ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN UMKM KEDAI KOPI DI KOTA MATARAM

Penulis

  • Yogi Ardodik Universitas Mataram
  • Akhmad Jufri Universitas Mataram
  • Tuti Handayani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/oportunitas.v3i2.744

Kata Kunci:

pendapatan, modal, tingkat pendidikan, promosi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji atau menganalisis pengaruh modal, tingkat pendidikan, tenaga kerja, lama usaha dan promosi secara parsial dan simultan terhadap pendapatan UMKM kedai kopi di Kota Mataram. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh langsung dengan melakukan survey lapangan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel modal, tenaga kerja, lama usaha dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM kedai kopi di Kota Mataram, sementara variabel tingkat pendidikan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM kedai kopi di Kota Mataram. Secara simultan variabel modal, tingkat pendidikan, tenaga kerja, lama usaha dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM kedai kopi di Kota Mataram.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji atau menganalisis pengaruh modal, tingkat pendidikan, tenaga kerja, lama usaha dan promosi secara parsial dan simultan terhadap pendapatan UMKM kedai kopi di Kota Mataram. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh langsung dengan melakukan survey lapangan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel modal, tenaga kerja, lama usaha dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM kedai kopi di Kota Mataram, sementara variabel tingkat pendidikan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM kedai kopi di Kota Mataram. Secara simultan variabel modal, tingkat pendidikan, tenaga kerja, lama usaha dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM kedai kopi di Kota Mataram.

Referensi

Artini, Ni Rai, and Made dan Taman Ayuk. 2020. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Kedai Kopi Di Kabupaten Tabanan.” Majalah Ilmiah Untab 17 (2): 172–78. https://ojs.universitastabanan.ac.id/index.php/majalah-ilmiah-untab/article/view/96.

Benjamin G.Rorie, Ita Pingkan F.Rorong, and Krest D.Tolosang. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhipendapatan Usaha Coffeeshopdi Kota Depok” 22 (September): 133–44.

DHANESWARA. 2010. “Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta 2009.” Core.Ac.Uk, 1–80. http://core.ac.uk/download/pdf/12348559.pdf.

Diandrino, Deiral. 2018. “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN UMKM KEDAI KOPI DI KOTA MALANG JURNAL ILMIAH.”

Hasibuan, Masnilam, and Vince Napitupulu. 2021. “Pengaruh Lingkungan Pemasaran Terhadap Pendapatan Usaha Sentra Industri Pengolahan Salak Agrina Parsalakan.” Jurnal Ekonomi 23 (1): 60. https://doi.org/10.37721/je.v23i1.762.

Imam, Abdul. 2019. “Analisis Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pengrajin Tas Di Desa Sukomulyo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik.” Muhammadiyah University of Gresik Repository, 1–46. http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/860.

Polandos, Prisilia Monika, Daisy S.M Engka, and Krest D Tolosang. 2019. “Analisis Pengaruh Modal, Lama Usaha, Dan Jumlah Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kecamatan Langowan Timur.” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 19 (4): 36–47.

Sanjaya, David Adi. 2016. “Pengaruh Jam Bekerja, Usia Pekerja, Tingkat Pendidikan Dan Jumlah Tanggungan Keluarga Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Pada Pasar Tradisional Menur, Kecematan Mulyorejo Di Kota Surabaya.” Journal. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Wibowo, Edi, and Setyaningsih Su. 2019. “Pengaruh Faktor Kekuatan Ekonomi Terhadap Pendapatan Dengan Lama Usaha Sebagai Variabel Moderating (Survey Pada Usaha Kedai Kopi Di Surakarta).” Research Fair Unisri 3 (1). https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/rsfu/article/view/2578.

Diterbitkan

2024-09-29