PENGENALAN APLIKASI ODOO KEPADA GURU-GURU EKONOMI DAN AKUNTANSI SMP DAN SMA KRISTEN PETRA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1658Keywords:
ODOO, Technology Acceptance Model, Guru Ekonomi Akuntansi, ERPAbstract
Penguasaan teknologi informasi merupakan salah satu kompetensi yang dibutuhkan untuk menciptakan guru profesional. Dalam upaya peningkatan kompetensi profesional guru, program studi akuntansi Universitas Kristen Petra mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat kepada guru SMP dan SMA Kristen Petra Surabaya, khususnya mata pelajaran ilmu ekonomi dan Akuntansi, dengan tema pengenalan aplikasi ERP. Kegiatan Abdimas ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan teknologi informasi dan komunikasi melalui salah satu perangkat lunak ERP open-source yang sering digunakan yaitu ODOO. Analisis keberhasilan penerimaan teknologi menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dengan tiga konstruk yaitu persepsi kemudahan (perceived ease of use), persepsi kemanfaatan (perceived usefulness) dan niat menggunakan (intention to use). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang didistribusikan kepada seluruh peserta pelatihan guru dengan total responden sebanyak 20 peserta. Hasil statistik deskriptif sebelum dan setelah pelatihan guru menunjukkan tingkat persetujuan yang tinggi terhadap perceived ease of use. Meskipun tingkat persetujuan terhadap perceived usefulness teknologi informasi sebelum dan setelah pelatihan menunjukkan selisih yang moderat. Sehingga ada potensi untuk meningkatkan kegunaan yang dirasakan agar lebih tinggi. Hasil tersebut menandakan niat kuat para guru untuk menggunakan teknologi informasi secara berkelanjutan dan terus menurus. Dengan demikian hasil pengabdian masyarakat berupa pelatihan pengenalan teknologi informasi berbasis ERP menggunakan aplikasi ODOO diterima baik dan berhasil menunjukkan adanya penerimaan penggunaan teknologi informasi bagi para guru.
References
Ariffin, S. K., Rahman, M. F. R. A., Muhammad, A. M., & Zhang, Q. (2021). Understanding the consumer's intention to use the e-wallet services. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 25(3), 446–461. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/SJME-07-2021-0138
Ata, R., & Alpaslan, M. M. (2024). The role of digital literacy, epistemological belief and reading motivation and engagement in teaching 21st century skills. The International Journal of Information and Learning Technology, 41(3), 304–317. https://doi.org/10.1108/IJILT-08-2023-0142
Bassiouni, D. H., Hackley, C., & Meshreki, H. (2019). The integration of video games in family-life dynamics an adapted Technology Acceptance Model of family intention to consume video games. Information Technology & People, 32(6), 1376–1396. https://doi.org/10.1108/ITP-11-2017-0375
Belhi, A., Gasmi, H., Bouras, A., Aouni, B., & Khalil, I. (2021). Integration of Business Applications with Blockchain: Odoo and Hyperledger Fabric Open Source Proof of Concept. IFAC-PapersOnLine, 54(1), 817–824. https://doi.org/10.1016/j.ifacol.2021.08.185
Florenthal, B. (2019). Young consumers' motivational drivers of brand engagement behavior on social media sites: A synthesized U&G and TAM framework. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(3), 351–391. https://doi.org/10.1108/JRIM-05-2018-0064
Kabir, M. R. (2021). Behavioural intention to adopt blockchain for a transparent and effective taxing system. Journal of Global Operations and Strategic Sourcing, 14(1), 170–201. https://doi.org/10.1108/JGOSS-08-2020-0050
Listiaji, P., & Subhan, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Literasi Digital Pada Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Calon Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 107–116. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1948
Oentoro, W. (2021). Mobile payment adoption process: a serial of multiple mediation and moderation analysis. The Bottom Line, 34(3/4), 225–244. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/BL-09-2020-0059
Ozdamli, F., & Ozdal, H. (2015). Life-long Learning Competence Perceptions of Teachers and Abilities in Using Information-Communication Technologies. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 182, 718–725. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.819
Pradana, D. A., Degeng, I. N. S., Kuswandi, D., & Degeng, M. D. K. (2024). Self-efficacy of preservice teachers in technology-based learning in diverse classrooms: a case study at an Indonesian private university. Journal of Applied Research in Higher Education. https://doi.org/10.1108/JARHE-06-2023-0236
Rifat, A., Nisha, N., & Iqbal, M. (2019). Predicting e-Tax Service Adoption: Integrating Perceived Risk, Service Quality and TAM. Journal of Electronic Commerce in Organizations, 17(3), 71–100. https://doi.org/10.4018/JECO.2019070105
Wibisono, S. (2005). Enterprise Resource Planning (ERP) Solusi Sistem Terintegrasi. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik, X(3), 150–159
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Sangkabira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.