Strategi Promosi Destinasi Wisata Yang Dilakukan Oleh Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat

Authors

  • Muhammad Faisal Syafrudin Universitas Mataram
  • Adhitya Bagus Sigandaru Universitas Mataram
  • Taufan Handika Putra Universitas Mataram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi seperti apa yang di gunakan oleh Dinas Pariwisata NTB dalam menarik minat para wisatawan dalam berkunjung ke Nusa Tenggara Barat untuk menikmati setiap destinasi wisata yang ada. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi atau melakukan wawancara terhadap para staff di bidang Pemasaran Dinas Pariwsata NTB, dan dokumentasi di lapangan secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukan 1). Promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat adalah ikut dalam festival, pameran, pemasangan iklan diberbagai media 2). Dampak promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat mampu memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kunjungan wisatawan 3). Strategi yang tepat untuk meningkatan kunjungan adalah pembuatan unit kerja dan kerja sama dalam mempromosikan objek wisata unggulan yang inovatif.

References

Bagiastra, I. K., & Agus Mulyadi. (2023). Pelatihan Cleaning Service Pada Karyawan Office Boy Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Jurnal Abdi Anjani, 1(1), 12–17. Diambil dari https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/anjani/article/view/730

Basri, K., Putri Ayu Marta Tila’ar, & Osi Sukma Wandari. (2023). Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Melalui Pembentukan Dan Pembinaan Pokdarwis Desa Karang Bajo. Jurnal Abdi Anjani, 1(1), 25–29. Diambil dari https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/anjani/article/view/750

Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat. 2021. E – Bulletin Sebagai Media Informasi. Di akses pada 5 Mei 2023 dari http://www.disbudpar.ntbprov.go.id/e-bulletin-sebagai-saluran-media-informasi-baru/

Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat. 2023. Bahan Promosi Pariwisata Nusa Tenggara Barat. Di akses pada 5 Mei 2023 dari http://www.disbudpar.ntbprov.go.id/promosi-ntb/

Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat. 2023. Struktur Organisasi Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat. Di akses 4 Mei 2023 dari http://www.disbudpar.ntbprov.go.id

Ikhsan Fadilah. 2020. Strategi Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Destinasi Wisata. Di akses pada 7 Mei 2023 dari https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/11452-Full_Text.pdf

Kertajadi, Rahman, & Jumhur Hakin. (2023). Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Prodi Pariwisata Unram Dalam Menangani Keluhan Tamu Di Departemen Housekeeping. Jurnal Abdi Anjani, 1(1), 18–24. Diambil dari https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/anjani/article/view/746

Putra, T. H., Rahman, Kertajadi, Ihyana Hulfa, & Didy Ika Supryadi. (2023). Pelatihan Sadar Wisata Dan Sapta Pesona Bagi Masyarakat Desa Wisata Pakuan Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Abdi Anjani, 1(1), 8–11. Diambil dari https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/anjani/article/view/745

Soebagyo. 2012.“Strategi Pengembangan Pariwisata di Indonesia”, Jurnal Liquidity Vol1 No.2. Diakses pada 3 Mei 2023. https://scholar.google.co.id/scholar?q=soebagyo+2012+pengaruh+strategi &hl=id&ass=1&oi=scholar#d=gs_qabs&u=%23p%3D3yPTFA_AN7gJ.

Published

2023-09-29

How to Cite

Syafrudin, M. F., Sigandaru , A. B. ., & Putra, T. H. . (2023). Strategi Promosi Destinasi Wisata Yang Dilakukan Oleh Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat. Jurnal Imiah Mahasiswa Pariwisata, 1(1), 8–14. Retrieved from https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/jimpar/article/view/827