ANALISIS PENGELOLAAN PIUTANG JASA PELAYANAN BPJS DALAM RANGKA MENGOPTIMALKAN KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT CAHAYA MEDIKA PRAYA)

Authors

  • Ghaesani Alifa Ifa Universitas Mataram
  • Nur Fitriyah Universitas Mataram
  • Nungki Kartikasari Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v3i3.734

Keywords:

Pengelolaan Piutang, BPJS, Kinerja Keuangan, Rumah Sakit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan piutang jasa pelayanan BPJS dalam rangka mengoptimalkan kinerja keuangan, penyebab terjadinya status piutang BPJS bermasalah serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi status piutang BPJS bermasalah di Rumah Sakit Cahaya Medika Praya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan tahapan terjadinya piutang yaitu tahap penerimaan, tahap perawatan dan tahap penagihan, kinerja pelunasan piutang dan rasio perputaran piutang serta beberapa aspek perilaku akuntansi piutang yaitu kebijakan piutang dan perencanaan piutang. Hasil penelitian ini adalah pengelolaan piutang jasa pelayanan BPJS dan kinerja keuangan Rumah Sakit Cahaya Medika dalam kondisi baik dan optimal berdasarkan siklus pengelolaan piutang dan rasio perputaran piutang, akan tetapi dalam kinerja pelunasan piutang belum memenuhi target yang telah ditetapkan karena mengalami status piutang bermasalah seperti tertunda, tidak layak dan gagal. Upaya yang dilakukan Rumah Sakit Cahaya Medika adalah melengkapi seluruh berkas resume medis dan penunjang lainnya, melakukan penambahan sumber daya manusia bidang keuangan dan casemix dan melakukan pengurangan biaya operasional.

References

Diba, S. Z. (2018). Analisis Pengelolaan Piutang Pasie Rawat Inap Jaminan Asuransi dan Perusahaan Di Rumah Sakit Gatoel Kota Mojokerto Tahun 2017. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawaijaya.

Diba, S. Z., & Rosidi. (2018). Analisis Pengelolaan Piutang Pasien Rawat Inap Jaminan Asuransi Dan Perusahaan Rumah Sakit Gatoel Kota Mojokerto Tahun 2017. 1–13.

Gunawan, H. (2018). Analisis Sistem Manajemen Piutang Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Al Ihsan Provinsi Jawa Barat.

Hayes, A. (2022). Adverse Selection: Definition, How It Works, and The Lemons Problem. https://www.investopedia.com/terms/a/adverseselection.asp

Heryana, A. (2021). Asuransi Kesehatan & Managed Care.

Maghfiroh, S., & Pramudyastuti, O. L. (2020). Pengelolaan Piutang Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang. Akuntanika, 6(2).

Phita, J. (2020). Analisis Pengelolaan Piutang Kepada Perusahaan Asuransi Komersial dan Perusahaan Rekanan Pada Rumah Sakit Baptis Batu.

Raymanel, F. (2012). Analisis Manajemen Piutang Pasien Rawat Inap Jaminan Asuransi di Rumah Sakit XYZ Tahun 2012. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia.

Risna. (2017). Analisis Kinerja Keuangan Pada Rumah Sakit Dr. Tadjuddin, MPH Makassar. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sidabutar, R. K. (2019). Analisa Piutang Rawat Inap Pasien BPJS pada Rumah Sakit Panti Rini Yogyakarta.

Supriyadi, S. G., & Asnawi. (2019). Analisis Manajemen Piutang Pasien Rawat Inap Jaminan Asuransi Di Rumah Sakit Kabupaten Kediri Tahun 2017.

Sutrisno. (2013). Manajemen Keuangan. Ekonisia.

Wahyuni, Musa, C. I., & Akbar, A. (2017). Analisis Perputaran Piutang Pada Pasien Rawat Inap Pengguna BPJS Kesehatan Di RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar. Jurnal Economix, 6.

Wahyuningtyas, E. T., Khusnah, H., & Harianto, M. (2019). The Analysis of Receivable Management of Outpatient and Inpatient towards Non BPJS Insurance Guarantee Patient at ABC Hospital. 1–9.

Wijayanti, I. S., Rahayu, S., & Rachmad. (2017). Analisis Pengelolaan Piutang Pasien BPJS Dalam Rangka Mengoptimalkan Kinerja Keuwangan Di Direktorat Keuangan RSAB Harapan Kita Jakarta. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 1(1).

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Ifa, G. A., Fitriyah, N., & Kartikasari, N. (2023). ANALISIS PENGELOLAAN PIUTANG JASA PELAYANAN BPJS DALAM RANGKA MENGOPTIMALKAN KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT CAHAYA MEDIKA PRAYA). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(3), 12–25. https://doi.org/10.29303/risma.v3i3.734