PELATIHAN MANAJEMEN BIAYA, KOMUNIKASI, DAN MANAJEMEN KARYAWAN DI MR. SUMO, PENJARINGAN SARI, SURABAYA

Authors

  • Wendra Hartono Universitas Ciputra Surabaya
  • Adi Kurniawan Yusup Universitas Ciputra Surabaya
  • Anastasia Filiana Ismawati Universitas Ciputra Surabaya
  • Teresa Samantha Satyanegara Universitas Ciputra Surabaya
  • Ann Maritza Wattimena Universitas Ciputra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1015

Keywords:

Keterampilan non teknis, SDM, manajemen keuangan

Abstract

Mr. Sumo merupakan sebuah restoran berkonsep “all you can eat” yang menyajikan hidangan khas Asia dengan variasi menu yang beragam. Mr. Sumo mempekerjakan kurang lebih 100 karyawan, di mana sebagian besar memiliki latar belakang pendidikan tamatan SMA dan SMK. Pemaparan dan pengetahuan akan manajemen kerja dan semangat entrepreneurship mindset masih kurang, sehingga pihak manajemen memerlukan pelatihan bagi karyawan dan staf dalam upaya mencapai visi dan misi utama perusahaan. Pelatihan tentang manajemen kerja, seperti cost control, cost saving, cost management, dan manajemen efektivitas sangatlah dibutuhkan di perusahaan ini. Adapun urgensi dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini, yaitu masih sering terjadi kesalahpahaman antara karyawan satu dengan yang lain. Dengan demikian, pengabdian masyarakat dilaksanakan untuk melakukan pembekalan ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang manajemen kerja kepada karyawan dan staf sehingga dapat mengajarkan strategi untuk mengelola biaya secara tepat dan efisien dalam berbagai aspek bisnis restoran, serta mengoptimalkan produktivitas karyawan. Selain itu, pelatihan soft skill juga dilakukan kepada karyawan dan staf dengan cara meningkatkan keterampilan berkomunikasi dengan pelanggan agar dapat mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi mereka dengan lebih baik.

References

Aini, H. 2022. Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produks untuk Para Pelaku UMKM di Kecamatan Baturaja Timur Oku. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (ABDIMAS) Universitas Baturaja.https://journal.unbara.ac.id/index.php/abdimu/article/view/1402/866

Al-Mohammad, S., Akroush, M., & Odetallah, A. 2014. Marketing culture and business performance. Marketing Intelligence & Planning, 32(7), 794-822. https://doi.org/10.1108/mip-08-2013-0127

Arya, N. and Kashyap, S. 2019. An analysis of the factors affecting the functioning of the community radio stations: a review paper. International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences, 8(03), 705-716. https://doi.org/10.20546/ijcmas.2019.803.087

Hartono, W. 2020. Pelatihan Design Thinking pada Siswa-Siswi SMAK Frateran Surabaya. ASAWIKA: Media Sosialisasi Abdimas Widya Karya, 5(2). https://asawika.journalwidyakarya.ac.id/index.php/asawika/article/view/39

Haryani, C. A., Chan, F., Widjaja, A. E., Hery, Prasetya, K., & Aribowo, A. 2023. Pengembangan, Penyerahan, dan Pelatihan Sistem Informasi Restoran Berbasis Web untuk Restoran Tachia Jakarta. GIAT : Teknologi Untuk Masyarakat, 2(1), 13–25. https://doi.org/10.24002/giat.v2i1.7192

Henuk, Y. G., Anggana, G. A., & Kristanti, M. 2021. MEAL EXPERIENCE DI RESTORAN ALL YOU CAN EAT SURABAYA DI ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELI. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 9(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/11504

Ichsan, R. N., & Nasution, L. 2021. Sosialisasi Pelatihan Disiplin Kerja Karyawan Restoran Kenanga Garden Medan. PKM Maju UDA, 1(3), 127. https://doi.org/10.46930/pkmmajuuda.v1i3.885

Immanuel, D. and Padmalia, M. 2016. Identifikasi peranan orang tua wirausaha dalam pembentukan karakter entrepreneurial spirit dan keberlangsungan business project mahasiswa universitas ciputra. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(2), 263. https://doi.org/10.24914/jeb.v19i2.557

Komara, E. and Adiraharja, M. 2020. Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran kewirausahaan di smk negeri 10 kota bandung. Mimbar Pendidikan, 5(2), 117-130. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i2.28870

Masa’deh, R., Alananzeh, O., Jawabreh, O., Alhalabi, R., Syam, H., & Keswani, F. 2019. The association among employees' communication skills, image formation and tourist behaviour: perceptions of hospitality management students in jordan. International Journal of Culture Tourism and Hospitality Research, 13(3), 257-272. https://doi.org/10.1108/ijcthr-02-2018-0028

Sari, S., D., S., R. 2020. Pelatihan Komunikasi Efektif untuk Service Excellence. BERDAYA, 2(3), 133–140. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i3.274

Yang, L., Liu, B., & Liu, J. 2021. Research and development talents training in china universities—based on the consideration of education management cost planning. Sustainability, 13(17), 9583. https://doi.org/10.3390/su13179583

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Hartono, W., Yusup, A. K., Ismawati, A. F., Satyanegara, T. S., & Wattimena, A. M. (2024). PELATIHAN MANAJEMEN BIAYA, KOMUNIKASI, DAN MANAJEMEN KARYAWAN DI MR. SUMO, PENJARINGAN SARI, SURABAYA. Jurnal Abdimas Sangkabira, 4(2), 355–365. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1015