IMPLEMENTASI AKUNTANSI PADA UNIT USAHA MIKRO KECIL MENENGAH BERBASIS SAK EMKM (STUDI PADA UMKM KOTA MATARAM)

Authors

  • Fathin Amalia Lestari Universitas Mataram
  • Elin Erlina Sasanti Universitas Mataram
  • Adhitya Bayu Suryantara Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v2i1.192

Keywords:

Akuntansi, SAK EMKM, Laporan Keuangan, UMKM

Abstract

Akuntansi merupakan sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana penerapan pencatatan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah) pada Usaha Mikro Kecil Menengah yang terdapat di Kota Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif.  Peneliti menggunakan purposive sampling untuk mendapatkan sampel penelitian. Dimana informan yang terlibat yaitu pemilik/pengelola Usaha Mikro Kecil Menengah yang terdiri dari delapan informan. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara, dan dokumentasi. Simpulan dari penelitian ini terkait penerapan pencatatan akuntansi berbasis SAK EMKM pada Usaha Mikro Kecil Menengah tersebut belum memenuhi standar SAK EMKM, mereka hanya mencatat pemasukan dan pengeluaran yang terjadi atau bisa dikatakan hanya membuat laporan kegiatan usaha, disajikan sesuai dengan pemahaman masing-masing pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman mengenai akuntansi dalam menjalankan usahanya.

References

Akbar, Husaini, U., & Purnomo, S. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara.

Amani, T. (2018). Penerapan SAK-EMKM Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan UMKM (Studi Kasus di UD Dua Putri Solehah Probolinggo). Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan Dan Pajak, 9(1), 1–11.

Fitriyyah, R., As’adi, A., & Sularsih, H. (2020). Penerapan akuntansi SAK EMKM dalam penyusunan laporan keuangan studi kasus pada usaha sayangan di Desa Kebakalan. E-Jurnal Perspektif Ekonomi Dan Pembangunan Daerah, 9(3), 169–186.

Handayani, R. A. (2019). Analisis Penerapan Sak Emkm Pada Penyusunan Laporan Keuangan Umkm Di Kota Batam. Jurnal Akuntansi Barelang, 3(2), 55.

Hardiyanti, S., Tanjung, L., Studi, P., Administrasi, I., Ilmu, F., Dan, S., Politik, I., & Utara, U. S. (2019). Peran Keberadaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( UMKM ) Terhadap Penyerapan Tenaga Keja ( Studi Pada Umkm Rujak Kolam Medan ).

Hetika. (2018). Penerapan Standar Akuntansi Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (SAK EMKM) Dalam Menyusun Laporan Keuangan. 02, 81–104.

Huda, C. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi Dan Pelatihan Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Dimoderasi Ketidakpastian Lingkungan Usaha Kecil Menengah. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1), 68.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2018. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Irman, M., & Azani, V. (2015). Perancangan Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm) Toko Etek Jas (Studi Kasus Bukit Tinggi). Jurnal Ilmiah Manajemen, 78, 104–120.

Kieso, D. E., Jery, J. W., & Paul, D. K. (2014). Accounting Principles Pengantar Akuntansi. Salemba Empat.

Kirowati, D., & Amir, V. (2019). Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM) pada Laporan Keuangan di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Pada UMKM di Kota Madiun). 45(45), 95–98.

Kurniawanysah, D. (2016). Penerapan Pencatatan Akuntansi dan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK ETAP Pada UMKM Desa Gembongsari Kecematan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Dinamika Global?: Rebranding Keunggulan Kompetitif Berbasis Kearifan Lokal, 832–841.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyani, A. S., Nurhayaty, E., & Miharja, K. (2019). Penerapan Pencatatan dan Laporan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 219–226.

Nuvitasari, A., Citra Y, N., & Martiana, N. (2019). Implementasi SAK EMKM Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). International Journal of Social Science and Business, 3(3), 341.

Nuvitasari, A., Citra Y, N., & Martiana, N. (2019). Implementasi SAK EMKM Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). International Journal of Social Science and Business, 3(3), 341.

Rahadiansyah, R. (2018). Penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro, kecil, dan menengah (sak emkm) pada umkm keripik tempe rohani sanan kota malang. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Auditing, 15(1), 1–15.

Rahayu, S. M., Ramadhanti, W., & Widodo, T. M. (2020). Akuntansi Dasar (Sesuai dengan SAK EMKM) (P. D. Suharyono (ed.); 1st ed.). Deepublish.

Risal, & Wulandary, R. (2021). Analisis Penerapan Akuntansi Pada Umkm Di Kota Pontianak. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 7(1), 14–26.

Riswan, R., & Kesuma, Y. F. (2014). Analisis Laporan Keuangan sebagai dasar dalam Penilaian Kinerja Keuangan PT. Budi Satria Wahana Motor. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(1).

Rizky, A. (2021). Pengaruh Pemahaman Akuntansi , Sosialisasi SAK EMKM , Tingkat Pendidikan dan Motivasi Kerja Terhadap Implementasi SAK EMKM di Kota Tangerang Selatan. 1–94.

Santoso, I. (2013). Akuntansi Keuangan Menengah (Intermediate Accounting). Refika Aditama.

Saputra, C. (2017). Analisis Penerapan Pencatatan Laporan Keuangan Berbasis SAK ETAP pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi kasus pada UMKM Mebel Wismo Kriasto Sihono). Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan, 9.

Savitri, R. V., & Saifudin, . . (2018). Pencatatan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Pada Umkm Mr. Pelangi Semarang). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(2), 117–125.

Soemarso. (2004). Akuntansi Suatu Pengantar. Salemba Empat.

Tarmizi, R., & Ni Luh, S. B. (2013). Pengaruh persepsi pengusaha kecil dan menengah terhadap penggunaan SAK ETAP di Kota Bandar Lampung. Jurnal Akuntansi & Keuangan, 4(2), 65–82.

Wirjono, E. R., & Raharjono, D. A. budi. (2012). Survei Pemahaman Dan Pemanfaatan Informasi Akuntansi Dalam Usaha Kecil Menengah Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 7(2), 205–216.

Downloads

Published

2022-06-16

How to Cite

Fathin Amalia Lestari, Elin Erlina Sasanti, & Adhitya Bayu Suryantara. (2022). IMPLEMENTASI AKUNTANSI PADA UNIT USAHA MIKRO KECIL MENENGAH BERBASIS SAK EMKM (STUDI PADA UMKM KOTA MATARAM). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(1), 155–165. https://doi.org/10.29303/risma.v2i1.192