ANALISIS PENGELOLAAN DAN AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Authors

  • Ni Nyoman Ira Indriyanthi Universitas Mataram
  • Nurabiah Universitas Mataram
  • Wirawan Suhaedi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v1i4.104

Keywords:

Pengelolaan, Akuntabilitas, Laporan Keuangan, BUMDes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dan akuntabilitas laporan keuangan dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berada di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan deskriptif pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan purposive sampling. Adapun informan pada penelitian ini yaitu Ketua BUMDes, Kepala Desa yang secara ex officio selaku Penasihat BUMDes dan Ketua BPD selaku Pengawas dari BUMDes.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk pengelolaan maupun akuntabilitas dari laporan keuangan BUMDes belum berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara berdasarkan indikator pengelolaan, kepengurusan BUMDes saat ini baru terbentuk sehingga belum berjalan maksimal. Karena hal tersebut pula dari pihak BUMDes juga belum membuat dan menyerahkan pertanggungjawaban dalam bentuk laporan keuangan kepada Kepala Desa dan Ketua BPD, sehingga dapat dikatakan bahwa BUMDes belum maksimal dan harus bekerja lebih keras untuk dapat maju, berkembang dan memberikan sumbangsih kepada desa masing-masing. Selain informasi yang kurang, hasil dokumentasi juga tidak sepenuhnya lengkap seperti yang diharapkan karena keterbatasan jangkauan penelitian akibat dari Covid-19. Kebaharuan penelitian ini adalah dimana peneliti menganalisis mengenai pengelolaan yang meliputi perkiraan (forecasting), perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengendalian (controlling). Sementara untuk akuntabililtas meliputi akuntabilitas vertikal (internal) dan akuntabilitas horizontal (ekstsernal). Secara teoritis, penelitian ini dapat memberikan implikasi yang luas mengenai stewardship theory. Secara praktis, penelitian ini memberikan implikasi bagi pihak pengurus BUMDes agar lebih baik dan disiplin mengenai pengelolaan BUMDes dan pelaporan keuangan BUMDes agar mempermudah apabila diminta mengenai pengecekan laporan keuangan dalam bekerja. Secara kebijakan, penelitian ini memberikan implikasi bagi pihak pengurus BUMDes agar kedepannya lebih memperdalam pengetahuan atau teori mengenai BUMDes sehingga dalam menjalankan pengelolaan BUMDes akan lebih maksimal terutama mengenai pelaporan keuangan BUMDes.

References

Anonim. 2007. Buku Panduan Pendirian dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Departemen Pendidikan Nasional. Pusat Kajian Dinamika Sistem Pembangunan (PKDSP) Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Asvi, Zul. 2017. Manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bina Usaha Desa Kepenuhan Barat Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu. JOM FISIP. Vol. 4, No. 2. Hal: 1-15.

Bimtek Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan BUMDes. https://www.bppkpd.id/pertanggungjawaban-keuangan-bumdes/, diakses pada tanggal 4 Januari tahun 2020.

BUMDes Sebagai Pusat Distribusi Bahan Pokok. https://www.ntbprov.go.id/post/program-unggulan/bumdes-sebagai-pusatdistribusi-bahan-pokok, diakses pada tanggal 4 Januari tahun 2020.

Fajri, Rahmi, Endah Setyowati dan Siswidiyanto. 2015. Akuntabilitas Pemerintah Desa Pada Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Studi Pada Kantor Desa Ketindan, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Publik (JAP). Vol. 3, No. 7. Hal: 1099-1104.

Filya, Afifa Rachmanda. 2018. Optimalisasi Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Meningkatkan PADES di Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur. JE & KP. Vol. 5, No. 1. Hal: 19-39.

Hardiningsih, Pancawati, Rachmawati Meita Oktaviani dan Ceacilia Srimindarti. 2019. Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Menuju Good Governance. Jurna STIE Semarang. Vol. 11, No. 3. Hal: 1-21.

Hastowiyono. dan Suharyanto. 2014. Seri Buku Pintar BUM Desa Penyusunan Kelayakan Usaha dan Perencanaan Usaha BUM Desa. Cetakan Pertama. Forum Pengembangan Pembaharuan Desa (FPPD). Yogyakarta.

Imawan, Amrizal, Gugus Irianto dan Yeney Widya Prihatiningtyas. 2019. Peran Akuntabilitas Pemerintah Desa Dalam Membangun Kepercayaan Publik. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. Volume 10, Nomor 1. Hal: 156-175.

Irawati, Dina dan Diana Elvianita Martanti. 2017. Transparansi Pengelolaan Laporan Keuangan BUMDes Terhadap Pelaporan Aset Desa (Studi Fenomenologi Pada BUMDes Desa Karangbendo Kec Ponggok Kab Blitar). SNAPER-EBIS. Hal:41-51.

Jayanti, Dwi, Masyhad dan Nurul Qomari. 2018. Analisis Penerapan SAK ETAP Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) “Surya Sejahtera” Di Desa

Kedungturi Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. EQUITY. Vol. 4, Isssue. 3. Hal: 47-62.

Jefri, Riny. 2018. Teori Stewardship dan Good Governance. Jurnal Riset Edisi XXVI. Vol. 4, No. 003. Hal: 14-28.

Kholmi, Masiyah. 2016. Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa: Studi di Desa Kedungbetik Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang. Ekonomika-Bisnis, Vol. 7, No. 2. Hal: 143-152.

