ANALISIS PERAN PERANGKAT DESA DALAM AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DI DESA LUNE KECAMATAN PAJO KABUPATEN DOMPU

Authors

  • Wulan Universitas Mataram
  • Wirawan Suhaedi Universitas Mataram
  • Intan Rakhmawati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v3i1.359

Keywords:

PERAN PERANGKAT DESA, AKUNTABILITAS, PENGELOLAAN KEUANGAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dari perangkat desa dalam  akuntabilitas pengelolaan  keuangan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban di Desa Lune, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di Desa Lune, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu. Teknik pengumpulan data adalah berupa wawancara semi terstruktur mendalam,   observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat desa dalam pengelolaan keuangan desa pada tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban di Desa Lune, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu secara keseluruhan dapat dikatakan berperan, walaupun yang banyak berperan ialah Sekretaris Desa. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan pengalaman pearangkat Desa lainya mengenai pengelolaan keuangan Desa. Peran perangkat desa dalam pengelolaan keuangan desa pada tahap perencanaan, pelaksanaan, penataushaa, dan pertanggungjawaban  sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa, akan tetapi pada tahap pelaporan belum sesuai. Hal ini dikarenakan adanya  keterlambatan dalam penyapaian Laporan Realisasi Pelaksanaan APBDes semester pertama. Akuntabilitas manajerial dapat dikatakan cukup  efektif dan efisien sedangkan akuntabilitas finansial  belum cukup efektif dan efisien.

References

Bupati Dompu. 2019. Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Pengangkatan Dan Pemberhentian Perangkat Desa. Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat: Bupati Dompu.

Harahap Haribin. (2018). Peran perangkat desa dalam akuntabilitas pengelolaan dana desa pada desa sei suka deras kecamatan sei suka. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Harbiansyah, O. 2008. Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam ilmu sosial dan komunikasi. Mediator Jurnal Komunikasi, (9) 163-180

Jensen, Michael C dan William, H. Meckling. 1976. theory of the firm: managerial behavior, agency costs and ownership structure. Journal of Financial Economics, (3) 305-360.

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 2018. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018. Tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Jakarta: kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. http://peraturan.bpk.go.id. Di akses pada 6 Januari 2021.

Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. 2014. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 06 Tahun 2014 Tentang Desa. Jakarta: Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. http://peraturan.bpk.go.id. Di akses pada 5 Januari 2021.

Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. 2014. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tentang Dana Desa Yang Bersumber Dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara. Jakarta: Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. http://peraturan.bpk.go.id. Di akses pada 15 Maret 2022.

Mardiasmo. 2002. Otonomi Dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Miles, B. Matthew dan A. Michael Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis. United State of America: SAGE Publication.

Musdalifah. (2020). Pengaruh Peran Perangkat Desa, Aksesibilitas Laporan Keuangan Dan Sistem Akuntansi Keuangan Desa Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa Di Kecamatan. Jurnal Akuntansi.

Nainggolan, F. A. (2018). Peran Perangkat Desa dalam Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Di Desa Ramunia Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (Vol. 4, Issue 2).

Neny Tri Indrianasari. (2017). Peran Perangkat Desa Dalam Akuntanbilitas Pengelolaan Keuangan Desa. In Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi Keuangan Dan Pajak (Vol. 1, Issue 2) Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi Yogyakarta.

Parlina, annisyah sehin. (2021). Peran Perangkat Desa Pada Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Di Desa Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Yull, F. W. & H. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaporan Dana Desa. e-jurnal Apresiasi Ekonomi (Vol. 7).

Downloads

Published

2023-03-17

How to Cite

Wulan, Suhaedi, W., & Rakhmawati, I. (2023). ANALISIS PERAN PERANGKAT DESA DALAM AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DI DESA LUNE KECAMATAN PAJO KABUPATEN DOMPU . Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.29303/risma.v3i1.359