Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata Ekonomi Kreatif Di Kabupaten Lombok Timur
Keywords:
Strategi, Pengembangan, dan Ekonomi KreatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi pengembangan potensi pariwisata ekonomi kreatif di Kabupaten Lombok Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat potensi besar dalam sektor pariwisata ekonomi kreatif di Kabupaten Lombok Timur. Potensi ini meliputi kekayaan budaya lokal, kerajinan tangan tradisional, seni pertunjukan, kuliner khas, serta keindahan alam dan pantai yang menarik wisatawan. Namun, masih terdapat beberapa kendala yang perlu diatasi, seperti minimnya infrastruktur dan aksesibilitas, kurangnya promosi pariwisata, serta kurangnya pelatihan dan pendidikan dalam pengembangan ekonomi kreatif. Dengan itu Dinas Pariwisata Lombok Timur memberikan pelatihan dan pendidikan dalam bidang ekonomi kreatif kepada masyarakat setempat, serta pembentukan lembaga atau badan yang bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan pengembangan pariwisata ekonomi kreatif. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah, pelaku pariwisata, dan masyarakat dalam mengembangkan potensi pariwisata ekonomi kreatif di Kabupaten Lombok Timur. Pengembangan sektor pariwisata ekonomi kreatif yang berkelanjutan akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi lokal, peningkatan pendapatan masyarakat, serta pelestarian budaya dan lingkungan.
References
Anthony, W.P., Parrewe, P.L., dan Kacmar, K. M. 1999, Strategic Human Resources Management. Second Edition, Orlando : Harcourt Brace and Company
David. 2011. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12, Salemba Empat, Jakarta.
Departemen perdagangan republic Indonesia, DIREKTORAT PERLINDUNGAN KONSUMEN, 2009
Devi Febriana, Prayitno Basuki, & Adhitya Bagus Singandaru. (2023). Tourism Destination Management Model In Mount Jae Campground As A Support Of Economic Growth For The Community Of Sedau Village, Narmada District, West Lombok District in 2020-2022 . International Journal of Tourism Business Research, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/intour.v2i1.500
Dini Rahmawati1 , Yulia Sariwaty S2 , Rina Dwi Handayani: Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNiST) Maret 2014, pp. 155~159
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, (Yogyakarta : CV. Andi Offset, 2008), h.3..
Hardjana, pengembangan teori, jurnal ilmu komunikasi, 11
Howkins, John. 2001. Creative Economy : How People Make Money from Ideas. London: Pinguin Global.
Jurnal, Nofika Andristuti, Model Manajemen Persuratan di Bagian Umum Setda Kabupaten Klaten, Surakarta - FISIP – 2011
Laxmiwaty Dai, S. ., Asti Ayuningsih, Betly Taghulihi, Vidhia Agmareina Hirto, Wildayanti Limpas, Z. ., & Sunarti, S. . (2023). Urban Tourism: A Potential as Tourism Attraction in Gorontalo City. International Journal of Tourism Business Research, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.29303/intour.v2i1.700.
Mahmudah Budiatiningsih, & Siti Hamdiah Rojabi. (2023). Accessibility Study For Persons With Disabilities In Tourism Destinations: A Case Study In The Malioboro Area, Yogyakarta. International Journal of Tourism Business Research, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.29303/intour.v2i1.711.
Manajemen strategi / James C. Craig, Robbert M. Grant ; alih bahasa, Sularno Tjiptowardojo, Jakarta : Elex Media Komputindo, 1996
Nadler Hardjana. 2011. “pengertian pengembangan” https://repository.uma.ac.id
Nainggolan, strategi komunikasi dan pemasar, Surabaya : Fakultas Farmasi UBAYA, 2008
Perbanas, institute for development economics and finance,jawa timur
Rangkuti, Strategi promosi yang kreatif & analisis kasus integrated marketing communication / Freddy Rangkuti, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.
Siagian. Sondang P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi I. Cetakan Ketiga Belas. Bumi aksara. Bumi Aksara. Jakarta
Siagian. Sondang P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi I. Cetakan Ketiga Belas. Bumi aksara. Bumi Aksara. Jakarta.
Siti Hamdiah Rojabi, Mahmudah Budiatiningsih, & Aryan Agus Pratama. (2023). SWOT Analysis of Sustainable Tourism Development in Tetebatu, East Lombok. International Journal of Tourism Business Research, 2(1), 22–26. https://doi.org/10.29303/intour.v2i1.716.
Suliyanto, 2006, metode riset bisnis, edisi pertama, ANDI, Yogyakarta