Pengaruh Reputasi Perusahaan, Fluktuasi Harga Emas, Kualitas Pelayanan Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Nasabah Berinvestasi Melalui Cicil Emas Di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Masbagik

Authors

  • Nurul Uswah Universitas Mataram
  • Nur Fitriyah Universitas Mataram
  • Indria Puspitasari Lenap Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v4i1.1114

Keywords:

Company Reputation, Gold Price Fluctuation, Service Quality, Financial Literacy, Customer Interest

Abstract

This study aims to determine the influence of Company Reputation, Gold Price Fluctuations, Service Quality and Financial Literacy on Customer Interest in Investing through Gold Installments at PT. Masbagik Branch Pawnshop. The type of research used is associative with a quantitative approach. The sample in this study was 100 respondents. The sampling method used in this study is probability sampling with a simple random sampling method. The data obtained were analyzed using the Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) analysis technique through SmartPLS software version 4. The results of this study show that the Company's Reputation and Gold Price Fluctuations have a positive and significant effect on Customer Interest in Investing through Gold Installments. Meanwhile, Service Quality and Financial Literacy do not affect customer interest in investing through gold installments.

References

Agustita, R. M. (2019). Pengaruh promosi dan Tingkat Kualitas Layanan Terhadap Minat Nasabah Pada Pegadaian Syariah Kantor Cabang Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Apriani, I., Majid, N., & Rohana. (2023). Pengaruh Pendapatan , Pengetahuan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menabungan Emas Di Unit Pegadaian Syariah UIN STS Jambi. Economics and Business Management, 2(1).

Auladi, A. F. (2021). Pengaruh strategi Promosi dan Fluktuasi Harga Emas Terhadap Minat Nasabah untuk Berinvestasi di PT. Pegadaian Cabang Kebumen. UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Aulia SRG, P. (2022). Pengaruh Pemahaman Investasi, Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatra Utara). UIN Sumatra Utara.

Cahyaningtyas, S. R., Sasanti, E. E., & Husnaini, W. (2017). Bank risk profile , good corporate governance and firm values in go public banking companies in Indonesia. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 20(1), 41–46. https://doi.org/10.14414/jebav.v20i1.759

Dwijayanti, T., Soebroto, N. W., & Suriana, I. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Minat Transaksi Pada PT. Pegadaian Unit Karang Joang Balikpapan. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltelkba (JMAP).

Ekowati, R., & Suwandi, E. D. (2021). Niat Mahasiswa dalam Berinvestasi Saham (Tinjauan Theory of Planned Behavior). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(1), 87–98. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i1.766

Fitria, F. (2019). Pengaruh Flukuasi harga Emas Terhadap Minat Nasabah Untuk Bertransaksi Di Pegadaian Syariah (Studi Kasus Pegadaian Syariah Dan Mogot Jakarta Barat). Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Herdiani, F. (2022). Pengaruh Pemahaman Investasi dan Fluktuasi Harga Emas Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Emas Pada Pengadaian Syariah (Studi Pada FEBI UIN Saizu dan FEB UMP). UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Hidayana, M., Indriani, E., & Kartikasari, N. (2023). Analisis Pengaruh Harga Emas dan Keuntungan Terhadap Minat Nasabah Berinvestasi pada Produk Emas. 2005, 142–152.

Indriani, E. (2022). "Pengaruh Strategi Pemasaran dan Harga Emas Terhadap Minat Masyarakat dalam Menggunakan Produk Tabungan Emas” (Studi Kasus di Pegadaian Syariah dan BSI di Yogyakarta). Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Izzati, N. (2021). Pengaruh Fluktuasi Harga Emas Terhadap Minat NasabahYang Bertransaksi Di PT. Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.

Juliana, H. (2021). Analisis faktor terhadap minat nasabah menggunakan tabungan wadiah barokah di bank syariah adam kota bengkulu. Istitut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Khoirani, Brawijaya, A., & Komaruddin, M. (2020). Analisi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Produk Tabungan Pendidikan Berasuransi Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Bogor. 6(1), 42–48.

Leiva, R., Ferrero, I., & Celderon, R. (2014). Corporate Reputation and Corporate Ethics: Looking Good or Doing Well. SSRN Electronic Journal.

Mentari, N. M., Yohani, & Hudaya, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Motivasi dan PersepsiTerhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Tabungan Emas Di Pegadaian Syariah Pekalongan. 1, 47–74.

Nabila, V., & Safri. (2022). Pengaruh Literasi keuangan dan Toleransi Risiko Terhadap Keputusan Investasi tabungan Emas (Studi Kasus Nasabah di PT Pegadaian (Persero) Cabang Kramat Jati).

Jurnal Ilmiah Mahsiswa Akuntansi (JIMA), 2(1), 32–42.

Nurhikmah, & Ismaulina. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Dalam Memilih Tabungan Emas Pada Pegadaian Syariah Takengon. Penelitian Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(1), 1–11.

OJK. (2019). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia 2021-2025.

Oktavianus, L. C., Randa, F., Jao, R., & Pradhita, R. (2022). KINERJA KEUANGAN DAN REPUTASI PERUSAHAAN: STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Krisna, 13(2), 218–227.

Pamungkas, R. H. (2022). Analisis Pengaruh Instabilitas Harga Emas Terhadap Minat Bertransaksi Nasabah pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang S. Parman Medan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan …, 2, 1–11.

