PELATIHAN PENGEMBANGAN SDM BAGI KARYAWAN HOST AT VOLCANO KINTAMANI
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1014Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Pengembangan SDM, Pemasaran, HomestayAbstrak
Komponen kunci dalam Desa Wisata adalah adanya fasilitas homestay yang bertujuan untuk memperpanjang durasi kunjungan wisatawan sehingga meningkatkan pengeluaran di daerah tersebut. Pengetahuan yang komprehensif dalam manajemen, termasuk manajemen pemasaran, keuangan, dan pelayanan homestay sehari-hari sangat diperlukan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, tim pengabdian memberikan pelatihan Pengembangan SDM dan Pemasaran kepada karyawan homestay Host @ Volcano milik Bapak I Gede Arta yang beralamat di Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Program pengabdian kepada masyarakat di homestay Host @ Volcano milik Bapak I Gede Arta telah berhasil mencapai hasil yang sangat baik melalui beberapa metode, termasuk observasi, wawancara, diskusi, pelatihan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, keterampilan, efisiensi operasional, dan pemasaran, serta monitoring evaluasi. Pelatihan yang diselenggarakan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemasaran digital bagi karyawan telah memberikan dampak positif. Karyawan Host @ Volcano mampu menciptakan pengalaman menginap yang lebih memuaskan dan berdampak pada peningkatan kepuasan tamu dan potensi kunjungan berulang yang lebih tinggi.
Referensi
Anggela, M. M., Karini, N. O., & Wijaya, N. S. (2018). Persepsi dan motivasi wisatawan yang berkunjung ke daya tarik Wisata Jembong di Kabupaten Buleleng. Jurnal IPTA, 5(2), 76-91.
Kasmir. 2005. Etika Customer Service. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lovelock, C., & Wirtz, J. (2106). Services Marketing:People, Technology, Strategy. United States:World Scientific Publishing Company.
Muljadi, A.J., dan H. Andri Warman. 2014. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Pratiwi, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga, terhadap Kepuasan Konsumen di Penginapan Lebar Daun Palembang. Palembang: UIN Raden Fatah
Rahmayuni, S. (2017). Peranan Laporan Keuangan dalam Menunjang Peningkatan Pendapatan Pada UKM. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 93–99.
Rusyidi, B., & Fedryansah, M. (2018). Pengembangan pariwisata Berbasis Masyarakat. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3), 155–165.
Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Veloutsou, C.,Gilbert, R. G., Moutinho, L. A., & Good,M. M. (2005). Measuring transactionspecific satisfaction in services. European Journal of Marketing, 39(56), 606-628.
Widawati, I. A. P. (2020). Kebutuhan Pelatihan Pengelolaan Keuangan bagi Homestay. In Homestay Mozaik Pariwisata Berbasis Kerakyatan (Vol. 1). Bali: Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Bali.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Abdimas Sangkabira
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.