PENGENALAN APLIKASI ODOO KEPADA GURU-GURU EKONOMI DAN AKUNTANSI SMP DAN SMA KRISTEN PETRA SURABAYA

Penulis

  • Saarce Elsye Hatane Petra Christian University
  • Yenni Mangoting Petra Christian University
  • Devie Devie Petra Christian University

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1658

Kata Kunci:

ODOO, Technology Acceptance Model, Guru Ekonomi Akuntansi, ERP

Abstrak

Penguasaan teknologi informasi merupakan salah satu kompetensi yang dibutuhkan untuk menciptakan guru profesional. Dalam upaya peningkatan kompetensi profesional guru, program studi akuntansi Universitas Kristen Petra mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat kepada guru SMP dan SMA Kristen Petra Surabaya, khususnya mata pelajaran ilmu ekonomi dan Akuntansi, dengan tema pengenalan aplikasi ERP. Kegiatan Abdimas ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan teknologi informasi dan komunikasi melalui salah satu perangkat lunak ERP open-source yang sering digunakan yaitu ODOO. Analisis keberhasilan penerimaan teknologi menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dengan tiga konstruk yaitu persepsi kemudahan (perceived ease of use), persepsi kemanfaatan (perceived usefulness) dan niat menggunakan (intention to use). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang didistribusikan kepada seluruh peserta pelatihan guru dengan total responden sebanyak 20 peserta. Hasil statistik deskriptif sebelum dan setelah pelatihan guru menunjukkan tingkat persetujuan yang tinggi terhadap perceived ease of use. Meskipun tingkat persetujuan terhadap perceived usefulness teknologi informasi sebelum dan setelah pelatihan menunjukkan selisih yang moderat. Sehingga ada potensi untuk meningkatkan kegunaan yang dirasakan agar lebih tinggi. Hasil tersebut menandakan niat kuat para guru untuk menggunakan teknologi informasi secara berkelanjutan dan terus menurus. Dengan demikian hasil pengabdian masyarakat berupa pelatihan pengenalan teknologi informasi berbasis ERP menggunakan aplikasi ODOO diterima baik dan berhasil menunjukkan adanya penerimaan penggunaan teknologi informasi bagi para guru.

Referensi

Ariffin, S. K., Rahman, M. F. R. A., Muhammad, A. M., & Zhang, Q. (2021). Understanding the consumer's intention to use the e-wallet services. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 25(3), 446–461. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/SJME-07-2021-0138

Ata, R., & Alpaslan, M. M. (2024). The role of digital literacy, epistemological belief and reading motivation and engagement in teaching 21st century skills. The International Journal of Information and Learning Technology, 41(3), 304–317. https://doi.org/10.1108/IJILT-08-2023-0142

Bassiouni, D. H., Hackley, C., & Meshreki, H. (2019). The integration of video games in family-life dynamics an adapted Technology Acceptance Model of family intention to consume video games. Information Technology & People, 32(6), 1376–1396. https://doi.org/10.1108/ITP-11-2017-0375

Belhi, A., Gasmi, H., Bouras, A., Aouni, B., & Khalil, I. (2021). Integration of Business Applications with Blockchain: Odoo and Hyperledger Fabric Open Source Proof of Concept. IFAC-PapersOnLine, 54(1), 817–824. https://doi.org/10.1016/j.ifacol.2021.08.185

Florenthal, B. (2019). Young consumers' motivational drivers of brand engagement behavior on social media sites: A synthesized U&G and TAM framework. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(3), 351–391. https://doi.org/10.1108/JRIM-05-2018-0064

Kabir, M. R. (2021). Behavioural intention to adopt blockchain for a transparent and effective taxing system. Journal of Global Operations and Strategic Sourcing, 14(1), 170–201. https://doi.org/10.1108/JGOSS-08-2020-0050

Listiaji, P., & Subhan, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Literasi Digital Pada Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Calon Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 107–116. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1948

Oentoro, W. (2021). Mobile payment adoption process: a serial of multiple mediation and moderation analysis. The Bottom Line, 34(3/4), 225–244. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/BL-09-2020-0059

Ozdamli, F., & Ozdal, H. (2015). Life-long Learning Competence Perceptions of Teachers and Abilities in Using Information-Communication Technologies. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 182, 718–725. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.819

Pradana, D. A., Degeng, I. N. S., Kuswandi, D., & Degeng, M. D. K. (2024). Self-efficacy of preservice teachers in technology-based learning in diverse classrooms: a case study at an Indonesian private university. Journal of Applied Research in Higher Education. https://doi.org/10.1108/JARHE-06-2023-0236

Rifat, A., Nisha, N., & Iqbal, M. (2019). Predicting e-Tax Service Adoption: Integrating Perceived Risk, Service Quality and TAM. Journal of Electronic Commerce in Organizations, 17(3), 71–100. https://doi.org/10.4018/JECO.2019070105

Wibisono, S. (2005). Enterprise Resource Planning (ERP) Solusi Sistem Terintegrasi. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik, X(3), 150–159

Diterbitkan

2025-05-13

Cara Mengutip

Hatane, S. E., Mangoting, Y., & Devie, D. (2025). PENGENALAN APLIKASI ODOO KEPADA GURU-GURU EKONOMI DAN AKUNTANSI SMP DAN SMA KRISTEN PETRA SURABAYA. Jurnal Abdimas Sangkabira, 5(2), 299–310. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i2.1658