Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam”. Jurnal: Maliyah Vol. 01 No. 01.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fatihah Fatihah, Ihsan Ro'is, Muhammad Irwan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.