PELATIHAN PENINGKATAN INKLUSI KEUANGAN DAN PERLUASAN PASAR PRODUK BAGI PEREMPUAN PENGRAJIN KASUR KAPUK DI DESA SANDIK KABUPATEN LOMBOK BARAT

Authors

  • Taufiq Chaidir Universitas Mataram
  • Ida Ayu Putri Universitas Mataram
  • Gusti Ayu Ariani Universitas Mataram
  • Baiq Ismiwati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/independen.v1i2.17

Keywords:

Inklusi Keuangan, Perluasan Produk, Kemiskinan

Abstract

Peningkatan inklusi keuangan dan perluasan pasar produk merupakan cara yang dapat dipergunakan oleh pemerintah dan masyarakat  dalam mengatasai kemiskinan. Hal ini disebabkan karena dengan inklusi keuangan maka setiap orang dapat  memiliki akses dan layanan penuh dari lembaga keuangan secara tepat waktu, nyaman, informatif, dan terjangkau biayanya dengan penghormatan penuh kepada harkat dan martabatnya. Sedangkan  perluasan  pasar produk yang dihasilkan pengusaha  diharapkan dapat meningkatkan penjualan yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan,   tabungan masyarakat, pertumbuhan ekonomi  yang pada akhirnya  dapat mengurangi jumlah penduduk miskin. Oleh karenanya tujuan dari pengabdian ini adalah  meningkatkan inklusi keuangan dan perluasan pasar produk  bagi perempuan pengrajin kasur kapuk Di Desa Sandik Kabupaten  Lombok Barat. Pengabdian ini merupakan kelanjutan hasil pengabdian yang telah dilaksanakan pada tahun 2018 yang diperlukan oleh  sasaran target. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini pertama observasi,kedua  memberikan penyuluhan terkait dengan peningkatan inklusi keuangan dan perluasan pasar produk ketiga,  memberikan pendampingan untuk memperluas pasar produk. Hasil kegiatan, peserta bersedia menularkan pengetahuan yang diperolehnya pada penrgrajin  yang lain diseputar tempat mereka tinggal, adanya keinginan dari peserta untuk membentuk kelompok usaha guna mempermudah aksesibilitas dalam memperoleh modal, bimbingan tekhnis dalm proses produksi,design produk dan pemasaran secara online.

References

…………., Booklet Keuangan Inklusif, Departemen Pengembangan Akses Keuangan dan UMKM BI, 2014

Arsyad Lincolin, Ekonomi Pembangunan Edisi 5, STIM YKPN Yogyakarta, 2010
Kotler,P. & Keller,K.L. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 2. Alih Bahasa Benyamin Molan. Penerbit PT Indeks: Jakarta

Kuncoro Mudrajat.(2006).Ekonomi Pembangunan, Teori, Masalah , dan Kebijakan, UPP STIM YKPN, Yogyakarta

Downloads

Published

2020-11-26

How to Cite

Chaidir, T., Putri, I. A., Ariani, G. A., & Ismiwati, B. (2020). PELATIHAN PENINGKATAN INKLUSI KEUANGAN DAN PERLUASAN PASAR PRODUK BAGI PEREMPUAN PENGRAJIN KASUR KAPUK DI DESA SANDIK KABUPATEN LOMBOK BARAT. Jurnal Abdimas Independen, 1(2), 69–78. https://doi.org/10.29303/independen.v1i2.17