PENGARUH PENGETAHUAN AUDITOR, PENGALAMAN AUDITOR, DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP AUDIT JUDGMENT (STUDI EMPIRIS PADA AUDITOR KAP DI WILAYAH KOTA SEMARANG DAN YOGYAKARTA)

Authors

  • Maharani Galuh Pitaloka Rayi Pangesti Universitas Tidar
  • Diah Agustina Prihastiwi Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v2i4.356

Keywords:

Pengetahuan Auditor, Pengalaman Auditor, Kompleksitas Tugas, Audit Judgment

Abstract

ABSTRAK

Audit Judgment merupakan cara pandang auditor dalam menanggapi informasi yang mempengaruhi dokumentasi bukti serta pembuatan keputusan pendapat auditor atas laporan keuangan, sehingga dapat dikatakan bahwa audit judgment ikut menentukan hasil dari pelaksanaan audit. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei kuisioner dengan jumlah 15 responden Auditor di KAP Drs. Inaresjz Kemalawarta Yogyakarta, KAP HLB Hadori & Rekan Semarang, dan KAP Mahsun, Nurdiono, Kukuh & Rekan (KAP MNK & Partners) Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan Auditor memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000, sehingga hipotesis H1 yang diajukan dalam penelitian ini terbukti atau diterima. Pengalaman Auditor memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001, sehingga hipotesis H2 yang diajukan dalam penelitian ini terbukti atau diterima. Sedangkan Variabel Kompleksitas Tugas memiliki nilai signifikan 0,589, sehingga hipotesis H3 yang diajukan dalam penelitian ini ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa Pengetahuan Auditor Dan Pengalaman Auditor berpengaruh terhadap Audit Judgment, sedangkan Kompleksitas Tugas tidak berpengaruh terhadap Audit Judgment.

References

DAFTAR PUSTAKA

Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Deli, L., & Syarif, A. F. F. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Moderating Variabel. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 15(1).

Foster, T. (2013). Managing Quality : Integrating the Supply Chain. Harlow : Pearson.

Gracea, A., Kalangi, L., & Rondonuwu, S. (2017). Pengaruh Keahlian Auditor, Pengetahuan Auditor dan Kompleksitas Tugas Terhadap Audit Judgment (Studi Kasus Pada BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2).

Putra, A. M. T., & Rani, P. (2016). Pengaruh Gender, Kompleksitas Tugas, Pengalaman Auditor dan Kompetensi Profesional Terhadap Audit Judgement (Studi Empiris Pada Auditor Kantor Akuntan Publik Di Wilayah DKI Jakarta dan Tangerang Periode 2016). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 80–100.

Rahmadanty, N. E., & Muslimin. (2020). Pengaruh Pengalaman Auditor, Kompetensi Profesional, dan Kompleksitas Tugas Terhadap Audit Judgment (Studi Pada Kantor Akuntan Publik Di Kota Surabaya). Behavioral Accounting Journal, 3(1), 73–89.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surbakti, M. A., & Wijayanti, N. A. (2022). Konflik Peran dan Pengalaman Audit dalam Mempengaruhi Audit Judgment dengan Skeptisisme Profesional Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Akuntansi, 32(3).

Tumurang, D. O., Ilat, V., & Kalalo, M. Y. (2019). Pengaruh Self Efficacy, Kompleksitas Tugas Dan Keahlian Audit Terhadap Audit Judgment Auditor Pada Inspektorat Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).

Usman, F. A., & Nurwulan, L. L. (2022). Pengaruh Kompetensi, Workload Dan Skeptisisme Profesional Auditor Terhadap Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan (Survey pada Auditor yang Bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) di Kota Bandung yang Terdaftar di OJK). (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

Widyakusuma, A., Sudarma, M., & Roekhudin, R. (2019). The Effect of Professionalism and Experience on Audit Judgment with Task Complexity as a Moderating Variable. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(2), 97-112.

Wijayanti, A., Gulo, N., & Syahputra, D. (2022). Pengaruh Profesionalisme Dan Pengetahuan Audit Terhadap Kinerja Auditor Dengan Pemahaman Good Governance Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Di Kantor Akuntan Publik di Jakarta). MEDIA MANAJEMEN JASA, 10(1).

Wulandari, T. (2022). Peran Auditor Pada Pemeriksaan Kas Di Kap Kksp & Rekan Di Jakarta. (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Pangesti, M. G. P. R., & Prihastiwi, D. A. . (2022). PENGARUH PENGETAHUAN AUDITOR, PENGALAMAN AUDITOR, DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP AUDIT JUDGMENT (STUDI EMPIRIS PADA AUDITOR KAP DI WILAYAH KOTA SEMARANG DAN YOGYAKARTA). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(4), 831–843. https://doi.org/10.29303/risma.v2i4.356