DETERMINAN PENERIMAAN ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH (STUDI KASUS PADA BAZNAS KOTA MATARAM DAN BAZNAS PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT)

Authors

  • Arif Rahmansyah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/risma.v1i3.95

Keywords:

kualitas informasi akuntansi, akuntabilitas, transparansi, kualitas pelayanan, sosialisasi, sumber daya manusia, penerimaan zakat, infak dan sedekah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan penerimaan zakat, infak dan sedekah. Faktor-faktor ynag digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitas informasi akuntansi, akuntabilitas, transparansi, kualitas pelayanan, sosialisasi dan sumber daya manusia. Populasi yang digunakan adalah muzakki pada Baznas kota Mataram dan Baznas Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan formula Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 99 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari data kuesioner yang diukur menggunakan skala likert.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kualitas informasi akuntansi berpengaruh terhadap penerimaan zakat, infak dan sedekah pada Baznas kota Mataram dan Baznas Provinsi NTB. (2) Akuntabilitas tidak berpengaruh terhadap penerimaan zakat, infak dan sedekah pada Baznas kota Mataram dan Baznas Provinsi NTB. (3)Transparansi berpengaruh terhadap penerimaan zakat, infak dan sedekah pada Baznas kota Mataram dan Baznas Provinsi NTB. (4) Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap penerimaan zakat, infak dan sedekah pada Baznas kota Mataram dan Baznas Provinsi NTB. Sosialisasi berpengaruh terhadap penerimaan zakat, infak dan sedekah pada Baznas kota Mataram dan Baznas Provinsi NTB. Dan (6) Sumber daya manusia berpengaruh terhadap penerimaan zakat, infak dan sedekah pada Baznas kota Mataram dan Baznas Provinsi NTB.

References

Bastian, Indra. (2010). Akuntansi Sektor Publik Suatu Pengantar. Jakarta: Penerbit Erlangga. Faiqoh, Siti. (2017). Metode pengumpulan zakat di Rumah Zakat Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis. Semarang: UIN Walisongo.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Hamidi, N., dan Suwardi, E. (2013). Analisis akuntabilitas publik organisasi pengelola zakat berdasarkan aspek pengendalian intern dan budaya organisasi. survey pada organisasi pengelola zakat di Indonesia. Ekbisi, Vol VIII No. 1. 13-34.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2007).Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah. Jakarta: IAI.

Jannah, Shofuro Zahrotul. (2016). Pengaruh Pengetahuan, Penghasilan, Manfaat Atas NPWP, Sanksi, dan Sosialisasi Terhadap Kepatuhan Pemilik UMKM dalam Memiliki NPWP (Studi Di KPP Pratama Surakarta). Skripsi. Jurusan Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Mardiasmo. (2002). Akuntansi sektor publik. Yogyakarta: CV Andi.

Marjuni, Sukmawati. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Makassar: CV Sah Media Medina, C and Rufín, R. (2015). Transparency Policy and Students’ Satisfaction and Trust. Transforming Government: People, Process and Policy Vol. 9 No. 3, 2015 pp. 309-323

Natali, Diah Ayu. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi Akuntansi, Akuntabilitas Dan Transparansi Pelaporan Keuangan Terhadap Penerimaan Dana Zakat, Infak Dan Sedekah. Skripsi. Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Nikmatuniayah, Marliyati, dan Mardiana, L. (2017). Effects of accounting information quality, accountability,and transparency on zakat acceptance. MIMBAR. Vol 33 (1). 62-73.

Novianti, Sela. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi Akuntansi, Akuntabilitas,Transparansi Pelaporan Keuangan dan Aksesibilitas terhadap Tingkat Penerimaan Dana Zakat Pada Baznas Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Suska RIAU.

Nurhayati, N., Lestira., M. O., dan Fadilah. S. (2016). The influence of accounting information quality, accountability and transparency of financial reporting on the level of zakat revenue. International Journal in Management and Social Science. Vol 4 (4). 223-232.

Prawiranata, Halim. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Gojek Di Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Samsudin, Salidi. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Pustaka Setia.

Silalahi, Sixvana., Musadieq, Mochammad Al., dan Nurtjahjono, Gunawan Eko. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak Dan Penerimaan Pajak. Jurnal Perpajakan (JEJAK) Vol 1 (1).

Sumenge, Alicia. (2011). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bank Rakyat Indonesia Wilayah Manado. Tugas Akhir Program Magister Manajemen Universitas Sam Ratulangi. UU No 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat

Wijayanto, Guntur Jati. (2016). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Dan Pemahaman Prosedur Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Memenuhi Kewajiban Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) Di Kota Magelang Tahun 2015. [Skripsi]. Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Yuliana. (2004). Pengaruh Sikap pada Pindah Kerja, Norma Subjektif, Perceived Behavioral Control pada Intensi Pindah Kerja pada Pekerja Teknologi Informasi. Phronesis: Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan.Vol 6. Hal 1-18.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Arif Rahmansyah. (2021). DETERMINAN PENERIMAAN ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH (STUDI KASUS PADA BAZNAS KOTA MATARAM DAN BAZNAS PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 1(3), 39–56. https://doi.org/10.29303/risma.v1i3.95