Pane, P. B. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Fasilitas Mobil Kas Keliling BRI Syariah Terhadap Kepuasan Mahasiswa FEBI UIN-SU Dalam Melakukan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). UIN Sumatera Utara.

Pratiwi, C. F., & Manggala, I. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat dan Keputusan Nasabah Non-Muslim di Pegadaian Syariah. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 21, 47–54.

Pratiwi, I. A., Indrini, E., & Kartikasari, N. (2023). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan dan Perilaku Keuangan Terhadap Minat Investasi Tabungan Emas. Journal of Law Education and Business, 1(2), 243–256.

Pratiwi, Y. (2021). Pengaruh Religiusitas dan Reputasi Terhadap Minat Menabung dengan Persepsi Sebagai Variabel Moderating Pada Bank Syariah Indonesia. Universitas Islam Sultan Agung.

Putri, W. A., & Charlota, R. (2019). Pengaruh Sikap , Norma Subjektif , Kontrol Perilaku yang Dirasakan , Financial literacy dan Risk tolerance Terhadap Minat Investasi ( Studi pada Mahasiswa Manajemen Bisnis Politeknik Negeri Batam ).

Rangkuti, A. E., & Kholil, A. (2023). Analisi Pengaruh Promosi, Produk, dan Reputasi Terhadap Minat Menabung Penduduk Kecamatan Medan Sunggal di Bank Syariah. 6(1), 78–88.

Rida, A. (2019). No TitleFaktor- Faktor yang Mempengaruhi minat Nasabah Terhadap Produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Rozi, M. F. (2023). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERSEPSI RISIKO DAN PENDAPATAN TERHADAP MINAT BERINVESTASI TABUNGAN EMAS PEGADAIAN SYARIAH PADA MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa KSEI PTKIN di Jawa Tengah). UIN Walisongo Semarang.

Sambo, A. S. (2021). Analisi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Generani Milenial Terhadap Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Subulussalam). UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Sari, D. A. (2022). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENDAPATAN NASABAH TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI TABUNGAN EMAS PADA PT PEGADAIAN MAKASSAR (Studi Kasus PT Pegadaian Cabang Pabaeng-Baeng). Universitas Bosowa Makassar.

Sari, I. P. (2021). Determinan Minat Masyarakat Kecamatan Batang Toru Menggunkan Produk Cicil Emas Di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru. IAIN Padangsidimpuan.

Sembiring, D. L. B. (2019). Pengaruh Reputasi dan Pelayanan Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Muamalat Indonesia Tbk. Politeknik Negeri Medan.

Sesarwati, B. (2022). Pengaruh Fluktuasi Harga Emas dan Promosi Terhadap Minat Nasabah pada Produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Jelutung. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Siregar, T. A. (2021). PENGARUH PRODUK, PROMOSI DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT UNTUK MENABUNG EMAS PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH CABANG ALAMAN BOLAK PADANGSIDIMPUAN. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)

PADANGSIDIMPUAN.

Sitorus, N. I. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Produk Cicil Emas Pada Akad Murabah (Studi Kasus Di Bank Syariah Mandiri (BSM) KCP Kampung Pajak Labuhan Batu Utara). UIN Sumatera Utara.

Sodik, M. (2017). Pengaruh Fluktuasi Harga Emas Terhadap Minat Bertransaksi Nasabah Pegadaian Syariah (Studi Pada Pegadaian Syariah Cabang Raden Intan Bandar Lambung 20162017). UIN Raden Intan Lampung.

Sucihati, R. N., Suprianto, & Mustiadi, D. (2020). Analisis Pengaruh Promosi, Lokasi, Pelayanan dan Suku Bunga Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) (Studi Pada Nasabah Bank BRI Desa Jaya Makmur Kecamatan Labangka). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(3), 164–174.

Vana, P., & Ambarwati, L. (2023). Pengaruh Ekspektasi Return dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Berinvestasi Emas pada Mahasiswa STIE Widya Wiwaha. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan (JAK), 11(2), 176–182.

Verayani, M. (2019). Pengaruh Fluktuasi Harga emas dan strategi Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Emas Pada Bank Syariah Mandiri Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Viana, E. D., Febrianti, F., & Dewi, F. R. (2021). Literasi Keuangan , Inklusi Keuangan dan Minat Investasi Generasi Z di Jabodetabek. Jurnal Manajemen Dan Organisasi (JMO), 12(3), 252–264.

Wirda, N. O., Ahmadsyah, I., & Evriyenni. (2021). Pengaruh Promosi dan Keunggulan Produk Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Gadai Emas ( Rahn ) Pada PT . Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram Nagam Raya. Jurnal Ekonomi Regional Unimal, 4(3), 7–16.

Yuardi, I., Anggun, B., Lestari, H., & Nurabiah. (2023). The Effect of Financial Literacy , Financial Attitudes and Income Levels on the Financial Behavior of the People in Saribaye Village , Lingsar District , West Lombok Regency. Proceedings of the 1st International Conference on Management and Small Medium Enterprise (ICMSME-2023), 1(March).

www.logammulia.com diakses pada tanggal 25 Mei 2024

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Uswah, N. ., Fitriyah, N., & Lenap, I. P. . (2024). Pengaruh Reputasi Perusahaan, Fluktuasi Harga Emas, Kualitas Pelayanan Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Nasabah Berinvestasi Melalui Cicil Emas Di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Masbagik. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(2), 328–341. https://doi.org/10.29303/risma.v4i1.1114