PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN TAHUN 2017-2021

Penulis

  • L Erdian Sandi Wiranata Universitas Mataram
  • Elin Erlina Sasanti Universitas Mataram
  • Robith Hudaya Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v3i2.554

Kata Kunci:

corporate social responsibility, profitabilitas, likuiditas, nilai perusahaan.

Abstrak

Tujuan dari penelitian adalah untuk menguji pengaruh corporate social responsibility (CSR), profitabilitas dan likuiditas terhadap nilai perusahaan studi pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan (annual report) pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun pengamatan 2017-2021. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 10 sampel perusahaan yang diperoleh berdasarkan metode purposive sampling, sehingga didapatkan jumlah observasi sebanyak 50 data observasi selama lima tahun penelitian. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility (CSR), dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan likuiditas tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan.

Referensi

Brigham & Houston. (2014). Essentials of Financial Management. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Terjemahan Ali Akbar Yulianto. Buku 2. Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat

Darmayanti, Ni Kadek Ayu Sudiani dan Ni Putu Ayu. 2016. “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan, Dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan.” E-Jurnal Manajemen 5(7).

Fajari, M. A., & Isynuwardhana, D. 2019. “Pengaruh Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Dan Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017).” Jurnal Aksara Public 3(3):89–100.

Freeman, R.E. (1984). Strategic Management: a stakeholder approach. Massachusetts: Pitman.

Hardiyanti, Nia. 2012. “Analisis Pengaruh Insider Ownership, Leverage, Profitabilitas, Firm Size Dan Dividen Payout Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2007-2010).” Universitas Diponegoro.

Harmono. (2017). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis. (Edisi 1, Cet. 6). Jakarta: Bumi Aksara.

Herawati, Titin. 2014. “Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang.

Hersiana, Mi. A. 2017. “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi.” Jurnal Siasat Bisnis.

Husnan, Suad. 2014. Manajemen Keuangan Teori Dan Penerapan (Keputusan Jangka Panjang). Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Jekwam, J. J & Hermuningsih, S. 2016. “Peran Ukuran Perusahaan (Size) Dalam Memoderasi Corporate Social Responsibility Dan Likuiditas Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di BEI.” Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Manajemen Daulat Rakyat 2(1):76–92.

Juhandi, Dkk. 2013. “The Effect of Internal Factors and Stock Ownership Structure on Dividend Policy on Company’s Value A Study on Manufacturing Companies Listed on The Indonesian Stock Exchange.” International Journal of Business and Management Invention 2(11):6–18.

Kasmir. 2014. Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi 2014. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kasmir. 2019. Analisis Laporan Keuangan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Mahendra, Alfredo. 2012. Pengaruh Kinerja Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia.

Mariadi, Yusli dkk. 2022. Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan di Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2022. Jurnal Risma Vol.2 No.2 Desember 2022

Nurhayati, M. 2013. “Profitabilitas, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Dividen Dan Nilai Perusahaan Sektor Non Jasa.” Jurnal Keuangan Dan Bisnis 5(2).

Purwahandok. 2017. “The Influence of Firm’s Value With Capital Structure as The Mediator: A Study on The Agricultural Firm Listed In The Indonesian Stock Exchange.” International Jurnal of Economic and Finance 9(8).

Putra, Yudha Aru Dkk. 2022. Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan di BEI. Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi 15(1): 110-121.

Riaz, Majid., and Qasim, Muhammad. 2016. “Islamic Microfinance Institution: The Capital Structure, Growth, Perfomance And Value Of The Firm In Pakistan.” Jounal Of ISOSS 2(1):97–101.

Rudangga dan Sudiarta. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud. Universitas Udayana, Bali, Indonesia.

Saedah, Z. 2015. “Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI Periode 2011-2013). Universitas Muhammadiyah Surakarta.” E-Jurnal Solo.

Saridewi, Sisca Pradnyamita, Dkk. 2016. “Pengaruh Profitabilitas Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan.” E-Jurnal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen Vol.4.

Tarima, G., Parengkuan, T., & Untu, V. 2016. “Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi, Dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2011-2014.” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 16(4):25–36.

Tui, Sutardjo, Mahfud Nurnajamuddin, Mukhlis Sufri, and Ani Nirwana. 2017. “Determinant of Profitability and Firm Value: Evidence From Indonesian Banks.” IRA- International Journal of Management & Social Sciences 7(1):84–95.

Wati, L. N. 2019. Model Corporate Social Responsibility (CSR). Ponorogo: Myriad Publisher.

Widyasari, N. A. 2015. “Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2011-2013).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 26(1):1–11.

Wijaya, Bayu Irfandi, dan I. B. Panji Sedana. 2015. “Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividen Dan Kesempatan Investasi Sebagai Variabel Moderasi).” E-Jurnal Manajemen Unud 4(12).

Yoehana, Maretta. 2013. “Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak.” Diponegoro Jurnal of Accounting.

Diterbitkan

2023-06-12

Cara Mengutip

L Erdian Sandi Wiranata, Elin Erlina Sasanti, & Robith Hudaya. (2023). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN TAHUN 2017-2021. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(2), 19–31. https://doi.org/10.29303/risma.v3i2.554