PELATIHAN E-COMMERCE GUNA PENGEMBANGAN PRODUK KULINER LOKAL PADA KOMUNITAS UKM TIKIT QURRATA A’YUN KOTA CIMAHI

Authors

  • Ira Murwenie Universitas Garut
  • Erik Kartiko Universitas Garut
  • Alam Avrianto Universitas Garut
  • Irfan Rizki Gumilar Universitas Garut
  • Kurnaeli Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i1.1249

Keywords:

e-commerce, creative economy, local culinary, community, SMEs

Abstract

Berdasarkan hasil tinjauan lapangan diketahui bahwa salah satu penyebab rendahnya tingkat pengembangan produk UKM di Kota Cimahi adalah karena kurangnya pemahaman para pelaku usaha terhadap penggunaan media digital sebagai sarana promosi dan pengembangan produk. Jika dikaitkan dengan program pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, maka kegiatan usaha kuliner lokal yang dilakukan oleh Komunitas UKM TIKIT Qurrata A’yun, Kecamatan Padasuka – Kota Cimahi, sebagian besar masih dilakukan secara sederhana (word to mouth) dan belum dikemas dengan merek produk memadai sehingga layak untuk dipasarkan secara online. Berdasarkan kondisi ini maka pelaksanaan kegiatan PKM dalam memberikan pelatihan e-commerce pada Komunitas UKM TIKIT Qurrata A’yun dianggap sangat penting dalam tujuannya untuk dapat dipasarkan secara luas dan mendorong pengembangan  produk-produk kuliner lokal hasil produksi para anggota komunitas. Hasil pelatihan ini, secara singkat dapat dikatakan berhasil memberikan dampak yang signifikan terlihat dari peningkatan pemahaman peserta pelatihan yang naik 50% dari yang awalnya tidak paham tentang e-commerce menjadi lebih paham.

References

Adisty, N. (2022, November 5). GoodStats. Retrieved from Artikel: https://goodstats.id/article/mengulik-perkembangan-penggunaan-smartphone-diindonesia_sT2LA#:~:text=Kementerian%20Komunikasi%20dan%20Informatika%20menyatakan,persen%20dari%20total%20penduduk%20Indonesia.

Arrasy, A., Swestiana, A., Rizky, A., Fitri, C., & Aqmarina, L. (2024). OUTLOOK PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF 2023/2024. In Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia

BPS. (n.d.). Badan Pusat Statistik Kota Cimahi. Retrieved from Kependudukan: https://cimahikota.bps.go.id/indicator/12/71/1/penduduk-kelompok-umur.html

Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2014). Business Research Methods. In Business Research Methods.

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil. (2023). Open Data Jabar. Retrieved from Ekonomi: https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/proyeksi-jumlah-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-berdasarkan-kabupatenkota-di-jawa-barat

Imran, H. A. (2014). Pengantar Filsafat Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.

Kannan, P. K., & Li, H. A. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing, 1-82.

Leung, K. H., Lee, C. K., & Choy, K. L. (2020). An integrated online pick-to-sort order batching approach for managing frequent arrivals of B2B e-commerce orders under both fixed and variable time-window batching. Advanced Engineering Informatics Vol 45, 101125.

Mo, Z., Li, Y.-F., & Fan, P. (2015). Effect of Online Reviews on Consumer Purchase Behavior. Journal of Service Science and Management Volume 8, Issue 3, 419-424.

Prubo, O. W., & Wahyudi, A. A. (2001). Mengenal E-commerce. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Shelly, G. B., Cashman, T. J., & Vermaat, M. E. (2007). Discovering Computers: Menjelajah Dunia Komputer Ffundamental Edisi 3. Jakarta: Salemba Infotek

Downloads

Published

2024-11-08

How to Cite

Murwenie, I., Kartiko, E., Avrianto, A., Gumilar, I. R., & Kurnaeli, K. (2024). PELATIHAN E-COMMERCE GUNA PENGEMBANGAN PRODUK KULINER LOKAL PADA KOMUNITAS UKM TIKIT QURRATA A’YUN KOTA CIMAHI. Jurnal Abdimas Sangkabira, 5(1), 126–138. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i1.1249