PENINGKATAN KAPASITAS PETUGAS PELAYANAN MASUK/FRONT OFFICE DI BALAI TAMAN NASIONAL ALAS PURWO

Penulis

  • Dian Roshanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi
  • Joko Utami Kementrian Kehutanan
  • Sri Mekar Dyah Wijayanti Kementrian Kehutanan
  • Roudlotun Nurul Laili Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi
  • Muhammad Nashir Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi
  • Ervia Toga Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1031

Kata Kunci:

Front Office, Peningkatan Kapasitas, Petugas Pelayanan, Taman Nasional Alas Purwo

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas petugas pelayanan masuk/Front Office di Balai Taman Nasional Alas Purwo dalam melayani pengunjung dengan lebih baik. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh pengamatan terhadap beberapa tantangan yang dihadapi oleh petugas, termasuk keterbatasan dalam pengetahuan kepariwisataan, keterampilan komunikasi, dan penggunaan teknologi informasi. Metode yang digunakan yaitu ceramah, diskusi, praktik langsung, dan simulasi situasi nyata. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa setelah mendapatkan pelatihan, kapasitas petugas pelayanan masuk meningkat secara signifikan dalam hal pengetahuan mengenai taman nasional, keterampilan komunikasi, serta pelayanan kepada pengunjung. Partisipasi aktif petugas dalam pelatihan dan workshop juga ikut meningkatkan rasa memiliki terhadap tugasnya, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan kualitas layanan kepada pengunjung. Hasil pengabdian ini diharapkan bisa berkontribusi positif dalam meningkatkan pengalaman pengunjung serta mengoptimalkan fungsi taman nasional sebagai destinasi wisata alam yang berkelanjutan.

Referensi

Fithriyah, M. (2017). Efektivitas Easyspeech Club sebagai Program Pendidikan dan Pelatihan HRD RS Hermina Depok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Petugas Front Office. University of Indonesia. Retrieved from https://doi.org/10.13140/RG.2.2.31689.77924

Kusuma, M. E. A., Hartanto, & Fauzi, H. N. (2022). Peningkatan Kompetensi Sebagai Strategi Pasca Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pada Hotel XYZ Departemen Front Office). In SENMEA: Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP Kediri (pp. 321–331). Kediri: UNP Kediri.

Linda, T. (2019). Peranan Front Office Attendant Di Hotelthe Zon Regency Johor Bahru, Malaysia. Majalah Ilmiah Politeknik Mandiri Bina Prestasi, 8(2), 100–107.

Maulanasari, A. R., & Asshofi, I. U. A. (2021). Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Front Office di Hotel Grasia Semarang. In Undergraduate Conference on Language, Literature, and Culture (UNCLLE) (Vol. 1, pp. 210–234). Retrieved from https://doi.org/10.21831/efisiensi.v7i1.3912

Ningrum, D. P. (2022). Komunikasi Dan Optimalisasi Branding Pariwisata Berkelanjutan Di Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta. Scriptura, 12(2), 72–81. Retrieved from https://doi.org/10.9744/scriptura.12.2.72-81

Prakoso, A. D. (2023). Penguatan Peran Front Office dan Customer Service Dalam Pelayanan Rumah Sakit Melalui Pelatihan Service Excellence. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 2705–2714. Retrieved from https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6624

Pratiwi, N. W. A., Solikhin, A., & Ermawati, K. C. (2020). Efektivitas Program Training Terhadap Tingkat Kualitas Kerja Karyawan di Departemen Front Office Hotel Grand Dafam Rohan Jogjakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia, 15(2), 50–61.

Rahmawan, F. A., Laili, R. N., Al Amin, M., Nashir, M., Harlan, H., Fahmi, A. Y., … Roshanti, D. (2023). Membangkitkan Kepedulian Lingkungan Melalui Program SEKARDADU di Daerah Aliran Sunga (DAS) Desa Bedewang - Songgon - Banyuwangi. Jurnal Nusantara Berbakti, 1(4), 122–123.

Rosawatiningsih, N. (2019). Kompetensi Front Office dalam Meningkatkan Pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Surabaya. Journal of Governance, 4(1), 84–101. Retrieved from https://doi.org/10.31506/jog.v4i1.5474

Setiawan, E. (2022). Peran Polisi Hutan Dalam Menanggulangi Kegiatan Illegal Logging di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Hasanuddin Journal of Sociology (HJS), 4(2), 93–101.

Diterbitkan

2024-05-01

Cara Mengutip

Roshanti, D., Utami, J., Wijayanti, S. M. D., Laili, R. N., Nashir, M., & Toga, E. (2024). PENINGKATAN KAPASITAS PETUGAS PELAYANAN MASUK/FRONT OFFICE DI BALAI TAMAN NASIONAL ALAS PURWO. Jurnal Abdimas Sangkabira, 4(2), 232–240. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1031