PELATIHAN OPTIMASI MEDIA SOSIAL UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN PARA PEDAGANG KECIL DI TAMAN MEKARSARI NARMADA

-

Penulis

  • Iwan Kusmayadi Universitas Mataram
  • Djoko Suprayetno Universitas Mataram
  • Zainal Abidin Universitas Mataram
  • Laila Wardani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i1.311

Kata Kunci:

media sosial, pemasaran online, diversifikasi produk.

Abstrak

Target luaran dari pelatihan ini adalah pemasaran strategis berbasis media sosial untuk peningkatan penjualan bagi pelaku UMKM di Taman Mekarsari Narmada. Mitra dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah para pedagang yang berjualan di lapak yang tersedia di Taman Mekarsari, yang merupakan warga asli dari penduduk setempat.

Permasalahan yang dihadapi adalalah bahwa mitra belum memiliki keterampilan memadai dalam mengoptimalkan pemanfaatan sarana internet maupun penggunaan media sosial sebagai media bisnis online, hal ini dikarenakan belum memiliki pemahaman yang memadai mengenai cara melakukan transaksi bisnis secara online amupun legalitasnya. Metode yang digunakan adalah: observasi dengan menganalisis situasi untuk mendapatkan gambaran permasalahan objek sasaran, pelatihan dan pembinaan terhadap khalayak sasaran sesuai permasalahan dan kebutuhan, serta melakukan evaluasi hasil kegiatan. Hasil kegiatan yang telah dilakukan sesuai dengan harapan dimana peserta aktif dan antusias dalam berpartisipasi pada pelatihan, serta adanya kemauan untuk mengaplikasikan hasil pelatihan untuk memanfaatkan internet untuk meningkatkan penjualan mereka. Selain itu dilakukan survey untuk mendata pemilik usaha dan pengunjung. Tim pengabdian masyarakat juga melatih peserta untuk melakukan analisis SWOT terhadap usaha mereka agar dapat melakukan pemetaan apa yang diinginkan oleh pengunjung dan apa yang dapat mereka tawarkan. 

 

Kata Kunci: media sosial, pemasaran online, diversifikasi produk.

 

Referensi

Chong, A. Y. L., Chan, F. T. S., & Ooi, K. B. (2012). Predicting consumer decisions to adopt mobile commerce: Cross country empirical examination between China and Malaysia. Decision Support Systems, 53(1), 34–43. https://doi.org/10.1016/j.dss.2011.12.001

Dahnil, M. I., Marzuki, K. M., Langgat, J., & Fabeil, N. F. (2014). Factors Influencing SMEs Adoption of Social Media Marketing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 148, 119–126. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.025

Eagleman, A. N. (2013). Acceptance, motivations, and usage of social media as a marketing communications tool amongst employees of sport national governing bodies. Sport Management Review, 16(4), 488–497. https://doi.org/10.1016/j.smr.2013.03.004

Riyanto, & Noeris. (2018). PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE UNTUK PELAKU UMKM DI CILACAP Andi Dwi Riyanto1 , Muhammad Faiz Noeris 2 1STMIK AMIKOM Purwokerto . Email?: [email protected] media digital dalam melakukan promosi . Berdasarkan data. 2(2), 53–58.

Shin, J. I., Chung, K. H., Oh, J. S., & Lee, C. W. (2013). The effect of site quality on repurchase intention in Internet shopping through mediating variables: The case of university students in South Korea. International Journal of Information Management, 33(3), 453–463. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2013.02.003

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655

Diterbitkan

2022-12-05

Cara Mengutip

Kusmayadi, I., Suprayetno, D., Abidin, Z., & Wardani, L. (2022). PELATIHAN OPTIMASI MEDIA SOSIAL UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN PARA PEDAGANG KECIL DI TAMAN MEKARSARI NARMADA: -. Jurnal Abdimas Sangkabira, 3(1), 76–82. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i1.311