PELATIHAN PENGEMBANGAN SDM BAGI KARYAWAN HOST AT VOLCANO KINTAMANI

Penulis

  • I Gusti Agung Arista Pradnyani Universitas Mataram
  • Nila Rahayu Universitas Mataram
  • Dewi Rispawati Universitas Mataram
  • Yeldy Dwi Genadi Universitas Mataram
  • Adrianda Anwar Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1014

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Pengembangan SDM, Pemasaran, Homestay

Abstrak

Komponen kunci dalam Desa Wisata adalah adanya fasilitas homestay yang bertujuan untuk memperpanjang durasi kunjungan wisatawan sehingga meningkatkan pengeluaran di daerah tersebut. Pengetahuan yang komprehensif dalam manajemen, termasuk manajemen pemasaran, keuangan, dan pelayanan homestay sehari-hari sangat diperlukan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, tim pengabdian memberikan pelatihan Pengembangan SDM dan Pemasaran kepada karyawan homestay Host @ Volcano milik Bapak I Gede Arta yang beralamat di Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Program pengabdian kepada masyarakat di homestay Host @ Volcano milik Bapak I Gede Arta telah berhasil mencapai hasil yang sangat baik melalui beberapa metode, termasuk observasi, wawancara, diskusi, pelatihan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, keterampilan, efisiensi operasional, dan pemasaran, serta monitoring evaluasi. Pelatihan yang diselenggarakan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemasaran digital bagi karyawan telah memberikan dampak positif. Karyawan Host @ Volcano mampu menciptakan pengalaman menginap yang lebih memuaskan dan berdampak pada peningkatan kepuasan tamu dan potensi kunjungan berulang yang lebih tinggi.

Referensi

Anggela, M. M., Karini, N. O., & Wijaya, N. S. (2018). Persepsi dan motivasi wisatawan yang berkunjung ke daya tarik Wisata Jembong di Kabupaten Buleleng. Jurnal IPTA, 5(2), 76-91.

Kasmir. 2005. Etika Customer Service. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lovelock, C., & Wirtz, J. (2106). Services Marketing:People, Technology, Strategy. United States:World Scientific Publishing Company.

Muljadi, A.J., dan H. Andri Warman. 2014. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Pratiwi, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga, terhadap Kepuasan Konsumen di Penginapan Lebar Daun Palembang. Palembang: UIN Raden Fatah

Rahmayuni, S. (2017). Peranan Laporan Keuangan dalam Menunjang Peningkatan Pendapatan Pada UKM. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 93–99.

Rusyidi, B., & Fedryansah, M. (2018). Pengembangan pariwisata Berbasis Masyarakat. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3), 155–165.

Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Veloutsou, C.,Gilbert, R. G., Moutinho, L. A., & Good,M. M. (2005). Measuring transactionspecific satisfaction in services. European Journal of Marketing, 39(56), 606-628.

Widawati, I. A. P. (2020). Kebutuhan Pelatihan Pengelolaan Keuangan bagi Homestay. In Homestay Mozaik Pariwisata Berbasis Kerakyatan (Vol. 1). Bali: Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Bali.

Diterbitkan

2024-05-02

Cara Mengutip

Pradnyani, I. G. A. A., Rahayu, N., Rispawati, D., Genadi, Y. D., & Anwar, A. (2024). PELATIHAN PENGEMBANGAN SDM BAGI KARYAWAN HOST AT VOLCANO KINTAMANI. Jurnal Abdimas Sangkabira, 4(2), 249–256. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1014