OPTIMASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DI SMP NEGERI 1 TERIAK
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v6i1.2661Kata Kunci:
Guru, Google Classroom, Literasi Digital, Pembelajaran Berbasis TeknologiAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru melalui penerapan Google Classroom sebagai platform pembelajaran berbasis teknologi di SMP Negeri 1 Teriak, Kabupaten Bengkayang. Program dilaksanakan dalam beberapa tahapan, dimulai dari observasi dan analisis kebutuhan, pelaksanaan seminar/workshop atau In House Training (IHT), pendampingan implementasi, hingga dokumentasi hasil kegiatan. Pendekatan kegiatan dilakukan secara teoritis dan praktis dengan metode learning by doing, sehingga guru dapat langsung mempraktikkan cara membuat kelas digital, menambahkan siswa, membagikan materi, memberikan tugas, serta melakukan penilaian secara daring. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam mengoperasikan Google Classroom dan meningkatnya kepercayaan diri mereka dalam memanfaatkan teknologi untuk kegiatan belajar mengajar. Guru juga menyatakan bahwa penggunaan Google Classroom membantu meningkatkan efisiensi administrasi pembelajaran, mempercepat proses penilaian, serta mempererat interaksi antara guru dan siswa. Selain itu, kegiatan ini juga berkontribusi terhadap upaya transformasi digital di lingkungan sekolah pedesaan yang masih
Referensi
Abdalla, A. A. M., ALjheme, E. D., & Abdulhadi, F. A. G. (2005). Effectiveness of Using Google Classroom as a Blended Learning with the Libyan EFL Learners at Sebha University. International Journal of English Language & Translation Studies, 09(02), 31–37.
Kalsum, U., Siahaan, S. M., & Syuhendri. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aumented Reality bagi Siswa Fisika dalam Proses Pembelajaran. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(5), 3690–3693.
Misesani, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1640–1652. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.4860
Muslem, A., Mustafa, F., Rahayu, R. R., & Eridafithri. (2024). The Preferred Use of Google Classroom Features for Online Learning in Indonesian EFL Classes. The Electronic Journal of E-Learning, 22(8), 76–92.
Rahim, F. R., Widodo, A., Suhandi, A., & Ha, M. (2023). Digital Competencies of Pre- Service Teachers in Indonesia : Are They Qualified for Digital Education? Indonesian Journal of Education Research and Review, 6(3), 540–552.
Sahputra, I., Fuadi, W., Sofyan, D. K., Muthmainnah, Maryana, & Zuraida. (2024).
Penerapan Teknologi Aplikasi Google Classroom untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa di Dayah Nurul Iman. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 3(1), 175–182.
Setyaningsih, W. D., & Hidayat, S. (2025). Analisis Penggunaan Aplikasi Google Classroom sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(3), 397–412.
Sholeh, M., Murtono, & Masfuah, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa. Jurnal Educatio, 7(1), 134–140. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.889
Tukino, Huda, B., Hananto, A., & Khaerudin, M. (2022). Pemanfaatan dan Pengembangan Google Classroom untuk Menunjang Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran. Abdimas: Sistem Dan Teknologi Informasi, 02(02), 1–8.
Zakaria, M. I. (2023). A Systematic Review of Google Classroom in Mathematics Education. International Journal of Academic Research in Progressive Education & Development, 12(1), 1706–1719.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Abdimas Sangkabira

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.





