PELATIHAN MANAJEMEN BIAYA, KOMUNIKASI, DAN MANAJEMEN KARYAWAN DI MR. SUMO, PENJARINGAN SARI, SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1015Kata Kunci:
Keterampilan non teknis, SDM, manajemen keuanganAbstrak
Mr. Sumo merupakan sebuah restoran berkonsep “all you can eat” yang menyajikan hidangan khas Asia dengan variasi menu yang beragam. Mr. Sumo mempekerjakan kurang lebih 100 karyawan, di mana sebagian besar memiliki latar belakang pendidikan tamatan SMA dan SMK. Pemaparan dan pengetahuan akan manajemen kerja dan semangat entrepreneurship mindset masih kurang, sehingga pihak manajemen memerlukan pelatihan bagi karyawan dan staf dalam upaya mencapai visi dan misi utama perusahaan. Pelatihan tentang manajemen kerja, seperti cost control, cost saving, cost management, dan manajemen efektivitas sangatlah dibutuhkan di perusahaan ini. Adapun urgensi dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini, yaitu masih sering terjadi kesalahpahaman antara karyawan satu dengan yang lain. Dengan demikian, pengabdian masyarakat dilaksanakan untuk melakukan pembekalan ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang manajemen kerja kepada karyawan dan staf sehingga dapat mengajarkan strategi untuk mengelola biaya secara tepat dan efisien dalam berbagai aspek bisnis restoran, serta mengoptimalkan produktivitas karyawan. Selain itu, pelatihan soft skill juga dilakukan kepada karyawan dan staf dengan cara meningkatkan keterampilan berkomunikasi dengan pelanggan agar dapat mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi mereka dengan lebih baik.
Referensi
Aini, H. 2022. Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produks untuk Para Pelaku UMKM di Kecamatan Baturaja Timur Oku. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (ABDIMAS) Universitas Baturaja.https://journal.unbara.ac.id/index.php/abdimu/article/view/1402/866
Al-Mohammad, S., Akroush, M., & Odetallah, A. 2014. Marketing culture and business performance. Marketing Intelligence & Planning, 32(7), 794-822. https://doi.org/10.1108/mip-08-2013-0127
Arya, N. and Kashyap, S. 2019. An analysis of the factors affecting the functioning of the community radio stations: a review paper. International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences, 8(03), 705-716. https://doi.org/10.20546/ijcmas.2019.803.087
Hartono, W. 2020. Pelatihan Design Thinking pada Siswa-Siswi SMAK Frateran Surabaya. ASAWIKA: Media Sosialisasi Abdimas Widya Karya, 5(2). https://asawika.journalwidyakarya.ac.id/index.php/asawika/article/view/39
Haryani, C. A., Chan, F., Widjaja, A. E., Hery, Prasetya, K., & Aribowo, A. 2023. Pengembangan, Penyerahan, dan Pelatihan Sistem Informasi Restoran Berbasis Web untuk Restoran Tachia Jakarta. GIAT : Teknologi Untuk Masyarakat, 2(1), 13–25. https://doi.org/10.24002/giat.v2i1.7192
Henuk, Y. G., Anggana, G. A., & Kristanti, M. 2021. MEAL EXPERIENCE DI RESTORAN ALL YOU CAN EAT SURABAYA DI ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELI. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 9(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/11504
Ichsan, R. N., & Nasution, L. 2021. Sosialisasi Pelatihan Disiplin Kerja Karyawan Restoran Kenanga Garden Medan. PKM Maju UDA, 1(3), 127. https://doi.org/10.46930/pkmmajuuda.v1i3.885
Immanuel, D. and Padmalia, M. 2016. Identifikasi peranan orang tua wirausaha dalam pembentukan karakter entrepreneurial spirit dan keberlangsungan business project mahasiswa universitas ciputra. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(2), 263. https://doi.org/10.24914/jeb.v19i2.557
Komara, E. and Adiraharja, M. 2020. Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran kewirausahaan di smk negeri 10 kota bandung. Mimbar Pendidikan, 5(2), 117-130. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i2.28870
Masa’deh, R., Alananzeh, O., Jawabreh, O., Alhalabi, R., Syam, H., & Keswani, F. 2019. The association among employees' communication skills, image formation and tourist behaviour: perceptions of hospitality management students in jordan. International Journal of Culture Tourism and Hospitality Research, 13(3), 257-272. https://doi.org/10.1108/ijcthr-02-2018-0028
Sari, S., D., S., R. 2020. Pelatihan Komunikasi Efektif untuk Service Excellence. BERDAYA, 2(3), 133–140. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i3.274
Yang, L., Liu, B., & Liu, J. 2021. Research and development talents training in china universities—based on the consideration of education management cost planning. Sustainability, 13(17), 9583. https://doi.org/10.3390/su13179583
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Abdimas Sangkabira
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.