OPTIMASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DI SMP NEGERI 1 TERIAK

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v6i1.2661

Keywords:

Guru, Google Classroom, Literasi Digital, Pembelajaran Berbasis Teknologi

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru melalui penerapan Google Classroom  sebagai platform pembelajaran berbasis teknologi di SMP Negeri 1 Teriak, Kabupaten Bengkayang. Program dilaksanakan dalam beberapa tahapan, dimulai dari observasi dan analisis kebutuhan, pelaksanaan seminar/workshop atau In House Training (IHT), pendampingan implementasi, hingga dokumentasi hasil kegiatan. Pendekatan kegiatan dilakukan secara teoritis dan praktis dengan metode learning by doing, sehingga guru dapat langsung mempraktikkan cara membuat kelas digital, menambahkan siswa, membagikan materi, memberikan tugas, serta melakukan penilaian secara daring. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam mengoperasikan Google Classroom  dan meningkatnya kepercayaan diri mereka dalam memanfaatkan teknologi untuk kegiatan belajar mengajar. Guru juga menyatakan bahwa penggunaan Google Classroom  membantu meningkatkan efisiensi administrasi pembelajaran, mempercepat proses penilaian, serta mempererat interaksi antara guru dan siswa. Selain itu, kegiatan ini juga berkontribusi terhadap upaya transformasi digital di lingkungan sekolah pedesaan yang masih

References

Abdalla, A. A. M., ALjheme, E. D., & Abdulhadi, F. A. G. (2005). Effectiveness of Using Google Classroom as a Blended Learning with the Libyan EFL Learners at Sebha University. International Journal of English Language & Translation Studies, 09(02), 31–37.

Kalsum, U., Siahaan, S. M., & Syuhendri. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aumented Reality bagi Siswa Fisika dalam Proses Pembelajaran. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(5), 3690–3693.

Misesani, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1640–1652. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.4860

Muslem, A., Mustafa, F., Rahayu, R. R., & Eridafithri. (2024). The Preferred Use of Google Classroom Features for Online Learning in Indonesian EFL Classes. The Electronic Journal of E-Learning, 22(8), 76–92.

Rahim, F. R., Widodo, A., Suhandi, A., & Ha, M. (2023). Digital Competencies of Pre- Service Teachers in Indonesia : Are They Qualified for Digital Education? Indonesian Journal of Education Research and Review, 6(3), 540–552.

Sahputra, I., Fuadi, W., Sofyan, D. K., Muthmainnah, Maryana, & Zuraida. (2024).

Penerapan Teknologi Aplikasi Google Classroom untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa di Dayah Nurul Iman. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 3(1), 175–182.

Setyaningsih, W. D., & Hidayat, S. (2025). Analisis Penggunaan Aplikasi Google Classroom sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(3), 397–412.

Sholeh, M., Murtono, & Masfuah, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa. Jurnal Educatio, 7(1), 134–140. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.889

Tukino, Huda, B., Hananto, A., & Khaerudin, M. (2022). Pemanfaatan dan Pengembangan Google Classroom untuk Menunjang Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran. Abdimas: Sistem Dan Teknologi Informasi, 02(02), 1–8.

Zakaria, M. I. (2023). A Systematic Review of Google Classroom in Mathematics Education. International Journal of Academic Research in Progressive Education & Development, 12(1), 1706–1719.

Downloads

Published

2025-11-25

How to Cite

Gudiato, C., Yuliana, Y., & Saputro, T. V. D. (2025). OPTIMASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DI SMP NEGERI 1 TERIAK. Jurnal Abdimas Sangkabira, 6(1), 121–128. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v6i1.2661