ANALISIS ANGGARAN SEBAGAI UPAYA DALAM PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA PROYEK PADA PT.DABAKIR PUTRA MANDIRI

Authors

  • Baiq Nafarani Herwanda Humaera Universitas Mataram
  • Lukman Effendy Universitas Mataram
  • Nurabiah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v3i1.382

Keywords:

Anggaran, Perencanaan, Penyusunan Anggaran, Pengendalian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis anggaran apakah sudah berfungsi dengan baik atau tidak sebagai perencanaan dan pengendalian pada perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara yang disertai dengan bukti dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa pada indikator perencanaan yang dilakukan PT.Dabakir Putra Mandiri sudah sesuai dengan tujuan dan sasaran dari perusahaan. Adapun pada indikator penyusunan anggaran, disimpulkan bahwa perusahaan belum mengikutsertakan semua bagian, hanya bagian keuangan saja, selain itu dalam penyusunan anggaran perusahaan melalui beberapa tahapan. Serta pada indikator pengendalian, disimpulkan bahwa perusahaan melakukan pengendalian dengan membuat time schedule untuk menjadi tolak ukur pengerjaan proyek. Sehingga dapat dikatakan bahwa anggaran sudah berfungsi dengan baik sesuai dengan tujuan perusahaan serta berdasarkan hasil dari perbandingan anggaran dengan realisasi proyek dapat dikatakan bahwa perusahaan dapat mengerjakan proyek dengan berhasil.

References

Akbar, L. (2016). Analisis Pengendalian Biaya Produksi Dalam Meningkatkan Perolehan Laba Pada PT. Semen Bosowa Maros. 1492140003, 1–9.

Atssauri, F, S. (2016). Analisis Anggaran dan Realisasi Biaya Proyek Sebagai Alat Perencanaan dan Pengendalian Biaya Proyek (Studi pada PT Brantas Abipraya (Persero) Jombang.

Dewi, H. P., & Setiowati, S. R. (2018). Analisis Varian Anggaran Sebagai Pengendalian Biaya Proyek pada PT Kreasi Tiga Pilar (Positive) Studi Untuk Proyek Sony Store Tahun 2014 – 2016. Jurnal Akuntansi & Bisnis Krisnadwipayana, 5(1).

Hartanto, A. (2018). Analisis Rencana Anggaran Biaya (Rab) Proyek Sebagai Alat Perencanaan Dan Pengendalian Biaya (Studi Kasus Pada Pt. Griya Sentosa Property). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/404965.

Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Unit penerbit dan percetakan sekolah tinggi ilmu manajemen YKPN.

Pratiwi, W. (2014). Analisis Anggaran Proyek Sebagai Alat Pengendalian Biaya Pada Perusahaan Kontraktor. Skripsi UNHAS Makassar.

Saputra, A. G., & Anggraini, Y. (2007). Anggaran Bisnis: Analisis, Perencanaan dan Pengendalian Laba. UPP STIM YKPN.

Wulandari, R. (2016). Analisis Anggaran Biaya Bangunan Rumah Sebagai Alat Pengendalian Biaya Proyek Pembangunan Pada Perusahaan Developer Perumahan Sekartaji Prasadha (Studi kasus di PT. Candra Loka Prasadha). Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Downloads

Published

2023-03-17

How to Cite

Humaera, B. N. H., Effendy, L., & Nurabiah, N. (2023). ANALISIS ANGGARAN SEBAGAI UPAYA DALAM PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA PROYEK PADA PT.DABAKIR PUTRA MANDIRI. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.29303/risma.v3i1.382