Kiha, Emilia Khristina., dan Berno Benigno Mitang. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Tapenpah Kecamatan Insana Induk Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Aksara Public. Vol. 3, No. 4. Hal: 248-259.

Lukito, Penny Kusumastuti. 2014. Membumikan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Sektor Publik: Tantangan Berdemokrasi Ke Depan. PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Marala, Ryan, Hendro Wibowo dan Rachmat Rizky Kurniawan. 2018. Model Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Pembangunan Perekonomian Desa. (Studi Kasus Desa Masalima). Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. Vol. 6, No. 1.

Martani, Dwi, Sylvia Veronica Siregar, Ratna Wardhani, Aria Farahmita dan Edward Tanujaya. 2016. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Salemba Empat. Jakarta Selatan.

Moniaga, Steven Leonard. 2018. Perbandingan Gaya Kepemimpinan Agency dan Stewardship Theory Pada Generasi X dan Generasi Y Dalam Perusahaan Keluarga. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Volume 2, Nomor 6. Hal:742-751.

Nosihana, Ariefia., dan Rizal Yaya. 2016. Internet Financial Reporting dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Pada Pemerintah Kota dan Kabupaten Di Indonesia. Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis. Vol. 3, No. 2. Hal:89-104.

Nurliani, Rina, Nur Fitriyah, Burhanudin. 2018. Peran Kepala BUMDes Dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Padang Jaya Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser. eJournal Ilmu Pemerintahan. Vol. 6, No. 4.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Desa.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa.

Prasetyo, David. 2019. Peran BUMDES Dalam Membangun Desa. Cetakan Pertama. CV Derwati Press. Kalimantan Barat.

Putra, Anom Surya. 2015. Badan Usaha Milik Desa: Spirit Usaha Kolektif Desa. Cetakan Pertama. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia. Jakarta Pusat.

Putri, Rinta Sefftyawati dan Sri Rahayu. 2019. Pengaruh Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Terhadap Belanja Modal di Provinsi Jawa Barat (Studi Empiris pada Kota/Kabupaten di Provinsi Jawa Barat Tahun 2014-2017). JASa (Jurnal Akuntansi, Audit dan Sistem Informasi Akuntansi). Vol. 3, No. 2. Hal: 256-268.

Rindi, Kadek, Luh Putu Mas Sintia Arsani Dewi, Dyah Ari Puspita Sari, dan Putu Pania Awitiana. 2017. Penerapan Prinsip Akuntabilitas Pada BUMDes Teja Kusuma. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika. Vol. 7, No. 1.

Sarinah. 2017. Pengantar Manajemen. Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama). Yogyakarta.

Subaidi, Moh, Slamet Muchsin, dan Khoiron. 2019. Manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Studi Di Dusun Somber Desa Robatal Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang. Jurnal Respon Publik. Vol. 13, No. 5, Hal: 24-31.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukasmanto. 2014. Seri Buku Pintar BUM Desa Rancang Bangun Bisnis dan Pengelolaan BUM Desa. Cetakan Pertama. Forum Pengembangan Pembaharuan Desa (FPPD). Yogyakarta.

Sukriani, Luh, Putu Eka Dianita Marvilianti Dewi, dan Made Arie Wahyuni. 2018. Pengaruh Tingkatan Pendidikan, Pengalaman Kerja, Pelatihan, dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan BUMDes di Kecamatan Negara. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 9, No. 3. Hal: 85-97.

Sekjen Kemendes PDTT: BUMDes Diharapkan Jadi Penyangga Ekonomi Pedesaan:

https://www.liputan6.com/news/read/3950912/sekjen-kemendes-pdttbumdes-diharapkan-jadi-penyangga-ekonomi-pedesaan, diakses pada tanggal 21 September tahun 2019.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Utami, Yogi. 2018. Akuntabilitas Kinerja Perangkat Desa Dalam Pelaksanaan Program Desa Siaga di Desa Blang Benara Kabupaten Bener Meriah.

Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara Konsentrasi Administrasi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Wahyudi, Agus. 2017. Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa di Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa. (Skripsi Sarjana yang tidak dipublikasikan, Univeristas Mataram).

Wardi, Khairul. 2019. Kajian Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Lombok Barat (Studi Empiris di Kecamatan Gunungsari, Batulayar dan Lingsar). (Skripsi Sarjana yang tidak dipublikasikan, Univeristas Mataram).

Wibowo, Angga Trie Sugiarto. 2016. Akuntabilitas Penyelenggaraan Asas Tugas Pembantuan di Desa Senduro Kecamatan Senduru Kabupaten Lumajang. Jurnal Penelitian Administrasi Publik. Vol. 2, No. 01. Hal: 185-201.

Wicaksono, Kristian Widya. 2015.Akuntabilitas Organisasi Sektor Publik. Jurnal Kebijakan & Administrasi Publik (JKAP). Vol. 19, No. 1. Hal:3-15.

Widiastuti, Harjanti, Wahyu Manuhara Putra, Evy Rahman Utami, dan Rudy Suryanto. 2019. Mekanakar Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 22, No. 2. Hal: 257-288.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Indriyanthi, N. N. I. ., Nurabiah, & Suhaedi, W. . (2021). ANALISIS PENGELOLAAN DAN AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT . Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 1(4), 13–26. https://doi.org/10.29303/risma.v1i4.104