Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi MInat Nasabah Memilih Produk Gadai di BSI KCP Lombok Aikmel
DOI:
https://doi.org/10.29303/oportunitas.v3i2.815Kata Kunci:
Kata Kunci: Lokasi, Pelayanan, Religiulitas, Promosi dan Minat NasabahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor lokasi, pelayanan, religiulitas dan promosi terhadap minat nasabah memilih produk gadai di BSI KCP Lombok Aikmel. Penelitian ini menggunakan analisis asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan NonProbability Sampling dengan teknik Accidental Sampling. Jumlah resonden pada penelitian ini adalah 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan kemudian di olah menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial lokasi, pelayanan dan religiulitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah memilih produk gadai d BSI KCP Lombok Aikmel, sedangkan romosi tidak signfikan terhadap minat nasabah memilih produk gadai di BSI KCP Lombok Aikmel.
Kata Kunci: Lokasi, Pelayanan, Religiulitas, Promosi dan Minat Nasabah
Referensi
Crow. 1984. Psikologi Pendidikan.Terjemahan Rochman Abror. Nur Cahaya. Yogyakarta.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Ponegor
Harahap, T. S. R. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Religiusitas Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Produk Gadai Emas Di Pt Bank Syariah Mandiri Kcp Medan Iskandar Muda. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 11(1), 1. https://doi.org/10.32507/ajei.v11i1.493
Iranati, R. B. O. (2017). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Pengetahuan, dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Tangerang Selatan). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Kasmir. 2004. Pemasaran Bank. Penada Media:Jakarta
Khotimah, K., & Febrilia, A. (2022). Pengaruh Promosi Dan Nilai Taksiran Gadai Emas Terhadap Minat Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia (Bsi) Kcp Jember Balung (Issue November). http://digilib.uinkhas.ac.id/15361/1?A VANTIANA FEBRILLA_E20181072.pdf
Melen, S. (2017). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Produk gadai (Rahn) Di PT. Pegadaian Syariah. Skripsi, 150.
Mukti, T., Ilmu, F., Islam, A., & Indonesia, U. I. (2020). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam , 6 ( 02 ), 2020 , 239-245 Peran Pegadaian Syariah dalam Literasi Keuangan Syariah. 6(02), 239–245
Olii, N. F., & Yusuf, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Pegadaian Syariah Pada Cabang Pegadaian Syariah (Cps) Datoe Binangkang. Kunuz: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.30984/kunuz.v1i1.24
Rahmawati, A. L., & Mutmainah, K. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN GADAI DI PEGADAIAN SYARIAH (Studi Kasus Pada Pegadaian Syariah Kebondalem Magelang). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(2), 209–220. https://doi.org/10.32500/jebe.v1i2.1217
Retnosari T. (2023). Pengaruh Taksiran Harga, Biaya Pemeliharaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Masyarakat Magetan Memilih Produk Gadai Emas di BSI KCP Magetan Maryono 1. Skripsi. IAIN PONOROGO
Sugiyono. 2013. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Husnus Syifa Syifa, Busaini Busaini, Moh. Huzaini
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.