PELATIHAN E-COMMERCE GUNA PENGEMBANGAN PRODUK KULINER LOKAL PADA KOMUNITAS UKM TIKIT QURRATA A’YUN KOTA CIMAHI
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i1.1249Kata Kunci:
e-commerce, creative economy, local culinary, community, SMEsAbstrak
Berdasarkan hasil tinjauan lapangan diketahui bahwa salah satu penyebab rendahnya tingkat pengembangan produk UKM di Kota Cimahi adalah karena kurangnya pemahaman para pelaku usaha terhadap penggunaan media digital sebagai sarana promosi dan pengembangan produk. Jika dikaitkan dengan program pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, maka kegiatan usaha kuliner lokal yang dilakukan oleh Komunitas UKM TIKIT Qurrata A’yun, Kecamatan Padasuka – Kota Cimahi, sebagian besar masih dilakukan secara sederhana (word to mouth) dan belum dikemas dengan merek produk memadai sehingga layak untuk dipasarkan secara online. Berdasarkan kondisi ini maka pelaksanaan kegiatan PKM dalam memberikan pelatihan e-commerce pada Komunitas UKM TIKIT Qurrata A’yun dianggap sangat penting dalam tujuannya untuk dapat dipasarkan secara luas dan mendorong pengembangan produk-produk kuliner lokal hasil produksi para anggota komunitas. Hasil pelatihan ini, secara singkat dapat dikatakan berhasil memberikan dampak yang signifikan terlihat dari peningkatan pemahaman peserta pelatihan yang naik 50% dari yang awalnya tidak paham tentang e-commerce menjadi lebih paham.
Referensi
Adisty, N. (2022, November 5). GoodStats. Retrieved from Artikel: https://goodstats.id/article/mengulik-perkembangan-penggunaan-smartphone-diindonesia_sT2LA#:~:text=Kementerian%20Komunikasi%20dan%20Informatika%20menyatakan,persen%20dari%20total%20penduduk%20Indonesia.
Arrasy, A., Swestiana, A., Rizky, A., Fitri, C., & Aqmarina, L. (2024). OUTLOOK PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF 2023/2024. In Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia
BPS. (n.d.). Badan Pusat Statistik Kota Cimahi. Retrieved from Kependudukan: https://cimahikota.bps.go.id/indicator/12/71/1/penduduk-kelompok-umur.html
Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2014). Business Research Methods. In Business Research Methods.
Dinas Koperasi dan Usaha Kecil. (2023). Open Data Jabar. Retrieved from Ekonomi: https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/proyeksi-jumlah-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-berdasarkan-kabupatenkota-di-jawa-barat
Imran, H. A. (2014). Pengantar Filsafat Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.
Kannan, P. K., & Li, H. A. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing, 1-82.
Leung, K. H., Lee, C. K., & Choy, K. L. (2020). An integrated online pick-to-sort order batching approach for managing frequent arrivals of B2B e-commerce orders under both fixed and variable time-window batching. Advanced Engineering Informatics Vol 45, 101125.
Mo, Z., Li, Y.-F., & Fan, P. (2015). Effect of Online Reviews on Consumer Purchase Behavior. Journal of Service Science and Management Volume 8, Issue 3, 419-424.
Prubo, O. W., & Wahyudi, A. A. (2001). Mengenal E-commerce. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Shelly, G. B., Cashman, T. J., & Vermaat, M. E. (2007). Discovering Computers: Menjelajah Dunia Komputer Ffundamental Edisi 3. Jakarta: Salemba Infotek
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Abdimas Sangkabira
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.