DETERMINAN MINAT MAHASISWA AKUNTANSI BERWIRAUSAHA (STUDI PADA MAHASISWA D3 AKUNTANSI FEB UNRAM)

Authors

  • Wahyu Adji Mustiadi Universitas Mataram
  • Lukman Effendy Universitas Mataram
  • Nungki Kartikasari Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v3i1.376

Keywords:

ekspektasi pendapatan, kebebasan dalam bekerja, motivasi berwirausaha, pengetahuan kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi berwirausaha, pengetahuan kewirausahaan, ekspektasi pendapatan dan kebebasan dalam bekerja terhadapa minat berwirausaha mahasiswa D3 Akuntansi. Pengujian dilakukan pada 83 (delapan puluh tiga) mahasiswa D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal yang bertujuan untuk mengetahui hubungan sebab-akibat antara variabel independen dan variabel dependen. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menggunakan data primer. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode SEM berbasis varian (SEM PLS) dengan menggunakan aplikasi software Smart PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi berwirausaha, pengetahuan kewirausahaan dan ekspektasi pendapatan  berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa D3 Akuntansi. Sedangkan kebebasan dalam bekerja tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa D3 Akuntansi. Hasil dari temuan penelitian ini mempunyai implikasi bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam memberikan masukan untuk lebih mengembangkan alternatif matakuliah yang dapat diberikan khususnya yang berkaitan langsung dengan minat berwirausaha. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi atau literatur dalam menelaah beragam permasalahan terutama yang berkaitan langsung dengan minat berwirausaha.

References

Adhitama. (2014). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha.

Ajzen. (2005). Attitudes, personality, and behavior.

Anggraeni. (2015). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Pemilik Usaha. Terhadap Pengelolaan Keuangan.

Azwar. (2013). analisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat kewirausahaan (EntrepreneurialIntention) (studi terhadap mahasiswa Universitas Islam Negri SUSKARiau).

Bungatang. (2020). Pengaruh Kepribadian, Pengetahuan dan Lingkungan Terhadap Kinerja Usaha. Mirai Management, 5(2), 256–266.

Chin. (1998). The Partial Least Squares Aproach to Structural Equation. Modeling. Modern Methods for Business Research.

Ernawatiningsih. (2019). ANALISIS DETERMINAN MINAT MAHASISWA AKUNTANSI DALAM BERWIRAUSAHA.

Ghozali, I., & Latan, (2015. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan. Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. SemarangHarnanto.

Ghozali. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan ProgramSPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hendrawan. (2017). ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN AKADEMI MARITIM NUSANTARA.

Hendrawan dan sirine. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan).

Herlambang. (2016). pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa bidik misi Universitas Jember angkatan 2012 dengan variabel kepribadian sebagai variabel intervening.

Hu, C. dan. (2002). Examining a model of information technology acceptance by individual professionals: An exploratory study.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. (Andi offset (ed.); revisi). Kabartegal.pikiran-rakyat.com, (https://www. (2022). (https://www kabartegal.pikiran-rakyat.com.

Kessi & Rauf. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja, Pembelajaran Wirausaha dan Komitmen Berwirausaha terhadap Kinerja Usaha. Managemen Dan Bisnis.

Mahesa. (2012). Analisis Faktor-Faktor Motivasi Yang Mempengaruhi. Minat Berwirausaha. 1, 4.

Makulau. (2020). PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA.

Noviantoro. (2017). PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Octavionica. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Telkom. 1, 2.

Oktarilis. (2012). Pengaruh Faktor-Faktor Yang Dapat Memotivasi Mahasiswa Berkeinginan Wirausaha.

Puspita. (2017). Faktor-faktor yang memengaruhi penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur di bursa efek Indonesia. 19.

Rachmawati. (2020). Peran Literasi Keuangan dalam Memediasi Pengaruh Sikap Keuangan, dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan.

Rusdi. (2019). ANALISIS LEARNING AND INOVATION SKILLS MAHASISWA PAI.

Sari. (2018). Pengaruh pengembangan karir terhadap kepuasan kerja karyawan. 7, 20–24.

Selcuk, T. dan. (2009). Which Factors Affect Entrepreneurial Intention of University Students? Europan Industrial Training.

Setiawan. (2016). Pengaruh Kewajiban Moral, Kualitas. Pelayanan, Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Di KPP. Badung Utara.

Sirine. (2017). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship.

Sirine, S. dan. (2014). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention).

Downloads

Published

2023-03-17

How to Cite

Mustiadi, W. A. ., Effendy, L., & Kartikasari, N. (2023). DETERMINAN MINAT MAHASISWA AKUNTANSI BERWIRAUSAHA (STUDI PADA MAHASISWA D3 AKUNTANSI FEB UNRAM). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(1), 116–134. https://doi.org/10.29303/risma.v3i1.376