Peran Tim Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat

Penulis

  • Muhammad Azuwar Universitas Mataram
  • Adhitya Bagus Sigandaru Universitas Mataram
  • Rahman Universitas Mataram

Kata Kunci:

Strategi, Pengembangan, dan Ekonomi Kreatif

Abstrak

Pariwisata menjadi salah satu sektor penting dan strategis dalam membantu menggeraakan pertumbuhan ekonomi suatu daerah, Nusa Tenggara Barat salah provinsi yang mengandalkan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor pendapatan asli daerah mereka. Ini bisa dibuktikan dengan jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Nusa Tenggara Barat pada tahun 2020 berjumlah 360.613. Dinas Pariwisata Provinsi NTB memiliki peran utama dalam membantu meningkatkan citra Pariwisata NTB di mata dunia, untuk mencapai tujuan tersebut kehadiran tim kreatif di dinas pariwisata provinsi nusa tenggara barat di harapakan dapat membantu meningkatkan produktifitas pembuatan materi pemasaran pariwisata, strategi promosi dan pembuatan konten promosi pariwisata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peran Tim kreatif Dinas Pariwisata NTB dalam membantu menikatakan promosi pariwisata yang ada di NTB melalui media social. Penelitian ini menggunakan metode kualitaif dengan study kasus.Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan selama peraktik kerja lapangan di  Dinas Pariwisata NTB, kehadiran tim kreatif dalam Dinas Pariwisata memiliki peran yang sangat krusial dalam membantu menciptakan ide ide yang kreatif, inovatif dan juga menarik yang dapat meningkatkan kunjungan wisataan maca negara ke NTB.

Referensi

Devi Febriana, Prayitno Basuki, & Adhitya Bagus Singandaru. (2023). Tourism Destination Management Model In Mount Jae Campground As A Support Of Economic Growth For The Community Of Sedau Village, Narmada District, West Lombok District in 2020-2022 . International Journal of Tourism

Business Research, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/intour.v2i1.500

Laxmiwaty Dai, S. ., Asti Ayuningsih, Betly Taghulihi, Vidhia Agmareina Hirto, Wildayanti Limpas, Z. ., & Sunarti, S. . (2023). Urban Tourism: A Potential as Tourism Attraction in Gorontalo City. International Journal of Tourism Business Research, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.29303/intour.v2i1.700

Mahmudah Budiatiningsih, & Siti Hamdiah Rojabi. (2023). Accessibility Study For Persons With Disabilities In Tourism Destinations: A Case Study In The Malioboro Area, Yogyakarta. International Journal of Tourism Business Research, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.29303/intour.v2i1.711

Retnasary. (t.thn.). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital. Diambil kembali dari ejurnal.ars.ac.id: https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/130

Safri, H. (2015). Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa Berbasis Pelatihan. Jurnal Muamalah Vol V No 2, Desember 2015, 9.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-29

Cara Mengutip

Azuwar, M., Sigandaru , A. B. ., & Rahman. (2023). Peran Tim Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat . Jurnal Penelitian Mahasiswa Pariwisata, 1(1), 15–23. Diambil dari https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/jimpar/article/view/826