KEMASAN PRODUK DAN PELABELAN UNTUK MENCIPTAKAN NILAI TAMBAH PADA PRODUK OLAHAN KERIPIK PISANG DESA KOPANG LOMBOK TENGAH

Authors

  • I Gusti Agung Arista Pradnyani Universitas Mataram
  • Yeldy Dwi Genadi Universitas Mataram
  • Nila Rahayu Universitas Mataram
  • Adrianda Anwar Universitas Mataram
  • Ida Ayu Putri Saraswati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v6i1.2438

Keywords:

Inovasi Kemasan, Pelabelan Produk, UMKM

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam perekonomian daerah, namun sering kali menghadapi kendala pada aspek inovasi kemasan dan pelabelan produk. Di Desa Kopang, Lombok Tengah, sebagian besar pelaku usaha keripik pisang masih menggunakan kemasan sederhana tanpa label yang sesuai standar. Kelemahan ini berdampak pada rendahnya daya saing produk di pasar modern maupun platform digital. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas UMKM melalui pelatihan inovasi desain kemasan dan pelabelan produk. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan pelaku usaha secara aktif mulai dari identifikasi masalah, penyusunan kebutuhan pelatihan, hingga evaluasi hasil. Pelatihan dilakukan secara aplikatif, dengan materi seputar prinsip desain kemasan, standar pelabelan BPOM, dan praktik menggunakan aplikasi desain sederhana. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan peserta dalam merancang desain kemasan yang menarik dan informatif serta mendorong pengurusan legalitas produk seperti izin PIRT. Program ini tidak hanya meningkatkan daya saing produk lokal, tetapi juga memperkuat struktur ekonomi desa berbasis inovasi UMKM.

References

Alfi Rizka, & Yuniningsih Yuniningsih. (2023). Inovasi Kemasan Produk dan Pelabelan Untuk Menciptakan Nilai Tambah pada Produk UMKM Dapur Keysha di Desa Mranggonlawang. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 51–57. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i3.433

Amory, J. D. S., Mudo, M., & J, R. (2025). Transformasi Ekonomi Digital dan Evolusi Pola Konsumsi: Tinjauan Literatur tentang Perubahan Perilaku Belanja di Era Internet. Jurnal Minfo Polgan, 14(1), 28–37. https://doi.org/10.33395/jmp.v14i1.14608

Asi, Y. S., Rahmawan, A., Gustriwarni, D., & Hadi, F. I. (2024). PENDAMPINGAN PROMOSI DAN INOVASI KEMASAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN KACANG BAWANG “ MAMA LARAS ” DI SAMPIT. 4(1), 49–55.

Canti, M., Hartanti, A. T., & Puspitarini, T. (2025). Pelatihan Pengemasan dan Pelabelan Produk Olahan Tempe bagi Pelaku Usaha di Desa Wisata Kampung Tempe Ciomas Rahayu Kabupaten Bogor Packaging. Abdimas Galush, 7(1), 807–813.

Egim, A. S., & Nenengsih, N. (2019). Strategi pengembangan industri makanan khas daerah di kota padang dengan pengemasan dan pemasaran berbasis teknologi 1,2). Menara Ekonomi, V(3).

Elfyra, R. D., & Nurtjahjani, F. (2023). Pengaruh Desain Kemasan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Emina Pada Platform E-Commerce Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 143–148. https://doi.org/10.33795/jab.v9i1.2459

Kisanjani, A., Kurnia, W. I., Andivas, M., Harits, D., & Sugiono, N. (2025). Peningkatan Daya Saing UMKM melalui Pelatihan Perancangan Kemasan Produk. 5(02).

Junaidi, M. (2024, November 4). UMKM hebat, perekonomian nasional meningkat. Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/curup/id/data-publikasi/artikel/2885-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html

Nurhayati, N. (2021). Usaha Peningkatan Pemasaran Keripik Pisang NVN Melalui Desain Produk dan Online Shop. Abdi Wiralodra: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 17–33. https://doi.org/10.31943/abdi.v3i1.34

Nurjanah, A., & Sakir. (2023). Pemberdayaan UMKM Emping Ngijon, Sendangarum, Minggir, Sleman Berbasis Digital Marketing. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 387. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.15231

Padandi, T., Rianti, M., & Ramli, F. (2024). Inovasi Kemasan Produk UMKM Desa Bamba Puang , Anggeraja Kabupaten Enrekang. 07(03), 313–318.

Romdhoningsih, D., Fahmi, A., Sukmawati, S., & Faudziah, F. (2024). PENGEMBANGAN INOVASI KEMASAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF BAGI UMKM KERIPIK PISANG “ Ibu Bunah ” KELURAHAN NYAPAH KECAMATAN WALANTAKA. JPPM Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat IPTEKS, 1(2), 92–95.

Sakti, B. S. P. (2023). Inovasi Desain Kemasan Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Healthy Tasty Food Surabaya. ASPIRASI: Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 2(1), 128–135. https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i1.196

Santoso, T., Ramadhan, M., Akbar, W., Hildayanti, S. K., Aziatul, R., Sabriyah, H., & Kospa, D. (2024). Inovasi pengolahan pepaya menjadi keripik: strategi packaging dan pelabelan untuk meningkatkan pendapatan UMKM. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(September), 3059–3066.

Setyawan, & Risaputri, A. A. (2021). PENINGKATAN POTENSI UMKM MELALUI INOVASI PRODUK, PELATIHAN BRANDING, DAN PELATIHAN PEMASARAN DI DESA MOJOPURO, KECAMATAN JATIROTO. 2963–1203.

Suprihatin, H., Pramitasari, D. A., & Hasanah, A. (2024). Inovasi Packaging dan Pemasaran Digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 254–263. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.205

Widiana, Y. W., Suprapti, S., Ismara, D. F., Marlina, I., & Agoestiarinie, I. (2024). Pelatihan Visualisasi Pelabelan, Pengemasan dan Inovasi Rasa Pada Produk Sentra Telur Asin. Jurnal Bakti Tahsinia (JBT), 2(1), 49–64.

Downloads

Published

2025-11-10

How to Cite

Pradnyani, I. G. A. A., Genadi, Y. D., Rahayu, N., Anwar, A., & Saraswati, I. A. P. (2025). KEMASAN PRODUK DAN PELABELAN UNTUK MENCIPTAKAN NILAI TAMBAH PADA PRODUK OLAHAN KERIPIK PISANG DESA KOPANG LOMBOK TENGAH. Jurnal Abdimas Sangkabira, 6(1), 58–67. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v6i1.2438

Most read articles by the same author(s)