PERAN AUDIT MANAJEMEN DALAM MENILAI FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA BAGIAN KEUANGAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PRAYA

Authors

  • Febyy Rahayu Universitas Mataram
  • Rr Sri Pancawati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v3i3.866

Keywords:

audit, manajemen, sumber daya manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran audit manajemen dalam menilai keefektifan program dan aktivitas pengelolaan sumber daya manusia bagian keuangan RSUD Praya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Rumah Sakit Umum Daerah Praya. Objek penelitian ini adalah sumber daya manusia bagian keuangan RSUD Praya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan sumber daya manusia pada RSUD Praya belum efektif. RSUD Praya sebaiknya lebih teliti dalam mengidentifikasi kebutuhan SDM dan lebih cermat dalam mengelola SDM yang ada ; (2) Rekrutmen, seleksi dan penempatan SDM RSU Permata sudah efektif; (3) Pelatihan dan pengembangan SDM belum efektif. Sebaiknya RSUD Praya lebih sering memberikan pelatihan kepada pegawai demi pengembangan kemampuan dan skil pegawai; (4) Penilaian kinerja karyawan sudah efektif.; (5) Pemberian kompensasi belum berjalan efektif. RSUD Praya harus lebih memperhatikan keselamatan dan kesejahteraan pegawai; (6) Pemutusan hubungan kerja telah berjalan secara efektif.

References

Agoes, S. (2004). Auditing(Pemeriksaan Akuntan) oleh Kantor Akuntan Publik (3rd ed.). Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

ALIEN, F. U. (2014). AUDIT MANAJEMEN ATAS FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA PADA RSU PERMATA BLORA.

Arens, A. A. dan L. J. K. (2003). Auditing Suatu Pendekatan Terpadu (Buku Satu).

Astuti, S. (2018). PERAN AUDIT MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA KARYAWAN INSTALASI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT (Studi Kasus pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soedirman Kebumen). In Jurnal Fokus Bisnis (Vol. 17, Issue 01).

Ayu, G., Mitha, P., & Dewi, S. (2016). AUDIT MANAJEMEN UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA PADA PERUSAHAAN PT. THE PULAU ASIA GROUP Oleh.

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusi. Erlangga.

Bayangkara, I. (2008). Audit Manajemen Prosedur dan Implementasi. Salemba Empat.

Bayangkara, I. (2011). Audit Manajemen, Prosedur dan Implementasi. Salemba Empat.

Gomez-Mejia, L. R. D. B. B. dan R. L. C. (2001). Managing Human Resources. New Jersey.

Hardjanto, I. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Universitas Brawijaya.

Hasibuan, M. S. P. (2007). Audit Manajemen atas Fungsi Sumber Daya Manusia (Revisi). Bumi Aksara.

Rivai, V. (2004). Kepemimpinana dan Perilaku Organisasi (Dua). PT. Raja Grafindo Persada.

Rohmaningrum, A. (2013). Audit Manajemen Untuk Menilai Efektivitas Fungsi Sumber Daya Manusia ( Studi Kasus pada PT X ).

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif dan R & D. Cv. Alfa Beta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-11-09

How to Cite

Rahayu, F., & Pancawati, R. S. . (2023). PERAN AUDIT MANAJEMEN DALAM MENILAI FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA BAGIAN KEUANGAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PRAYA. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(3), 83–92. https://doi.org/10.29303/risma.v3i3.866