THE "Evaluation of Visitor Services at the Museum of Pembela Tanah Air Bogor Using the Customer Satisfaction Index Method".
"Customer Satisfaction Index, Service Satisfaction, PETA Museum".
Keywords:
customer satisfaction index, kepuasan pelayanan, museum petaAbstract
Industri pariwisata saat ini memegang peran penting dalam menopang perekonomian negara. Kualitas layanan sendiri merujuk kepada tingkat keunggulan yang diberikan oleh pengelola atau penyedia jasa dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pengunjung. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, penyebaran kuesioner, dan studi pustaka. Variabel utama yang diteliti berkaitan dengan aspek-aspek kualitas pelayanan meliputi bukti fisik, keandalan, responsivitas, empati, serta jaminan. Data dianalisis menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), dan hasilnya menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengunjung Museum Pembela Tanah Air Bogor berada pada angka 0,768, yang masuk dalam kategori puas.
References
Abdul Aziz, Z., Suprapto, H.. (2020). Pengaruh Fasilitas Dan Pengalaman Pengunjung Terhadap Loyalitas Pengunjung Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pengunjung (Survey Pada Pengunjung Wisata Umbul Ponggok Klaten). In Jurnal Studi Manajemen Organisasi (Vol. 17, Issue 2). Https://Ejournal.Undip.Ac.Id/Index.Php/Smo/Article/View/32470
Hidayat, D. N., Tingkat, K. K., & Administrasi, B. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Bagian Administrasi Akademik Dan Kemahasiswaan Dengan Metode Customer Satisfaction Index. 28(2), 1–6. Https://Doi.Org/10.46984/Sebatik.V28i2.0000
Isnaini, K. (2019). Kualitas Layanan Museum House Of Sampoerna Kota Surabaya.
Marinu Waruwu. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusa, 7(2), 2896–2910. Https://Doi.Org/10.36706/Jbti.V9i2.18333
Sadika, P. H., Neyland, J. S. C., & Sutrisno, A. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Kualitas Pelayanan Dengan Metode Customer Satisfaction Index (Csi). Jurnal Tekno Mesin, 9(2), 52–61. Https://Doi.Org/10.35793/Jtmu.V9i2.48746
Sadjiono, I., Djulis, S., & Studi Ketatalaksanaan Dan Kepelabuhanan, P. (2018). Meteor Stip Marunda Jurnal Ilmiah Nasional Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta Evaluasi Pelayanan Pengunjung Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. In Jakarta Jl. Marunda Makmur (Vol. 11, Issue 1). Http://Ejournal.Stipjakarta.Ac.Id/Index.Php/Meteor
Safarani, J. A. (2023). Monumen Dan Museum Peta Sebagai Sarana Edukasi Sejarah Dalam Mempertahankan Identitas Bangsa. 6(2), 231–240. Https://Doi.Org/Doi:Https://Doi.Org/10.17509/Historia.V6i2.54584
Setiawan, A. S. (2024). Implementasi Customer Satisfaction Index Pada Paket Wisata Tourism Explore Camp (Studi Kasus: Kala Tour). In Jurnal Sabbhata Yatra Jurnal Pariwisata Dan Budaya (Vol. 5).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Cv. Alfabeta
Sulistiyowati, N. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua (Mpn G2) Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (Csi). 14(2), 163. Www.Unsika.Ac.Id
Syakuron, F. D., Prabowo, F. S. A., & Suyanto, A. M. A. (2022). Application Of Customer Satisfaction Index (Csi) And Importance Performance Analysis (Ipa) Methods On Service Quality Of Cipayung Puskesmas City, Depok. E-Proceeding Of Management , 9(2), 307.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Imiah Mahasiswa Pariwisata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


