Penerapan Pemesanan Paket Tour Secara Online Pada Travel Agent “ Kemana Yuk” di Kota Mataram
Keywords:
Pemesanan online, Travel Agent, Kendala layananAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan sistem pemesanan paket tour secara online pada Travel Agent “Kemana Yuk” di Kota Mataram serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pemesanan online telah memberikan kemudahan bagi wisatawan dalam melakukan reservasi paket tour. Namun, masih terdapat beberapa kendala yang perlu mendapatkan perhatian, seperti kurangnya transparansi harga, informasi itinerary yang belum lengkap, dan sistem pembayaran online yang belum optimal. Temuan ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan sistem yang lebih baik guna meningkatkan kualitas layanan serta daya saing “Kemana Yuk” di tengah persaingan industri pariwisata digital.
References
Annisa, R., & Alvianna, S. (2017). Peran Biro Perjalanan Wisata Sunrise Holiday Tour & Travel Dalam Meningkatkan Minat Wisata Ke Gunung Bromo (Vol. 2).
Athiyah, U., Handayani, A. P., Aldean, M. Y., Putra, N. P., & Ramadhani, R. (2021). Sistem Inferensi Fuzzy: Pengertian, Penerapan, dan Manfaatnya. Journal of Dinda: Data Science, Information Technology, and Data Analytics, 1(2), 73-76.
Dewi, R. P. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Deskriptif Kualitatif di SMPN 05 Lebong). Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 14(3), 103-108.
Erlangga, Y. A. S. (2020). Kerjasama Hotel dengan Online Travel Agent (Studi Deskriptif tentang Bentuk Kerjasama dan Sistem Pembayaran Hotel dengan Traveloka di Hotel 88 Embong Malang Surabaya).
Indonesia, R. 2009. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Republik Indonesia. Jakarta.
Lumanauw, N. (2020). Perencanaan paket wisata pada biro perjalanan wisata inbound (Studi kasus di PT. Golden Kris Tours, Bali). Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(1), 19-30.
Ningsih, Yulia dan Arianto, Tomi. 2024. Industri Pariwisata. Pengantar Ilmu Pariwisata, 45.
Ridwan, M., Ulum, B., Muhammad, F., Indragiri, I., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (n.d.). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah (The Importance Of Application Of Literature Review In Scientific Research). http://journal.fdi.or.id/index.php/jmas/article/view/356.
Sandiana Liga, N., & Herdiansyah, R. (2022). Perancangan Sistem Informasi Biro Perjalanan Wisata Di PT. Alya@NET Tours And Travel Berbasis Web. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer Dan Science, 1(03).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Imiah Mahasiswa Pariwisata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.