THE "Evaluation of Visitor Services at the Museum of Pembela Tanah Air Bogor Using the Customer Satisfaction Index Method".

"Customer Satisfaction Index, Service Satisfaction, PETA Museum".

Authors

  • haykal siagian2411 Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor
  • Aditya Sugih Setiawan Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor

Keywords:

customer satisfaction index, kepuasan pelayanan, museum peta

Abstract

Industri pariwisata saat ini memegang peran penting dalam menopang perekonomian negara. Kualitas layanan sendiri merujuk kepada tingkat keunggulan yang diberikan oleh pengelola atau penyedia jasa dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pengunjung. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, penyebaran kuesioner, dan studi pustaka. Variabel utama yang diteliti berkaitan dengan aspek-aspek kualitas pelayanan meliputi bukti fisik, keandalan, responsivitas, empati, serta jaminan. Data dianalisis menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), dan hasilnya menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengunjung Museum Pembela Tanah Air Bogor berada pada angka 0,768, yang masuk dalam kategori puas.

References

Abdul Aziz, Z., Suprapto, H.. (2020). Pengaruh Fasilitas Dan Pengalaman Pengunjung Terhadap Loyalitas Pengunjung Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pengunjung (Survey Pada Pengunjung Wisata Umbul Ponggok Klaten). In Jurnal Studi Manajemen Organisasi (Vol. 17, Issue 2). Https://Ejournal.Undip.Ac.Id/Index.Php/Smo/Article/View/32470

Hidayat, D. N., Tingkat, K. K., & Administrasi, B. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Bagian Administrasi Akademik Dan Kemahasiswaan Dengan Metode Customer Satisfaction Index. 28(2), 1–6. Https://Doi.Org/10.46984/Sebatik.V28i2.0000

Isnaini, K. (2019). Kualitas Layanan Museum House Of Sampoerna Kota Surabaya.

Marinu Waruwu. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusa, 7(2), 2896–2910. Https://Doi.Org/10.36706/Jbti.V9i2.18333

Sadika, P. H., Neyland, J. S. C., & Sutrisno, A. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Kualitas Pelayanan Dengan Metode Customer Satisfaction Index (Csi). Jurnal Tekno Mesin, 9(2), 52–61. Https://Doi.Org/10.35793/Jtmu.V9i2.48746

Sadjiono, I., Djulis, S., & Studi Ketatalaksanaan Dan Kepelabuhanan, P. (2018). Meteor Stip Marunda Jurnal Ilmiah Nasional Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta Evaluasi Pelayanan Pengunjung Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. In Jakarta Jl. Marunda Makmur (Vol. 11, Issue 1). Http://Ejournal.Stipjakarta.Ac.Id/Index.Php/Meteor

Safarani, J. A. (2023). Monumen Dan Museum Peta Sebagai Sarana Edukasi Sejarah Dalam Mempertahankan Identitas Bangsa. 6(2), 231–240. Https://Doi.Org/Doi:Https://Doi.Org/10.17509/Historia.V6i2.54584

Setiawan, A. S. (2024). Implementasi Customer Satisfaction Index Pada Paket Wisata Tourism Explore Camp (Studi Kasus: Kala Tour). In Jurnal Sabbhata Yatra Jurnal Pariwisata Dan Budaya (Vol. 5).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Cv. Alfabeta

Sulistiyowati, N. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua (Mpn G2) Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (Csi). 14(2), 163. Www.Unsika.Ac.Id

Syakuron, F. D., Prabowo, F. S. A., & Suyanto, A. M. A. (2022). Application Of Customer Satisfaction Index (Csi) And Importance Performance Analysis (Ipa) Methods On Service Quality Of Cipayung Puskesmas City, Depok. E-Proceeding Of Management , 9(2), 307.

Published

2025-11-24

How to Cite

siagian2411, M. R. H. ., & Setiawan, A. S. . (2025). THE "Evaluation of Visitor Services at the Museum of Pembela Tanah Air Bogor Using the Customer Satisfaction Index Method".: "Customer Satisfaction Index, Service Satisfaction, PETA Museum". Jurnal Imiah Mahasiswa Pariwisata, 3(2), 313–324. Retrieved from https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/jimpar/article/view/2374