PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI UMKM TERDAMPAK PANDEMI COVID – 19

Penulis

  • Eni Indriani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram
  • Nungki Kartikasari Universitas Mataram
  • D. Tiallura Dela Nabila Universitas Mataram
  • Thoriq Rahman Singkir Universitas Mataram
  • Mulyadi Mulyadi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v2i2.126

Kata Kunci:

media sosial, tata kelola, laporan keuangan, manajemen keuangan

Abstrak

Pandemi  Covid-19 membawa dampak pada penurunan daya beli masyarakat yang disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi dan perputaran uang yang masih terhambat oleh pandemi, sementara penawaran produk semakin tinggi dimasyarakat yang dipicu oleh tumbuhnya usaha baru yang menyebabkan tingginya persaingan dalam usaha sejenis. Permasalahan lain yang juga tidak kalah penting adalah terkait dengan pengelolaan usaha terutama pengelolaan keuangan yang baik, karena usaha yang telah berkembang tentunya perlu dikelola secara baik dan professional melalui suatu system tata kelola yang baik. Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM terdampak Pandemi Covid – 19, salah satunya UMKM Dapur Jati Rasa yang berlokasi di Desa Jatisela Kecamatan Gunung Sari – Lombok Barat, saat ini terkait dengan pengelolaan keuangan dan strategi pemasaran akan dibantu penyelesainnya oleh Tim Pengabdian pada Masyarakat FEB Unram melalui kegiatan Pelatihan dan Pendampingan tentang Pengelolaan Keuangan dan Penerapan Strategi Digital Marketing. Kegiatan PPM pelatihan dan pendampingan pengelolaan keuangan dan pemasaran digital berjalan sangat baik dengan ketercapaian target materi yang baik, dimana mitra telah mampu mengelola akun media sosialnya sebagai media pemasaran.

Referensi

Miradji, Moh Afrizal, Martha Suhardiyah, Bayu Rama Laksono, Sigit Prihanto Utomo, dan Sutama Wisnu Dyatmika. 2020. Analisis Keberlanjutan Usaha Mikrokecil dan Menengah Menjalani New Normal Saat Pandemi Corona Desa Banjarsari Kec. Cerme Kabupaten Gresik. Ekobis Abdimas Volume 1 Nomer 2, Desember 2020.

Tim Dosen Abdimas. 2020. Pengabdian Masyarakat dengan UMKM Surabaya Berbasis Online menggunakan Media Video Conference Google Meet. Deepublish Publisher, Surabaya. 2020.

Tim YanmasDPKM – UGM. 2020. Dampak awal Pandemi Covid - 19 terhadap UMKM. Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta, 2020.

Diterbitkan

2022-06-17

Cara Mengutip

Indriani, E., Kartikasari, N. ., Nabila, D. T. D., Singkir, T. R., & Mulyadi, M. (2022). PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI UMKM TERDAMPAK PANDEMI COVID – 19. Jurnal Abdimas Sangkabira, 2(2), 224–231. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v2i2.126

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama