ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN STRATEGI BISNIS MANAJEMEN PADA PERUSAHAAN BIG BUBBLE DIVE DI GILI TRAWANGAN

Authors

  • Prabu Wahyuaji Qamara Santoso Universitas Mataram
  • Animah Universitas Mataram
  • Yusli Mariadi Universitas Mataram
  • Wawan Hamdani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v1i4.105

Keywords:

kinerja keuangan, Current Ratio, ROA, ROE, Debt-Equity, startegi bisnis manajemen, Matriks SWOT, Matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks IE

Abstract

PT. Big Bubble Dive adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa menyelam di Gili Trawangan, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Namun, ketatnya persaingan memaksa PT. Big Bubble Dive untuk memaksimalkan kinerja perusahaan dan menentukan manajemen strategi yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa kinerja keuangan perusahaan periode 2015-2018 menggunakan ratio keuangan seperti Current Ratio, ROA, ROE dan Debt-Equity Ratio serta untuk menentukan strategi bisnis manajemen perusahaan menggunakan Matriks SWOT, Matriks IFAS, Matriks EFAS dan Matriks IE. Hasil penelitian menujukan bahwa rasio keuangan PT. Big Bubble Dive periode 2015-2018 pada Current Ratio, yaitu 1.443% tahun 2015, 921% tahun 2016, 1.344% tahun 2017, dan 1.770% tahun 2018, ROA sebesar 7,51% tahun 2015, 3,29% tahun 2016, 9,61% tahun 2017, dan 12,74% tahun 2018, ROE sebesar 34,81% tahun 2015, 3,96% tahun 2016, 13,14% tahun 2017 dan 24,53% tahun 2018, Debt-Equity Ratio sebesar 402,21% tahun 2015, 41,97% tahun 2016, 40,01 tahun 2017 dan 94,23% tahun 2018. Strategi bisnis manajemen yang ditetapkan adalah strategi intensif yang meliputi penetrasi pasar dengan memperluas market share melalui pemasaran atau promosi maupun pengembangan produk atau jasa agar tidak terjadi kejenuhan.

References

Djakaman. (2000). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, I. (2014). Manajemen Strategis: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Gitusudarmo. (2002). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Hanafi, M. M., & dan Abdul, H. (2016). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Harahap, S. S. (2012). Teori Akuntansi Laporan Keuangan, Edisi Pertama. Jakarta: Bumi Aksara.

Hitt, M. A. (2001). Manajemen Strategis: Daya Saing dan Globalisasi Konsep Edisi Pertama Buku 1. Jakarta: Salemba Empat .

Horne, V. (2012). Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan, Edisi Ketiga belas. Jakarta: Salemba Empat.

Hunger, D. J., & Wheelen. (2001). Manajemen Strategis Edisi Pertama Cetakan Pertama. Yogyakarta: Andi.

Indonesia, I. A. (2015). PSAK No. 1 Tentang Laporan Keuangan Edisi Revisi 2015. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Indonesia, I. A. (2016). SAK EMKM Edisi 2016. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Kasmir. (2010). Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kusnadi, H. (2000). Pengantar Manajemen Strategi. Malang: Universitas Brawijaya .

Manuain, D. W. (2016). Analisis Laporan Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Hotel Cahaya Bapa. Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Audit, 56-65.

Maulina, & Nurbayani. (2019). Analisis Profitabilitas Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Manajemen Hotel Syariah Al Badar Di Kota Makassar. Journal of Management & Business, 1-12.

Munawir. (2012). Analisa Laporan Keuangan, Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty.

Munawir. (2014). Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Muslich, M. (2013). Manajemen Keuangan Modern. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Nafarin. (2009). Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Nourlette, R. R., & Hati, S. W. (2017). Penentuan Strategi Dengan Pendekatan Analisis SWOT Pada Hotel Nongsa Point Marina & Resort Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Inovasi dan Bisnis, 83-102.

Permatasari, D. E., Hamid, D., & Wilopo. (2015). Penentuan Strategi Bisnis Manajemen Hotel Dalam Menghadapi Persaingan (Studi Kasus Di Quds Royal Hotel Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 1-8.

Porter, M. E. (2008). Competetive Advantage (Keunggulan Bersaing): Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Tangerang: Karisma Publishing Group.

Pudjiastuti, Suad, H., & Enny, d. (2002). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Purba, M. P. (2010). International Financial Reporting Standards: Konvergensi dan Kendala Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Purwanto, I. (2008). Manajemen Strategi . Bandung: CV. Yrama Widya.

Rangkuti, F. (2017). Analisis SWOT Edisi 23. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2018). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Edisi 24. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Riyanto. (2011). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFEYogyakarta.

Rooroh, L. O., Mananeke, L., & Djurwati, S. (2019). Penentuan Strategi Bisnis Pada Rimba Papua Hotel Dalam Menghadapi Persaingan Di Timika. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2711-2720.

Salusu, J. (2006). Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Privat. Jakarta: PT Gramedia Widiasama Indonesia.

Sawir, A. (2011). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Schmidgall, R. (2002). Hospitalty Industry Managerial Accounting. Michigan US: Educational Institute of the American Hotel & Lodging Association.

Soemarso. (2014). Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat.

Suwardjono. (2010). Akuntansi Pengantar. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta. Tamallo, E. (2017). Analisis Kinerja Keuangan Pada Hotel Grand Asia Di Makassar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 40-54.

Wirawan. (2011). Evaluasi Teori, Model, Standard, Aplikasi dan Profest. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Qamara Santoso, P. W. ., Animah, Yusli Mariadi, & Hamdani, W. . (2021). ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN STRATEGI BISNIS MANAJEMEN PADA PERUSAHAAN BIG BUBBLE DIVE DI GILI TRAWANGAN . Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 1(4), 27–40. https://doi.org/10.29303/risma.v1i4.105