PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN PADA YAYASAN PONDOK PESANTREN AL-HAMIDIYAH DESA KEDIRI KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Authors

  • Siti Fatimah Universitas Mataram
  • Muaidy Yasin Universitas Mataram
  • Tuti Handayani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i1.309

Keywords:

Pelatihan Kewirausahaan

Abstract

Pengabdian pada Masyarakat ini berjudul Pelatihan Kewirausahaan Pada Yayasan Al-Hamidiyah Desa Kediri Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat yang bertujuan untuk: (1) memberikan pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar kewirausahaan, (2) Strategi sukses memulai usaha baru dan (3) memberikan kiat-kiat efektif dalam memenangkan kompetisi pasar.
Adapun metode yang akan digunakan dalam memberikan pemahaman tersebut melalui pemberian materi secara terstruktur oleh anggota tim. Selanjutnya untuk memberikan gambaran tentang kiat-kiat memulai usaha baru melalui pemberian contoh-contoh konkrit agar lebih memahami para peserta peserta, selanjutnya akan dilakukan pembentukan kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 5-10 orang yang nantinya akan didampingi oleh masing-masing seorang dosen yang akan memandu. Pendampingan akan dilakukan dengan menggunakan focus group discotion(FGD) antar anggota kelompok yang akan didampingi oleh seorang dosen yang bertugas untuk memandu jalannya kegiatan focus group discution tersebut dengan berpedoman pada daftar pertanyaan yang sudah dipersiapkan. Diharapkan melalui kegiatan focus group discotion(FGD) tersebut akan ditemukan persoalan-persoalan mendasar yang menjadi penghambat/penghalang terciptanya pemahaman terhadap prinsip-prinsip dasar kewirausahaan di Yayasan Pondok Pesantren Al-Hamidiyah Desa Kediri  Kecamatan Kediri Lombok Barat. Dari hasil FGD tersebut akan dijadikan panduan dalam memberikan alternatif solusi sesuai dengan persoalan yang dihadapi para santri/santriwati yang ada. Selanjutnya akan diadakan pemantauan terhadap implementasi penerapan hasil pelatihan secara priodik untuk melihat secara faktual perkembangan dan kemajuan yang dicapai.

References

Alma,B. Kewirausahaan. Penerbit : Alfabeta, Bandung, 2007.

Chandra, Purdi E. Menjadi Entrpreneur Sukses. Penerbit : Grasindo, Jakarta, 2001

Eman Suherman, Dr,.SE,.M.Pd. Business Entrepreneur (Model Kewirausahaan), Penerbit Alfabeta, Bandung, 2008.

Heryana, Dikdik. 5 Strategi Menuju Sukses Membangun Mental Wirausaha. Penerbit : LP2ES, Bandung, 2002.

Suryana,Dr., M.Si. Kewirausahaan (Pedoman Praktis : Kiat dan Proses Menuju Sukses) Penerbit : Salemba Empat, Jakarta, 2006.

Peabody,Bo. Cara Cerdas Mengembangkan Kewirausahaan. Penerbit : Inspirasi, Yogyakarta, 2005.

Zimmerer., Thomas W. Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil. Penerbit : Indeks, Jakarta, 2005.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Fatimah, S., Yasin, M., & Handayani, T. (2022). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN PADA YAYASAN PONDOK PESANTREN AL-HAMIDIYAH DESA KEDIRI KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT. Jurnal Abdimas Sangkabira, 3(1), 121–130. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v3i1.309