Peran Front Office Dalam Menangani Complaint Tamu di Hotel Amber Lombok Beach Resort

Penulis

  • Yohana Mayela Madu Universitas Mataram
  • Hasnia Minanda.docx Universitas Mataram

Kata Kunci:

Front Office, Peran, Complaint.

Abstrak

Penelitian Ini Mengambil Judul Tentang “Peran Front Office Dalam Menangani Complaint Tamu Di Hotel Amber Lombok Beach Resort”. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Apa Saja Peran Front Office Dalam Menangani Complaint Tamu Selama Menginap Dihotel. Penelitian Ini Dilaksanakan Di Amber Lombok Beach Resort. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Deskriptif Kualitatif, Dan Sumber Data Yang Diperoleh Yaitu Melalui Data Primer Dan Data Sekunder. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Peneliti Adalah Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi. Hasil Dari Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Peran Front Office Dalam Menangani Complaint Tamu Adalah Mendengarkan, Meminta Maaf, Dan Memberikan Solusi Atas Keluhan Tamu.

Referensi

Akasia, N. E., & Sandy, S. R. O. (2023). Peran Front Desk Agent dalam Menangani Keluhan Tamu di Front Office Aston Jember Hotel & Conference Center. Jurnal Pariwisata dan Perhotelan, 1(1), 7-7.

Haryandini, Y. N. W., & Widhiastuty, N. L. P. S. (2022). Peranan Front Desk Agent dalam Penanganan Keluhan Tamu pada Hotel Swiss-Belinn Legian. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies, 2(1), 27-33.

Wachidyah, W. (2017). Front office department dan peranannya dalam layanan tamu hotel. Jurnal Bisnis Teknologi, 4(1), 62-71.

Riski, G. A. A. (2019). Analisa Peran Front Desk Agent Dalam Pembentukan Citra Positif Di Vila Bali Asri Seminyak-Bali. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 3(1), 36-44.

Erikawati, F. J. (2017). Peran Front Office Department dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan kepada Tamu di Hotel Best Western Premier Solo Baru, Sukoharjo.

Fitri, K. F., Taufiq, R., & Gusnadi, D. (2023). Peran Reception Dalam Operasional Front Office Di Sheraton Hotel & Tower Bandung 2022. eProceedings of Applied Science, 8(6).

Wahyuni, I. A. P. P. S., & Parma, I. P. G. (2020). Penerapan SOP Bagi Mahasiswa PKL Pada Departemen Food And Beverage Service The Oberoi Beach Resort, Bali. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 3(1), 20-28.

Hadi, W. (2014). Peranan Front Desk Agent dalam membentuk citra positif di dunia perhotelan. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 5(2).

Maiziva, D. R., & Sulistyani, A. (2017). Peranan Receptionist Pada Front Office Departement Hotel Grand Zuri Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Selamet, I. W. A., Rusadi, N. W. P., & Wijaya, P. L. (2022, December). Peran Front Office Dalam Meningkatkan Kepuasan Wisatawan Di The Capital Hotel And Resort Bali. In Journey: Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management (Vol. 5, No. 2, pp. 177-184).

Nawawi, Ichsan. (2019). Front Office Hotel First Impression To The Guest. Duta Pustaka Ilmu Gedung Catur FPMIPA IKIP Mataram.

Melinda, D. (2020). Peranan Front Office Aston Batam Hotel and Residences (Doctoral dissertation, Universitas Internasional Batam).

Sinambela, S. (2016). Fungsi Dan Peran Front Office Department dalam Menangani Tamu di Hotel Emerald Garden Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Rosyid, A. N. (2005). Peran Guest Relation Officer dalam Menangani Keluhan Tamu di Hotel. Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan, 3(2).

Putra, I., Kanca, I. N., & Arthajaya, A. A. (2023). Penanganan Guest Complaint Room Cleanliness oleh Guest Service Agent di Aksari Resort Ubud (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Bali).

Nugraha, R. N., & Ananda, A. (2022). Peran Reception Dalam Memberikan Pelayanan Prima Kepada Pengunjung Hotel Mercure Jakarta Pantai Indah Kapuk. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 6(1), 283-290.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Madu, Y. M., & Minanda.docx, H. . (2024). Peran Front Office Dalam Menangani Complaint Tamu di Hotel Amber Lombok Beach Resort. Jurnal Penelitian Mahasiswa Pariwisata, 2(1), 151–155. Diambil dari https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/jimpar/article/view/1155