PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN SYARIAH DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA KOPERASI SERBA USAHA (KSU) BMT AL-IQTISHADY

Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha (KSU) BMT Al-Iqtishady

Authors

  • Galih Mulya Subastyan Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Nur Fitriyah Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Indria Puspitasari L. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v2i3.267

Keywords:

Standar Akuntansi, Keuangan Syariah, Laporan Keuangan, KSU, dan BMT AL-IQTISHADY

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan PSAK 101, PSAK 102, dan PSAK 105  tentang pembiayaan murabahah pada koperasi serba usaha BMT. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi pada KSU BMT Al-Iqtishady  dan wawancara dengan pengelola, karyawan dan nasabah KSU BMT Al-Iqtishady.

Berdasarkan hasil analisa laporan keuangan dan hasil wawancara mengenai penerapan PSAK 101, 102 dan 105 pada KSU BM,  penyajian laporan keuangan pada koperasi serba usaha BMT  belum sesuai dengan PSAK 101. Sedangkan pada pengungkapan dan pengukuran pembiayaan murabahah pada koperasi serba usaha BMT  ada beberapa yang sesuai dan yang tidak sesuai dengan PSAK 102. Kesesuaian tersebut pada bagian pembelian, piutang, penyerahan keuntungan, dan diskon dan ketidak sesuaiannya pada bagian pengungkapan dan pengukuran penjualan, pengungkapan keuntungan, dan pengukuran persentase keuntungan, penentuan diskon serta pengungkapan dan pengukuran uang muka. Hasil yang terakhir menyatakan bahwa pengungkapan dan pengukuran pembiayaan mudharabah pada koperasi serba usaha BMT Al-Iqtishady juga ada beberapa yang sesuai dan yang tidak sesuai PSAK 105. Kesesauain tersebut pada bagian mulai berjalannya akad Mudharabah, pengakuan kerugian, pengakuan piutang, dan pengakuan beban serta penyerahan keuntungan dan ketidaksesuaiannya pada bagian pengakuan investasi, penurunan aset non kas, pengakuan keuntungan dan pembagian hasil usaha.

References

BPS. (2019). Permasalahan dihadapi Usaha Kecil dan Menengah. Badan Pusat Statistik.

Handayani, A.E, Damajanti, S.L. (2020). Model Peningkatan Pengetahuan Dan Laporan Keuangan Berbasis Keterampilan Untuk Bisnis Sak Etap Pelatihan Peserta Alumni Koperasi Di Jawa Timur Untuk Memasuki MEA. Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, 1-5.

Jenita. (2017). Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kecil Di Indonesia. Al Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan.

Kemenkop, U. (2021). Standar Operasional Prosedur Koperasi Jasa KeuanganSyariah/Unit Keuangan Jasa Keuangan Syariah. Kementrian Negara dan Koperasi UMKM.

Lindiawatie, & Shahreza, D. (2018). Abstrak PENDAHULUAN Perekonomian di Indonesia sebenarnya menganut prinsip kebersamaan cara atau saling banyak bekerja pada sektor informal . Pertumbuhan belum ekonomi Indonesia yang banyak memadai menyebabkan dengan penduduk yang bekerja di sektor informa.

Mamun, S., & Sismona, E. (2020). Analisis penerapan standar akuntansi keuangan. No. 101 tentang laporan keuangan syari'ah. Jurnal ekonomi syariah pelita.

Moleong, J. L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mughni, J. A. (2019). ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI SYARIAH BERDASARKAN PSAK NOMOR.102 PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT AL-ITTIHAD CIKURUBUK TASIKMALAYA. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Keuangan Syariah .

Nazhifah, N., Wisandani, I., & Marlina, L. (2020). Analisis Implementasi PSAK 101 Pada Laporan Keuangan di KSPPS BMT Al-Bina Tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Syariah.

Oktafiya, Z. N., & Iswanaji, C. (2020). Menyibak Penerapan PSAK 102 Atas Prosedur Akad Murabahah: Studi Kasus Pada KSPPS BMT ARMA Magelang. Jurnal Akuntansi Syariah, 154–161.

QS.Al-Baqarah, & Al-Imran. (2:27/3:130). Al Quran. Al Quran.

Sholihin, M. (2019). Akuntansi Murabahah.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Triyuwono, I. (2012). Akuntansi Syariah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wulandari, R. (2019). PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN SYARIAH DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN BAITUL MAAL WA TAMWIL DI PONTIANAK. Jurnal Repository.

Zulkifli, B. S., & Rahmawati. (2019 ). Analisis Penyajian laporan Keuangan Koperasi Syariah BMT Al-Ittihad Pekanbaru. A-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan.

Downloads

Published

2022-10-12

How to Cite

Mulya Subastyan, G. ., Fitriyah, N. ., & Puspitasari L., I. . (2022). PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN SYARIAH DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA KOPERASI SERBA USAHA (KSU) BMT AL-IQTISHADY : Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha (KSU) BMT Al-Iqtishady. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(3), 462–479. https://doi.org/10.29303/risma.v2i3.267