PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI LAYANAN KEUANGAN TANPA KANTOR (LAKU PANDAI) PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMdes) DI DESA MEKARSARI NARMADA

Penulis

  • Susi Retna Cahyaningtyas Universitas Mataram
  • Rahmi Sri Ramadhani Universitas Mataram
  • Zuhrotul Isnaini Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v2i2.120

Kata Kunci:

BUMDes, Layanan Laku Pandai

Abstrak

Saat ini usaha yang dimiliki oleh BUMDes Desa Mekarsari Narmada, baru sebatas melakukan penjualan alat tulis kantor (ATK). Hal ini berdampak terhadap rendahnya pendapatan BUMDes, dan kemampuan untuk berkontribusi terhadap pendapatan desa. Kegiatan pengabdian ini, bertujuan melakukan pendampingan implementasi Laku Pandai pada BUMdes desa Mekarsari Narmada. Tahapan kegiatan pengabdian, yaitu tahap pertama tim pengabdian menyampaikan materi tentang peran BUMDes dan Layanan Laku Pandai kepada para Pengelola BUMDes dan Perangkat Desa Mekarsari Narmada. Tahap kedua Tim Pengabdian berkomunikasi dengan pihak PT Bank NTB Syariah untuk membahas keinginan BUMDes tersebut menjadi Agen Laku Pandai. Tahap ketiga pihak PT Bank NTB Syariah melakukan survey ke BUMDes sekaligus penandatanganan perjanjian kerjasama sebagai Agen Laku Pandai dari PT Bank NTB Syariah. Pihak perbankan juga memberikan  edukasi tentang produk layanan laku pandai,  cara pengoperasikan fitur-fitur layanan yang ada, menyepakati jumlah saldo minimal yang akan dibentuk, serta  mengecek kesiapan perlengkapan BUMdes seperti Laptop, Printer, HP (Smartphone), dalam mendukung fungsinya sebagai agen Laku Pandai. Keberadaan Bumdes Desa Mekarsari sebagai Agen Laku Pandai diharapkan menambah akses jasa keuangan, dan edukasi keuangan masyarakat, serta berperan dalam meningkatkan ekonomi desa.

Referensi

Anonim, 2018, Standar Operasonal Dan Prosedur Layanan Laku Pandai PT Bank NTB Syariah

Anonim, 2015, Permendesa PDTT Nomor 4 tahun 2015 tentang Badan Usaha Milik Desa

Anonim, 2014. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 19/POJK.03/2014 tanggal18 Desember 2014 tentang Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif.

https://wwwkabardesarupe.wordpress.com/2019/03/20/mengenal-bumdes-apa-itu-bumdes-bagaimana-peranannya/ , diakses 4 Februari 2021

https://accounting.binus.ac.id/2019/12/27/memahami-apa-itu-badan-usaha-milik-desa/ diakses 4 Februari 2021

http://www.berdesa.com/bumdesa/ diakses 4 Februari 2021

https://goukm.id/bumdesa-badan-usaha-milik-desa/ diakses 4 Februari 2021

http://indonesiabaik.id/infografis/bumdes-untuk-pembangunan-desa diakses 4 Februari 2021

https://balingasal.kec-padureso.kebumenkab.go.id/index.php/web/artikel/164/465, diakses 4 Februari 2021

https://updesa.com/bumdes/?fbclid=IwAR3p7jkLjSSrR1FkTiesNH7Yisrbz Y9PNvR0jloA48knKM_b-1CtFkr5e8, diakses 4 Februari 2021

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Category/100) dikases tanggaal 5 februari 2021

https://finansial.bisnis.com/read/20200510/90/1238511/di-tengah-psbb-nasabah-pilih-layanan-digital-atau-laku-pandai diakses tanggal 5 Februari 2021

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/10/222344026/masih-banyak-yang-belum-tahu-laku-pandai-dan-layanan-keuangan-digital, diakses tanggal 5 Februari 2021

Diterbitkan

2022-06-16

Cara Mengutip

Cahyaningtyas, S. R., Ramadhani, R. S., & Isnaini, Z. (2022). PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI LAYANAN KEUANGAN TANPA KANTOR (LAKU PANDAI) PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMdes) DI DESA MEKARSARI NARMADA. Jurnal Abdimas Sangkabira, 2(2), 142–149. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v2i2.120