PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLA DESA WISATA TETEBATU MELALUI PELATIHAN COPYWRITING SARANA PROMOSI
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v6i1.2510Keywords:
tetebatu, copywriting, pelatihan, leaflet, pariwisataAbstract
Desa Wisata Tetebatu memiliki potensi alam yang sangat besar untuk pengembangan pariwisata, terbukti dengan beberapa kali terpilih sebagai perwakilan dalam kompetisi desa wisata baik di tingkat nasional maupun internasional. Namun demikian, pengelolaan pemasaran pariwisata di Tetebatu masih belum optimal. Salah satu kendala utama adalah kesulitan dalam melakukan promosi yang efektif kepada wisatawan, yang disebabkan oleh keterbatasan media promosi yang menarik dan informatif. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan kapasitas pengelola desa dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif, khususnya melalui pembuatan konten promosi berbasis copywriting untuk media sosial serta penyediaan media promosi cetak. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan keterampilan copywriting kepada pengelola Desa Wisata Tetebatu guna mendukung produksi konten promosi di media sosial dan pengembangan leaflet promosi yang informatif, menarik, dan profesional. Metode pelaksanaan meliputi penyampaian teori mengenai konsep dasar copywriting, teknik penulisan promosi, serta prinsip komunikasi visual. Kegiatan ini dilakukan di aula kegiatan wisata yang diikuti oleh pengelola usaha wisata, kepala Desa Tetebatu, Kepala Desa Jeruk Manis dan pemandu lokal dengan total 15 orang. Setelah itu, peserta dilibatkan dalam sesi praktik langsung, mulai dari penyusunan konten, proses pengeditan, hingga pendampingan dalam perancangan desain leaflet atau majalah yang disesuaikan dengan identitas Desa Wisata Tetebatu. Hasil kegiatan ini adalah terbentuknya media promosi berupa leaflet yang disebar ke beberapa titik di kawasan wisata Tetebatu dan sekitarnya.
References
Akhtar, N., Khan, N., Mahroof Khan, M., Ashraf, S., Hashmi, M. S., Khan, M. M., & Hishan, S. S. (2021). Post-covid 19 tourism: Will digital tourism replace mass tourism? Sustainability (Switzerland), 13(10). https://doi.org/10.3390/su13105352
Amoako, G. K., Doe, J. K., & Neequaye, E. K. (2023). Online innovation and repurchase intentions in hotels: the mediating effect of customer experience. International Hospitality Review, 37(1), 28–47. https://doi.org/10.1108/ihr-02-2021-0008
Atmadi, G., & Sepang, N. R. (2018). Media Komunikasi dan Kebutuhan Informasi Pariwisata Indonesia. 2(2), 84–103.
Kim, M. (2023). Parasocial Interactions in Digital Tourism: Attributes of Live Streamers and Viewer Engagement Dynamics in South Korea. Behavioral Sciences, 13(11). https://doi.org/10.3390/bs13110953
Maulana, R., Maulana, M. S., Winnarto, M. N., Iqbal, M., Lailiah, B., Bina, U., Informatika, S., Laut, B. B., & Pontianak, K. (2022). Pelatihan menjadi talenta digital dengan copywriting. 2(1), 12–15.
Roziqin, A., Kurniawan, A. S., Hijri, Y. S., & Kismartini, K. (2023). Research trends of digital tourism: a bibliometric analysis. Tourism Critiques: Practice and Theory, 4(1), 28–47. https://doi.org/10.1108/trc-11-2022-0028
Susanto, B & Astutik, P. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung. Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, xx(x), 46–56.
Travel, T. W., Council, T., & Preko, A. (2022). How digital tourism leads to innovation: An examination of service value and technology-based services. Strategic Direction, 38(7), 21–23. https://doi.org/10.1108/SD-06-2022-0049
Yogantari, M. V., & Ariesta, I. G. B. B. B. (2021). Kajian Pengaruh Copywriting Kreatif Terhadap Identitas Brand Kedai Kopi Takeaway Di Denpasar. Jurnal Nawala Visual, 3(1), 8–16. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/nawalavisual
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas Sangkabira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.





