PELATIHAN AKUNTANSI PONDOK PESANTREN BERBASIS STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK ETAP) BAGI PENGELOLA KEUANGAN PONDOK PESANTREN DI KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA NTB
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i1.325Kata Kunci:
accounting, standard, boarding school, financial, accountabilityAbstrak
The Islamic boarding school foundation is a non-profit entity that is obliged to compile financial reports as a form of accountability to the stakeholders and most importantly Allah SWT. There are several steps that must be taken by the Islamic boarding school foundation in preparing financial reports. First, the highest leadership of the foundation must make a strong commitment, starting to separate personal wealth from institutional wealth. The next step, the leadership must determine and place the right individual in the right place as an employee in charge of finance. The boarding school can be accompanied by this activity team or by academics in terms of carrying out an inventory of assets and liabilities, followed by measurement and preparation of the initial financial position report.
Referensi
Arfandi. (2018). Kepemimpinan Kiai Dalam Perilaku Budaya Organisasi Pondok Pesantren. In Paradigma Baru Pesantren: Menuju Pendidikan Islam Transformatif (pp. 141–167). IRCiSoD.
Arifin, M. (2017). Manajemen Keuangan Pondok Pesantren. Fikrotuna, 4(2). https://doi.org/10.32806/jf.v4i2.2745
Basri, H., & Siti-Nabiha, A. K. (2016). Accounting system and accountability practices in an Islamic setting: A grounded theory perspective. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 24(May), 59–78.
Basri, H., & Tabrani, M. (2010). Management and Financial Transparency of Islamic Religious Organizations: The Case Study of Modern Islamic Boarding School in Contemporary Indonesia. 2(2), 1–10.
Eriyanto. (2018). Pembaruan Manajemen Pendidikan Pesantren. In Paradigma Baru Pesantren: Menuju Pendidikan Islam Transformatif (pp. 263–281). IRCiSoD.
Hadori, M. (2018). Tipologi Pondok Pesantren SalafiyahSyafi’iyah Situbondo dan Perannya dalam Memodifikasi Perilaku Santri. In Paradigma Baru Pesantren: Menuju Pendidikan Islam Transformatif (pp. 71–90). IRCiSoD.
IAI, I. (2018). Pedoman Akuntansi Pesantren. Ikatan Akuntan Indonesai, Jakarta.
Mighfar, S. (2018). Genealogi Pendidikan Pesantren Sebagai Pendidikaan Multikultural dan Global Peace. In Paradigma Baru Pesantren: Menuju Pendidikan Islam Transformatif (pp. 169–193). IRCiSoD.
RI, K. A. (2021). Statistik Data Pondok Pesantren di Indonesia. https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp/statistik
Susetyo, S. H. B., Atikah, S., & Fitriyah, N. (2020). Pelatihan Akuntansi Aset Tetap Di Pondok Pesantren ’NH’Kabupaten Lombok Barat. Jurnal PEPADU, 1(1), 42–46.
Yakin, N. (2017). Studi Kasus Pola Manajemen Pondok Pesantren Al-Raisiyah di Kota Mataram. Ulumuna, 18(1), 199–220. https://doi.org/10.20414/ujis.v18i1.159
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Abdimas Sangkabira
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.