PELATIHAN OPTIMASI MEDIA SOSIAL UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN PARA PEDAGANG KECIL DI TAMAN MEKARSARI NARMADA
-
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i1.311Kata Kunci:
media sosial, pemasaran online, diversifikasi produk.Abstrak
Target luaran dari pelatihan ini adalah pemasaran strategis berbasis media sosial untuk peningkatan penjualan bagi pelaku UMKM di Taman Mekarsari Narmada. Mitra dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah para pedagang yang berjualan di lapak yang tersedia di Taman Mekarsari, yang merupakan warga asli dari penduduk setempat.
Permasalahan yang dihadapi adalalah bahwa mitra belum memiliki keterampilan memadai dalam mengoptimalkan pemanfaatan sarana internet maupun penggunaan media sosial sebagai media bisnis online, hal ini dikarenakan belum memiliki pemahaman yang memadai mengenai cara melakukan transaksi bisnis secara online amupun legalitasnya. Metode yang digunakan adalah: observasi dengan menganalisis situasi untuk mendapatkan gambaran permasalahan objek sasaran, pelatihan dan pembinaan terhadap khalayak sasaran sesuai permasalahan dan kebutuhan, serta melakukan evaluasi hasil kegiatan. Hasil kegiatan yang telah dilakukan sesuai dengan harapan dimana peserta aktif dan antusias dalam berpartisipasi pada pelatihan, serta adanya kemauan untuk mengaplikasikan hasil pelatihan untuk memanfaatkan internet untuk meningkatkan penjualan mereka. Selain itu dilakukan survey untuk mendata pemilik usaha dan pengunjung. Tim pengabdian masyarakat juga melatih peserta untuk melakukan analisis SWOT terhadap usaha mereka agar dapat melakukan pemetaan apa yang diinginkan oleh pengunjung dan apa yang dapat mereka tawarkan.
Kata Kunci: media sosial, pemasaran online, diversifikasi produk.
Referensi
Chong, A. Y. L., Chan, F. T. S., & Ooi, K. B. (2012). Predicting consumer decisions to adopt mobile commerce: Cross country empirical examination between China and Malaysia. Decision Support Systems, 53(1), 34–43. https://doi.org/10.1016/j.dss.2011.12.001
Dahnil, M. I., Marzuki, K. M., Langgat, J., & Fabeil, N. F. (2014). Factors Influencing SMEs Adoption of Social Media Marketing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 148, 119–126. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.025
Eagleman, A. N. (2013). Acceptance, motivations, and usage of social media as a marketing communications tool amongst employees of sport national governing bodies. Sport Management Review, 16(4), 488–497. https://doi.org/10.1016/j.smr.2013.03.004
Riyanto, & Noeris. (2018). PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE UNTUK PELAKU UMKM DI CILACAP Andi Dwi Riyanto1 , Muhammad Faiz Noeris 2 1STMIK AMIKOM Purwokerto . Email?: [email protected] media digital dalam melakukan promosi . Berdasarkan data. 2(2), 53–58.
Shin, J. I., Chung, K. H., Oh, J. S., & Lee, C. W. (2013). The effect of site quality on repurchase intention in Internet shopping through mediating variables: The case of university students in South Korea. International Journal of Information Management, 33(3), 453–463. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2013.02.003
Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Abdimas Sangkabira
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.